Rabu, 18 April 2012

Sunshine Becomes You - Ilana Tan


***PERINGATAN : SPOILER INI !!! ***




Suatu ketika, pernah saya merasa putus asa ketika ingin menuliskan sebuah cerita. Cerita seperti apalagi yang saya tuliskan? Agar beda dari yang lain. Unik dan tidak pasaran. Jika banyak cerita yang terjadi atau dalam imajinasi telah dituliskan. Sebut saja cinta segitiga, jatuh cinta, patah hati, pernikahan, perceraian, poligami.. ah.. cerita-cerita seperti itu sudah biasa. Sudah terlalu banyak yang menulisnya.


Tapi kemudian saya berpikir, bukankah lagu tentang jatuh cinta, patah hati dan sebagainya juga telah banyak diciptakan dan dinyanyikan. Tapi tetap saja ketika ada lagu baru yang easy listening, lagu itu akan menjadi hits. Jadi bagaimana sebenarnya?


Ketika hal ini saya utarakan pada Guru menulis saya yang cantik dan sholehah itu beliau bilang ada 3 hal yang bisa mempengaruhi unik atau tidaknya sebuah cerita walaupun tema tulisan kita telah banyak yang menuliskannya. Apa saja? Bagaimana kita membahas cerita itu, pemaparan karakter dan permainan kata juga dialog. Jika 3 hal itu dikuatkan maka akan lahir sebuah cerita yang unik juga menarik.


Lalu kemudian, beberapa lama setelah saya bertanya tentang hal itu saya menemukan sebuah novel yang menurut saya ide ceritanya sangat biasa. Cerita tentang seorang wanita dan pria, di mana si pria pada awalnya jutek abis dan benci pada wanita itu kemudian pada akhirnya jatuh cinta. Biasa kan? Hehehe….


Itulah yang terjadi di Sunshine Becomes You-nya Ilana Tan. Ray Hirano naksir abis pada seorang gadis dan dia kemudian ingin memperkenalkan gadis itu pada sang kakak. Pada saat pertemuan antara gadis itu dengan si kakak yang bernama Alex Hirano, si gadis malah tergelincir dari tangga dan menubruk Alex Hirano yang menyebabkan tangan Alex Hirano patah padahal Alex adalah seorang pianis dan sedang menyiapkan konser. Seorang pianis dengan tangan yang patah? Tentu konser harus digagalkan.


Hal itu membuat Mia, gadis itu merasa bersalah. Dia datang ke apartemen Alex buat minta maaf dan berkata apa yang bisa dia lakukan buat menebus kesalahannya? Tak ada! Tapi Mia tetap bersikeras ingin membantu dan bersedia menjadi pembantu Alex. Maka jadilah Mia akan datang setiap hari ke apartemen Alex, membersihkan rumah juga menyiapkan makanan buat Alex, pada saat itu sikap Alex masih sangat jutek dan kasar pada Mia. Bagi Alex, Mia adalah malaikat kegelapan yang membawa bencana dalam kehidupannya.


Tapi toh pada akhirnya Alex jatuh cinta juga pada Mia… *SPOILER* :p


Dan bagi saya, apa yang dituliskan Ilana Tan ini tema yang biasa. Dari awal saya sudah menduga kalau pada akhirnya Alex akan jatuh cinta pada Mia.  Tapi.. cara Ilana Tan mengeksekusi ide biasa ini sungguh memukau, cantik dan manis. Saya rasanya tak bisa berhenti buat membacanya karena penasaran dengan alur yang disajikan. Seperti menonton drama Korea yang keren di mana tiap akhir episode membuat saya tak tahan buat melirik episode selanjutnya dan tak berhenti sampai tuntas. Hehehe…. Ini novel yang saya bisa masuk ke dalamnya, di mana saya rasanya juga ikut jatuh cinta bersama Mia. Walaupun ada beberapa bagian yang saya lewatkan karena terlalu penasaran dengan ending :p


Dan ketika sampai di akhir cerita, saya bertanya pada diri saya sendiri, apa yang saya dapatkan setelah membaca novel ini selain cerita cinta Alex dan Mia? Entahlah… saya tak mendapat jawabannya. Moral of the storynya tak saya dapatkan atau saya yang terlalu buta untuk menangkapnya? Dan juga tak ada quotes menarik yang saya tangkap dari novel tebal ini. 



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Terima kasih sudah memberikan komentar di blog saya. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menyaring komentar spam ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...