Jumat, 30 November 2012

Pesan yang Merepotkan

A username and password are being requested by http://copycat91.googlecode.com. The site says: "Google Code Subversion Repository"


Itulah sederet kalimat dalam bahasa David Beckham yang muncul di blog saya sejak kurleb dua minggu yang lalu. Tentu saja saya merasa direpotkan akan kemunculan pesan itu setiap saya klik alamat blog saya, setiap klik tiap postingan pesan itu selalu saja muncul. Bikin gregetan. Saya menduganya itu hanya terjadi pada saya. Pasalnya, pesan itu baru muncul saat laptop saya habis diservice. Kenapa bisa muncul? yeee... Mana saya tahu. Saya memilih untuk cuek walau merasa sangat direpotkan.

Kemarin saat di sebuah grup FB ada pembahasan tentang blog, saya pun menuliskan alamat blog saya di situ dan oleh si pengasuh belajar online itu beliau bilang ada pesan yang membuat beliau sangat terganggu, sering banget munculnya.


HAH? Saya kaget. Pesan apa? Otak saya bekerja. Perlu beberapa saat sebelum saya menyadari pesan yang menganggu saya itu ternyata juga menganggu para pengunjung blog saya yang terhormat. Hihihi...

Maka bergegaslah saya melakukan tindak penyelamatan. Dugaan saya mungkin ini berhubungan dengan widget-widget yang saya pakai. Saya coba hapus widget yang bukan bawaan BS seperti kalender, efek salju, feedjet, daisypath dsb. Tapiiii... tetap saja pesan itu tanpa bosan mendatangi saya. Saya coba ganti template, tetaaaap aja pesan itu nongol. Menyebalkan.. 

Saya coba tanya sama teman yang blogger. Dia tanya apa saya ada mendaftar di widget tertentu? Saya lupa pernah daftar di mana aja. Tapi waktu saya keranjingan ngoprek blog saya memang memasukkan widget apa aja yang menurut saya menarik. Teman blogger itu kemudian menyarankan untuk memasukkan username dan password sesuai permintaan. Erggghhh... Itu sudah saya lakukan berkali-kali tapi tak juga membantu.

Saya kemudian terpikir, apa ini karena beberapa link blog atau web yang saya link di blogroll saya? Teman blogger saya bilang, itu ga ngaruh. Saya juga berat harus menghapus blogroll itu, buat masukin lagi yang ga mau repot. hehehe....

Suami yang mendampingi saya melewati semua ini *lebay*, kemudian mengusulkan untuk bertanya pada mbah google. Hadeeeh... itu sudah saya lakukan pagi kemarin tapi tak membuahkan hasil memuaskan. Suami minta saya googling lagi dengan keyword yang ada dalam tanda petik itu saja. 

Sebagai istri yang taat *xixixixi* saya pun kemudian menuruti apa kata suami, membuka mbah google dan mengetik sederet kalimat dalam tanda petik dan tradaaaaa.... mbah google langsung memberikan satu alamat pada saya yaitu http://www.majalah-gempur.com/2012/06/menghilangkan-pesan-google-code.html
Di mana pas saya bertandang ke sana apa yang diceritakan di sana persisss sekali dengan apa yang saya alami. 

Dan ternyata benar, widget itulah masalahnya. Fasilitas tambahan berupa HTML/Javascript itu yang jadi masalah. Walau saya sudah hapus beberapa mungkin masih ada yang tersisa. Maka saya putuskan untuk menghapus semua widget itu. Beranjak ke bagian tata letak saya hapus satu-satu mulai dari profil, follower, popular post, label dsb. 

Sampai kemudian saya ada di box yang berjudul recent comment. Anehnya, jika di box lain ada pilihan simpan batal dan hapus, di recent comment itu tidak ada pilihan hapus. Tapi saya tetap ingin memberantasnya. Maka kemudian saya hapus semua kode html di dalamnya dan menggantinya menjadi satu huruf t dan t di bagian judul dan isi. Waktu saya coba lihat blog saya, tradaaaaa..... pesan itu tak muncul lagi teman.

Saya sorak sorai bergembira deh. 

Padahal sudah sedari pagi saya coba menghapus kolom recent comment itu tapi tak kunjung berhasil karena itu lah, ga ada pilihan hapus. Ternyata mesti pintar2 kita ngerekayasa aja ya, kalau ga ada tombol hapus ya kita ganti aja htmlnya. dengan tulisan apa kah.. atau kode html lain yang ga bikin masalah.

Recent Comment itu memang tak berfungsi lagi di blog saya beberapa waktu yang lalu. Kenapa? Mana saya tahu :p 

Yang penting blog saya sekarang sudah ga merepotkan lagiiii.... dan ga ada pesan2 yang menganggu yang muncul....

terima kasih buat semuaaaa..........

*penghujung November* 

6 komentar:

  1. ibet juga kl yg bermasalahnya di html.. apalagi buat sy yg gak paham html :D

    BalasHapus
  2. saya juga ga paham mbak Myra. Taunya ngikutin tutorial dikasih orang aja. Itu juga kalau ngedit2 banyak errornya. hehehe...

    Makasih dah mampir ya mbak Myra :)

    BalasHapus
  3. mousenya mirip ama punya ynt mbak, jadi pakai ini ;)

    BalasHapus
  4. Aku pernah iseng2 utak-atik html, masih juga gak bisa euy. Akhirnya nyerah deh :D
    Blog-nya apa adanya deh :)

    BalasHapus
  5. Idem Von. Aku beberapa kali utak atik html, kacauuu... Ujung2nya ganti template. hehee...

    BalasHapus

Terima kasih sudah memberikan komentar di blog saya. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menyaring komentar spam ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...