Kamis, 28 April 2016

Alasan Punya Baju Baru Saat Lebaran

Tak terasa sebentar lagi kita akan kembali memasuki bulan suci Ramadan. Ramadan tiba, artinya lebaran pun akan menghampiri. Apakah teman-teman punya kebiasaan membeli baju baru untuk lebaran atau malah memanfaatkan momen lebaran untuk jual baju lebaran murah?
Baju Gamis buat Lebaran

Sebenarnya sih, ya, memakai baju baru lebaran tidak ada landasan dalilnya dalam agama. Salah satu sunnah pada hari raya Idul Fitri adalah memakai pakaian terbaik yang dipunya.  Seperti yang ada pada hadist berikut :

Dari Ali bin Abi Thalib Radhiallahu ‘Anhu, bahwa: Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam memerintahkan kami pada dua hari raya untuk memakai pakaian terbaik yang kami punya, dan memakai wangi-wangian yang terbaik yang  kami punya, dan berkurban dengan hewan yang paling mahal yang kami punya. (HR. Al Hakim dalam Al Mustadrak, hasan)


Terbaik di sini tentu saja tidak identik dengan baru. Seperti yang dituturkan dalam lirik sebuah lagu. Baju baru, Alhamdulillah. Tak ada pun tak apa-apa, masih ada baju yang lama.

Namun, kesempatan lebaran juga tak jarang dimanfaatkan oleh orang-orang untuk punya baju baru. Walau tidak selalu, saya memang kerap punya baju baru saat lebaran. Bukan ikut-ikutan heboh beli baju baru juga, sih. Namun, ada beberapa alasan kenapa saya membeli baju saat lebaran.

Pertama, jarang beli baju karena lebih sering beli buku. Jadi, kepikiran beli baju pada saat mau lebaran. Ayo lah kita beli baju baru. Setahun sekali  saja kok.

Kedua, beli bajunya jauh sebelum lebaran, tapi dipakainya pas lebaran. Jadi, baju baru juga, kan? Nah, yang seperti ini sering terjadi pada saya dan sepertinya tahun ini juga begitu.

Ketiga, saat lebaran banyak yang promo jual baju lebaran murah. Melihat banyak diskon dan model baju baru jadi ikut tertarik membeli. Atau ada teman yang jualan dan kita ingin membantu usahanya jadi ikut membeli apalagi kalau bajunya cocok dan kita suka. Ada yang mau nawarin saya gamis katun Jepang yang murah meriah? #eh

Keempat, te ha er. Ahahaha…. Menjelang lebaran ada THR yang bisa digunakan buat beli baju baru. Ya, sudah, yuk, cus, beli baju baru.

Kelima, ada yang ngasih baju baru. Seperti tahun kemarin di mana kakak ipar saya memberikan saya gamis cantik buat lebaran.
Gamis cantik

Dalam membeli baju lebaran, saya juga punya beberapa pengalaman. Pada awal pernikahan saya dan suami, di satu hari Ramadan, saya dan suami pergi ke salah satu departemen store. Itulah pertama kali saya dan suami berburu baju lebaran saat Ramadan. Dan pengalaman itu sukses bikin saya dan suami jera.

Mengapa?

Berjubelnya itu loh. Pun, saat antri ketika waktu membayar belanjaan, antriannya panjaaaang sekali. Apalagi saat itu sedang puasa Ramadan. Rasanya energi  terkuras untuk sebuah baju lebaran. Semenjak saat itulah, saya dan suami lebih memilih untuk membeli baju lebaran sebelum Ramadan. Kalau pun membeli saat Ramadan, tapi diusahakan sudah tahu apa yang dibeli dan di mana membelinya, jadi tidak perlu berdesakan dan muter-muter mengubek satu demi satu lapak yang ada.

Sekarang justru lebih gampang jika ingin membeli baju. Selain pilihan mendatangi toko secara langsung, ada banyak sekali pilihan untuk membeli baju lebaran secara online, salah satunya lewat MatahariMall. Tidak perlu capek-capek dan berdesakan untuk parkir kendaraan juga berdesakan dengan orang-orang di pasar. Semuanya bisa dilakukan di rumah, hanya pelototin layar ponsel atau layar laptop, memilih-milih baju lebaran yang cocok, membeli dengan cara transfer uang dan tinggal menanti barang dikirimkan. Semua bisa dilakukan di rumah saja sembari memakai daster. Hehehe….

Ada banyak pilihan yang bisa kita pilih. Begitu juga memilih untuk memakai baju yang baru atau memanfaatkan baju yang ada saja. Kamu pilih yang mana?



12 komentar:

  1. hmmm... iya ya tak terasa, sebentar lagi Lebaran :) persiapan beli baju buat anak2 hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbak. Kurleb satu bulan lagi :-)

      Hapus
  2. Aku pengen yang nomor 5, gratis. Btw, menjelang puasa biasanya sudah mulai nyicil beli baju buat anak-anak. Mereka suka langsung dipakai. Pas lebaran nggak baru lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbak. Yang nomor 5 emang paling enak. Hehehe... Wah... Gitu ya mbak? Hihihi... Gapapa lah. Nanti waktu lebaran dicuci dan disetrika lagi :-)

      Hapus
  3. Yuk beli baju dan tas ransel gasan mudik..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk, Yang. Baju udah ada nih. Oleh2 Uwie kemarin ;-)

      Hapus
  4. Lebaran tahun lalu saya pake baju yang saya jual sendiri. Bahahaha. Ujuk-ujuknya baju dibeli sama diri sendiri. Bagaimanakah tahun ini? Pengennya sih yang poin kelima. Gratiiis wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi.. Poin kelima emang asyik banget. Wah jualan baju ya mbak? Asyik bisa make satu ya buat diri sendiri :-)

      Hapus
  5. dulu pasti beli 2 bulan sebelum lebaran mbak, belinya langsung ke tanah abang biar dapet murah sekalian cari oleh2 buat keluarga di rumah. sekarang tinggal di sampit gak kepikiran beli baju lebaran hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahahaha... Lebaran mudik ga, Mbak?

      Hapus
  6. pulang kampumg sambil beli baju dulu, hehe... biasanya make baju yang masih ada dan masih bagus... lebaran skrng beli yang baru biar terlihat beda... hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau pulang kampung saya pakai baju yang jarang dipakai di kampung. Hehehe...

      Hapus

Terima kasih sudah memberikan komentar di blog saya. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menyaring komentar spam ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...