Senin, 18 Januari 2016

5 Kuliner yang Bisa dicoba di Balikpapan

Mengunjungi suatu daerah rasanya tak lengkap jika tak melakukan wisata kuliner, setidaknya untuk saya yang doyan makan ini. Hehehe..

Balikpapan adalah daerah yang punya banyak pendatang. Ada beragam suku di sana. Hal ini juga membuat wisatawan yang berkunjung punya pilihan wisata kuliner dari beragam daerah.

Berikut 5 kuliner yang bisa dicoba di Balikpapan:

1.      Pisang Gapit

Pisang gapit adalah salah satu kuliner khas dari Balikpapan. Gapit artinya jepit. Sesuai namanya sebelum diproses, pisang dijepit terlebih dahulu. Selanjutnya pisang akan dibakar. Aroma khas pisang yang dibakar ini menjadikan rasa pisang menjadi unik.

Setelah dibakar, pisang akan dipotong-potong dan kemudian disiram dengan kuah kental yang lezat. Beberapa penjual pisang gapit bisa ditemui di kota Balikpapan. Yang legendaris dan terkenal ada di kawasan Kebun Sayur. Namun jika ingin menikmati pisang gapit sembari duduk menatap lautan, datanglah ke kawasan Melawai. Di sana juga terdapat beberapa penjual pisang gapit.


2.      Kepiting

Berdampingan dengan lautan membuat Balikpapan kaya akan hasil laut. Tak hanya minyak dan gas bumi yang menjadikan Balikpapan mendapat julukan kota minyak tapi juga hasil laut yang bisa dimakan. Salah satunya kepiting.

Di Balikpapan banyak kita jumpai rumah makan yang menjadikan kepiting sebagai menu utama dan andalan rumah makan mereka. Diracik dengan bumbu khas masing-masing rumah makan menjadikan kepiting sebagai suguhan kuliner yang menggoyangkan lidah. Belum lagi kepiting yang ditawarkan juga masih sangat segar yang membuat rasa kepiting semakin lezat.

3.      SeaFood (Udang, cumi, ikan laut)

Sebenarnya kepiting masuk bagian sea food juga. Namun karena banyak rumah makan yang mengedepankan menu kepiting jadi kepiting menjadi poin tersendiri. Selain kepiting masih banyak hasil laut lain yang sangat menggugah selera. Seperti udang, cumi, dan aneka ikan laut lainnya, di antaranya ikan kakap merah, kerapu, dan yang lainnya.

Letak Balikpapan yang berbatasan langsung dengan lautan membuat makanan laut ini masih fresh ketika dijual. Saya pribadi sangat suka dengan udang. Cara memasak udang pun buat saya sangat simpel. Udang yang sudah bersih diberikan air perasan jeruk nipis. Setelahnya tinggal memasukkan garam, merica, dan garlic powder. Digoreng tepung dan jadilah menu makan siang yang lezat.
Udang. Sumber : http://www.markaindo.co.id/

4.      Soto Banjar

Salah satu pendatang yang banyak ditemui di kota Balikpapan adalah suku Banjar. Banyak urang Banjar yang madam (merantau) ke Balikpapan. Hal ini membuat aneka kuliner khas dari suku Banjar bisa kita temui di Balikapan. Salah satu yang paling banyak adalah Soto Banjar.

Yang menjadikan ciri khas soto banjar adalah kuah sup dari ayam kampung, telur bebek, perkedel kentang, dan taburan bawang goreng di atas soto. Salah satu bahan yang digunakan untuk membuat sup ayam kampung adalah bawang putih. Sekarang bawang putih sudah banyak ditemui berupa bubuk atau garlic powder.
Aneka rempah untuk memperlezat makanan

5.      Coto Makasar

Selain suku Banjar, suku Bugis juga merupakan pendatang yang banyak menempati kota Balikpapan. Karena itulah beragam kuliner dari tanah Sulewesi itu bisa kita temui di Balikpapan. Salah satunya coto Makasar.

Di Balikpapan banyak warung atau rumah makan yang menyediakn menu coto Makasar. Yang buka saat siang hari ada, yang buka saat malam hari untuk wiskul malam juga tersedia. Beberapa tempat makan coto makasar di Balikpapan menyediakan menu 'all you can eat' buat ketupatnya. Artinya berapa saja ketupat yang kamu makan dengan coto akan dihargai dengan harga yang sama. Hanya ketupatnya saja tapi bukan kuahnya.

Itulah lima kuliner yang bisa dinikmati saat mengunjungi Balikpapan. Selain lima yang disebut di atas, tentu saja masih banyak kuliner yang bisa dicoba. Mari berwisata ke kota Balikpapan.

19 komentar:

  1. Kok makanan khas Balikpapannya, Coto Makassar Yan? Hehehe. Yang pasti mah wajib makan seafood ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lho? Kan ga disebut makanan khas, Teh? Tapi kuliner yg bisa dicoba di Balikpapan ;-)

      Hapus
  2. aduh...kalau sudah lihat udang yg dimasak apa aja lah. sudah pasti tertarik... saya cinta udang :D

    BalasHapus
  3. saya tergoda sama pisang gapitnya, pengen nyoba, tapi jauh banget ya... hiks

    BalasHapus
  4. waktu ke balikpapan saya paling suka mantau miki :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah saya belum pernah nyoba mantau. Hiks...

      Hapus
  5. Ngiler banget lihat udangnya. Nah, soto Makassar itu bikin ngiler deh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sy ga terlalu doyan sama coto makasar, Mbak. Juaranya tetap soto banjar. Hehehe...

      Hapus
  6. Coto makassar itu asal makassar mba? Tp di balikpapan jg ada y?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbak Kania. Banyak suku Bugis di Balikpapan. Seperti yg sy tulis di postingan atas ;-)

      Hapus
  7. Seafoodnya boleh dibagi bagi enggak mbak ?? :D Hahaha

    BalasHapus
  8. Mbak... itu sekalian dong dengan info restorannya, dimana aja yang enak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nanti di postingan terpisah ya mbak insyaAllah :-)

      Hapus
  9. nomor satu memang juaranya, sudah dibuktikan di dapur mbok wiwik :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbok Wiwik... Ajariiin ya. Sy belum sukses makan kepiting...

      Hapus
  10. Kapan ya aku sampai di Balikpapan? Kulinernya, kayanya aku suka semua , hahaha, maruk.

    BalasHapus

Terima kasih sudah memberikan komentar di blog saya. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menyaring komentar spam ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...