Senin, 28 Maret 2016

Cerpen di Bobo dan Resensi di Tribun Kaltim

Hari minggu kemarin saya dapat dua kabar gembira. Pertama dari Uni Dian Onasis yang mengabarkan kalau ada cerpen saya di Majalah Bobo. Alhamdulillah... Senang banget. Cerpen saya itu berjudul Krayon Apri. Cerpen satu halaman. Saya kirim pada bulan Januari 2015. Jadi, ada sekitar 14 bulan masa tunggu hingga dimuat. Tapi tidak mengurangi kesyukuran saya. Cerpennya bisa dibaca di majalah Bobo yang terbit kamis ini :D
 
Cerpen Krayon Apri di Majalah Bobo
 Sore harinya saya dapat kabar gembira lagi. Kali ini dari Mbak Tri Wahyuni Zuhri yang mengabarkan ada resensi saya di Tribun Kaltim. Asyiiik.. Alhamdulillah... Rasanya lama sekali resensi saya tidak dimuat di media. Kangen banget ngeresensi lagi. Tapi sering dikalahkan sama rasa malas. Huhuhu...


Beberapa buku yang saya baca juga terbitan lama. Sedangkan untuk dikirim ke media, biasanya mensyaratkan resensi untuk buku terbitan baru. Resensi di Tribun Kaltim kemarin adalah resensi buku Misteri Tambang Menggerung karya Kak Erlita Pratiwi dan terbitan Penerbit Kiddo. Berikut resensinya. Happy Reading ^_^
 
Resensi Misteri Tambang Menggerung di Tribun Kaltim
Mengungkap Misteri Tambang yang Menggerung
Oleh : Hairi Yanti

Buntok, salah satu kota di Kalimantan Tengah adalah tujuan Dyffa buat berlibur. Ayah Dyffa bekerja di pertambangan batubara di kota tersebut. Ketika chatting dengan Kay, temannya di Jakarta, Dyffa mendapatkan informasi tentang penyelundupan kucing hutan di Buntok.

Esok harinya, Dyffa mendapatkan peringatan dari Om Danu agar jangan mendekati tambang kapur. Di tambang kapur tersebut sering terdengar suara menggerung.

Ketika Dyffa berjalan-jalan, ia bertemu dengan dua teman baru yaitu Dian dan Jenta. Bersama dua sahabat barunya, Dyffa mendekati tambang kapur. Walau sudah diperingatkan Om Danu, tapi Jenta meyakinkan Dyffa kalau di sana tidak ada apa-apa.

Mereka pun pergi ke tambang kapur dan menemukan kandang hewan yang kosong. Dyffa pun teringat pada hewan yang ia lihat ditangkap oleh bapak-bapak. Dyffa menghubungkannya dengan cerita dari Kay. Ia pun mencurigai terjadi penyelundupan kucing hutan.

Kucing hutan adalah hewan yang dilindungi. Warna bulunya mirip macan. Ekornya panjang dan ukuran tubuhnya sama seperti kucing rumahan. Benarkah telah terjadi penyelundupan kucing hutan? Dyffa beserta sahabatnya akan melakukan penyelidikan dan petualangan yang menegangkan.

Selain bisa mengikuti penyelidikan Dyffa, membaca buku ini juga membuat kamu bisa lebih mengenal Kalimantan. Kalimantan yang menjadi paru-paru dunia, tongkang yang mengangkut batu bara, Panglima Burung, juga sungai Barito yang panjang dan lebar.

Judul                          : Misteri Tambang Menggerung
Penulis                        : Erlita Pratiwi
Penerbit                      : Kiddo
Tahun Terbit             : Cetakan Pertama, Agustus 2015
Tebal Buku                : vi + 144 Halaman
***


20 komentar:

  1. Ini yg dulu ada kuis buat tebak judulnya ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaaa... Kok ingat sih? Hihihi... Yang tebak judul lagu dangdut :D

      Hapus
  2. Keren sekali, Mbak Hairi.
    Terus semangat menulis, Mbak.

    O iya, terima kasih, Mbak. Rumah Jamur Kurcaci sudah mejeng di blognya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah...
      ah, masih keren Pak Guru ke mana-mana lah. Hehehe... Iya, Mas. Sama-sama. Banner rumah jamur lucuu :D

      Hapus
  3. wah selamat mbak, duh pengen bisa kaya mba Hairi Yanti. Semoga ada kesempatan belajar terus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih, Mbak Rian. Yuk, sama2 belajar :D

      Hapus
  4. anak saya langganan bobo juga mbak, tapi cuma sebualan sekali, semoga yang ada tulisan mbak dapat majalahnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin.... Asyiiik semoga ada cerpen saya ya mbak. Semoga suka :D

      Hapus
  5. Mba Yanti produktif sekali yaa.. maju teruss ya mbaaa.. ikutan seneng hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau saya tanya ke suami, apa saya produktif? Dia ketawa aja, Mbak. Karena dia tahu banget istrinya sering malas2an. Hehehe....

      Hapus
  6. Mbak Hairi keren :)
    karyanya sudah dimuat di berbagai majalah dan koran ternama :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, Mbak. Masih banyak yang lebih hebat dari saya :D

      Hapus
  7. Selamat mb Yanti, panen besar ya. btw, banner keb belum diganti, mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada yang baru lagi ya, Mbak? Nanti saya cek deh di KEB :D

      Hapus
  8. Keren banget mbak. Tulisannya bisa dimuat di koran terkemuka :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, Mbak :-)
      Makasiiih :-)

      Hapus
  9. Waaah panen :)
    Selamat yah :)

    BalasHapus
  10. pengen baca cerpennyaaa :D

    BalasHapus

Terima kasih sudah memberikan komentar di blog saya. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menyaring komentar spam ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...