Selasa, 02 Februari 2016

[Kuliner Balikpapan] Bakwan Malang Idola

Semenjak mengenal varian bakwan malang yang masih sepupuan sama bakso, saya jadi doyan banget sama varian makanan yang satu itu. Rasanya lebih komplit dari bakso biasa karena isinya lebih variatif. Ada siomay basah, pangsit goreng, tahu bakso, dan entahlah apa lagi isinya. Intinya satu: saya doyan. Pakai banget. Wkwkwk...

Di Balikpapan ada yang namanya bakwan malang Bintang. Letaknya di Kilo 2. Beberapa kali makan di sana. Saya suka. Kemudian minggu kemarin saya janjian ketemu sama Mbak Mute, member Blogger Buku Indonesia. Ngambil tas dan kalender yang ngirimnya lewat rumah Mbak Mute. Nah, Mbak Mute nungguin di salah satu kedai bakwan Malang. Namanya Bakwan Malang Idola.


Waktu itu saya lagi nonton di bioskop dan agak telat ke sananya. Sebenarnya sih waktu ke sana niatnya cuma mau ngambil titipan aja sekalian ketemu sama Mbak Mute. Tapiiii.... Ada bakwan malang. Saya tidak tahan sama godaannya dan akhinya nyoba. Hasilnya? Saya sukaaaaa banget. Bakwan malangnya bener-bener enak. Isiannya lengkap, kuahnya lezat, bahkan mie-nya pun terasa enak banget di lidah saya.

Kemarin waktu mengurus paspor, saya dan suami belum sarapan. Karena antrian terlihat panjang dan lama, kami pun keluar dulu buat sarapan. Suami tanya ke mana? Saya memberikan opsi jawaban salah satunya bakwan idola. Meluncurlah ke sana. Ternyata sudah buka. Padahal masih jam 9 pagi. Langsung menikmati sajian pagi yang nikmat luar biasa.
Bagian dalam kedai Bakwan Malang Idola. 
Esok harinya, kami harus kembali lagi ke kantor imigrasi. Kali ini urusan lebih cepat dan bisa pulang lebih pagi. Belum sarapan juga dan kembali saya membujuk suami buat makan di.... Bakwan Idola. Ahahaha... Dua hari berturut-turut wiskul ke sana. Abis gimana? Doyan sih.

Bakwan Idola ini terletak di Jl. APT Pranoto, Balikpapan Kota, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur 76112 atau ancer-ancernya dari Klandasan atau Jalan Jendral Sudirman ada Gedung Bank Mandiri yang baru. Sebelum bank Mandiri itu ada belokan. Belok di sana. Lurus saja ntar di sebalah kiri ada kedai yang bernama Bakwan Malang Idola.

Saya memesan bakwan campur. Isiannya komplit. Ada tiga item yang digoreng berupa risol goreng, pangsit goreng, dan bakso goreng. Yang direbus ada tahu bakso, siomay basah, dan apalah itu namanya. Semuanya enak. Semuanya saya suka.
Yang digoreng dipisah di piring kecil
Ketika tersaji di hadapan saya, saya nyoba kuahnya tanpa tambahan saos. Udah enak banget walau tidak ditambahin apa-apa. Kemudian saya coba tambah saos tomat, kecap, dan sambal. Tetap enak juga sih tapi saya lebih suka yang polos aja tanpa tambahan apa-apa. Jadi, kedatangan selanjutnya saya cuma nambahin sambal di kuahnya. Tanpa tambahan saos tomat dan kecap.

Harganya tidak tahu berapa. Hehehe… Kemarin untuk dua orang dan minum es jeruk saya bayarnya 50 ribu rupiah. Sedangkan waktu suami minumnya es the bayarnya 48 ribu rupiah. Mungkin harga bakwannya sekitar 15-20 ribu rupiah per mangkok. Tapi kata suami kemungkinan 20 ribu rupiah per mangkok. Mahal? Balikpapan, Bro! Wkwkwk… Tapi rasanya enak bangeeet.


14 komentar:

  1. Kurang lengkap kalo tanpa jeruk nipis.. :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nanti bawa sendiri :p Ke sana lagi yaaa kalau ke Balikpapan. Bungkus buat di Handil juga ;-)

      Hapus
  2. Ya Allah mbaaak, ngeces saya mah

    BalasHapus
  3. 20 ribu lumayan murah lah ukuran balikpapan, disana kan tambang gede2 jadi penghasilan juga gede2 hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wekekeke... Iya, Mas. Namanya juga Balikpapan. Tapi ga semua penduduk Balikpapan kerja di Tambang :D

      Hapus
  4. Waaah, ada juga bakwan Malang? di Padang, adanya bakso Malang belum pernah makan bakwan Malang, jadi ngences deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lumayan banyak yg jual bakwan Malang di Balikpapan, Mbak. Yang jual keliling juga ada :D

      Hapus
  5. Malang memang luar biasa. :D Kalo di sini mah semangkok lima ribuan di penjual keliling. 15 ribu itu udah enaaaakkkk banget plus minum. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihihi... Dulu rata2 harga bakso di sini 15 ribuan. Yang terkenal gitu, Mbak. Sekarang dah pada naek :D

      Hapus
  6. Teman ada cerita, katanya bakso rudal di dekat pantai lamaru itu enak juga, laris jar..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba, yuk. Sekalian ke pantai Lamaru? :p

      Hapus
  7. Enaak bakso nya kak.? Moga bakwan idola malang makin jaya aminn

    BalasHapus
  8. memang maknyus nih bakwan idola malang.........

    BalasHapus

Terima kasih sudah memberikan komentar di blog saya. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menyaring komentar spam ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...