Selasa, 17 November 2015

[Kuliner Banjar] Ipau Siram

Sebelumnya saya sudah pernah menulis tentang kuliner khas Banjar yang bernama Ipau di blog saya yang satunya. Penganan yang disebut pizza di daerah saya tapi lebih mirip lasagna bentuknya. 

Berlapis-lapis

Disebut pizza mungkin karena bentuknya yang bundar dan ada taburan daging di atasnya atau memakai toping. Disebut mirip lasagna karena berlapis-lapis dan ada taburan daging di tiap lapisnya. 

Ipau yang disebut Pizza



Apapun namanya ipau adalah penganan yang enak. Hehehe.... 

Penganan ini walau dikatakan khas Banjar tapi pengaruh arabnya kuat. Karena dagingnya itu dimasak kari. Konon katanya di Banjarmasin di wilayah Kampung Arab lah penganan ini pertama dikenal.

Waktu acara lamaran kakak saya di Banjarmasin, saya dan keluarga disuguhkan ipau yang berbeda dengan yang selama ini saya temui di Barabai, kampung halaman saya. Bentuk ipau bukan berlapis-lapis tapi seperti dadar gulung atau seperti risoles yang belum digoreng dan belum dikasih tepung panir. 

Penuh taburan bawang goreng dan seledri

Jika ipau yang berlapis-lapis dimakan dengan saos tomat atau sambal, ipau ini justru disiram dengan santan. Di atasnya tetap ada taburan daun seledri dan bawang goreng yang berlimpah-limpah. Kemudian di dalamnya semacam ada kentang dan daging. 

Kuahnya tidak terlalu terlihat karena piringnya juga putih

Isianya seperti risoles? Sekilas mirip. Tapi, rasanya beda. Karena ada sensasi rasa kari dari isiannya itu. 

Mirip martabak dunk? Tapi ini tidak digoreng. Sepertinya dikukus saja. Lebih sehat kan tanpa digoreng? Kuah santannya juga bisa diskip :-)

Inilah kekayaan kuliner Indonesia ya. Beraneka rupa.. Beraneka rasa.... 

Ipau banyak dijual di pasar wadai ketika bulan ramadhan di provinsi Kalimantan Selatan.

18 komentar:

  1. wah, jadi kepengen nyicip mbaaak, kyknya jenis makanan yg bisa diicip satu biji doang gitu ya, gurih soalnya kan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi... Benar, Mbak. Gurih iniii.. Saya juga biasanya cuma satu doang. Tapi kalau yang berlapis-lapis bisa banyak juga :D

      Hapus
  2. waahh tampilannya emang mirip italian food ya.. enak gak mbak? sepertinya sih enak banget... wahhh dimana ya bisa nyari ini di cimahi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enaaaaak, Mbak.... Bikin sendiri aja, Mbak. Ada resepnya di google :D

      Hapus
  3. dr tampilan aja aku udh tau ini enak bgt mbaaaa ^o^.. apalagi aku trmasuk penggemar makanan yg gurih2 ;).. lumayan jauh jg ya kalo my nyobain -__-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi... Iya, Mbak. Jauh yaa... Apalagi tidak setiap saat ada yang jual. Kecuali kita mesan :D

      Hapus
  4. Jadi ini percampuran pizza, lasagna, risoles dan kari ya? Akhirnya jadilah ipau :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kurleb seperti itu, Mbak. Tapi yang mirip pizza dan risoles adalah yang berlapis-lapis aja :D

      Hapus
  5. Balasan
    1. Mbak Wik... ayoo.. kapan ke Kalsel? :D

      Hapus
  6. bagus banget fotonya, bikin ngiler pengen makannya hahahha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasiiih, Mbak Naqiy. Ayo ke sini... Kita makan ipau :D

      Hapus
  7. wah jadi pingin nyoba, tampak enak. Apa karena fotonya tampak bagus ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang enak kok, Mbak. Bukan di foto saja. Hehehee....

      Hapus
  8. pengen cobain... sepertinya enak banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk, Mak. Ke Kalsel. Tapi banyak yang jual kalau Ramadan :D

      Hapus
  9. Saya penasaran sama rasa ipau atau pizza, ngga ada nih di surabaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau Ipau ini dikukus, Mbak. Kalau Pizza dibakar. Dinamai pizza karena mirip aja :D

      Hapus

Terima kasih sudah memberikan komentar di blog saya. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menyaring komentar spam ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...