Selasa, 26 Januari 2016

Membangkitkan Gairah dalam Ngeblog


Pernah mengalami kebosanan dalam melakukan sesuatu yang sebetulnya kita suka? Seperti seorang kutu buku yang tetiba bosan membaca buku. Atau seorang blogger yang merasa tidak tahu harus bagaimana untuk update blognya sendiri? Kalau ditanyakan hal itu kepada saya, tentu saja jawabnya pernah. Namanya juga kehidupan yang flaktuatif, ada naik dan turunnya. Kadang semangat, kadang yah gitu deh…

            Kemudian saat saya malas dalam update blog, apa yang biasa saya lakukan? Ada beberapa cara yang efektif membangkitkan gairah dalam ngeblog lagi versi saya.

            Pertama, membaca buku. Yup, karena kesenangan saya membaca buku dan me-review setelahnya maka membaca buku bisa menjadi cara yang ampuh buat saya ngeblog lagi. Apalagi kalau bukunya cetar. Entah itu cetar bagusnya atau sebaliknya. Hehehe… Biasanya gatal nih tangan pengin mengulas dan mengulik. Saya juga merasa otak saya penuh sekali sehabis membaca buku itu dan saya harus menuangkannya dalam bentuk tulisan agar lebih legaan. Jadilah, saya akan menulis tentang buku tersebut dan posting di blog.


            Sebenarnya tak perlu review keseluruhan isi buku, bisa juga ada bagian cerita dari buku yang menarik perhatian kita dan kemudian ingin menuliskannya. Misalkan, ada bagian di buku yang bercerita tentang daerah yang pernah kita kunjungi dan membangkitkan memori tentang tempat tersebut lalu kita ceritakan di blog.

            Cara kedua membangkitkan gairah dalam ngeblog adalah menonton. Bisa menonton film, drama, atau acara di TV. Nge-youtube juga bisa. Sama dengan membaca buku, tidak perlu keseluruhan isi film yang dikupas dalam tulisan di blog. Bisa jadi hanya satu adegan.

            Tidak dalam bentuk film atau drama juga bisa banget jadi tulisan di blog. Semisal sebuah talkshow di TV yang mengupas tentang penyakit diabetes. Bisa kita tulis di blog sehingga bisa bermanfaat buat pembaca blog kita yang mencari informasi tentang diabetes.
Sumber

            Cara ketiga, jalan-jalan. Bepergian keluar rumah dan melihat sesuatu yang jarang kita temui sehari-hari bisa menjadi sebuah tulisan yang menarik. Bisa dengan cara menceritakan perjalanan kita, dengan moda transportasi apa kita berangkat, berapa lama, apa yang ditemui sepanjang perjalanan, juga yang paling sering saya lakukan saat bepergian adalah wisata kuliner. Wah, kalau sudah wiskul, saya pengin cerita banyak di blog. Apalagi kalau perut lagi lapar dan kangen dengan makanan yang dicicipi pas wiskul itu. Tambah semangat lagi ngeblognya.

            Cara keempat, mengikuti suatu acara. Dengan mengikuti suatu acara kita bisa menuliskan reportase-nya di blog kita. Misalkan tentang bedah buku, kita bisa menulis tentang jalannya acara, pertanyaan menarik dari peserta, dan bagaimana pembicara menjawab pertanyaan dari peserta. Selain bedah buku, acara seminar kesehatan bisa juga jadi bahan buat menulis di blog. Misalkan ada seminar kesehatan tentang penyakit diabetes.

Kemudian cara lainnya atau cara kelima versi saya adalah blogwalking alias jalan-jalan ke blog lain. Nah, ini termasuk efektif juga buat saya. Biasanya ngelihat teman pada rajin ngeblog, saya pengin ikutan rajin juga.

Belum lagi kalau apa yang ditulis blogger itu juga mementikkan ide buat nulis hal serupa atau mirip-mirip seperti itu. Bukan bermaksud mencontek, tapi mengambil inspirasi. Misal ada blogger yang menulis tentang buku yang berkesan, kemudian pengin cerita juga tentang buku yang berkesan versi sendiri. Banyak inspirasi dari blogwalking. Termasuk dapat informasi lomba yang kemudian kita pengin ikutan juga. Hehehe…..


Itu adalah lima cara saya untuk membangkitkan gairah dalam ngeblog. Selain itu tentu masih banyak hal-hal kecil atau besar yang membuat saya bersemangat buat ngeblog. 

Kalau teman-teman, apa yang membuat bergairah dalam ngeblog? Yuk, berbagi ^_^

14 komentar:

  1. Kalau job review bikin semangat ga ngeblognya? Cerita tentang tulisan yg dimuat? :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wakkakakaa.... Iyaa. Itu bikin semangat juga dunk. Eh yang Rani Ditangkap Polisi belum diceritain di blog ya ;-)

      Hapus
  2. Setuju Mbak Yanti kalo semua hal di atas akan membangkitkan semangat ngeblog. Saya tambah satu Mbak. Rutin update juga membantu membangkitkan semangat. Hihihi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener, Mas Dani. Rajin update biasanya malah ada aja topik yang mau ditulis ya, Mas :D

      Hapus
  3. aku lagi beweeee

    liat org posting ikut semangat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi... Iya sama. BW emang bikin semangat yaa... :D

      Hapus
  4. kelima cara diatas memang kadang ampuh menaikkan gairah ngeblog kita :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, Mbak... Bikin semangat ngeblog ya :D

      Hapus
  5. setuju mbak, semua bener tuh. kalau saya sendiri cara kelima yang paling saya suka. kalau gak dapat idekadang main-main dulu ke blog orang kalau dapat bahannya tinggal eksekusi, tapi janga copas aja, harus kreatif lah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setujuu... jangan main copas. Bagusnya emang nulis dengan gaya kita sendiri. Harus kreatif emang :D

      Hapus
  6. asyiik banget dah, suka dengan kiatnya Yanti :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Share dunk mbak, kiat mb Naqiy juga :D

      Hapus
  7. Cukup makan dan tidur juga bikin semangat :p Soalnya kalo mata ngantuk dan perut krucuk-krucuk, jangankan semangat ngeblog, buka laptop aja lemes :v

    BalasHapus

Terima kasih sudah memberikan komentar di blog saya. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menyaring komentar spam ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...