Senin, 13 Juni 2016

Tiga Tulisan di Media

Resensi Apa Pun Selain Hujan

Saya mengirimkan resensi itu pada tanggal 18 Mei 2016. Resensi buku Apa Pun Selain Hujan yang pernah saya review juga di sini. Saya menulis dua resensi, satu resensi untuk blog dengan bahasa suka-suka ala saya, satunya lagi yang agak sedikit formal untuk dikirim ke media. Media yang saya tuju adalah Koran Jakarta.

Satu hari, dua hari, selepas saya kirim, resensi belum juga dimuat. Saya menunggu sampai seminggu juga tak kunjung dimuat. Tambah beberapa hari lagi saya sudah pesimis dan merasa sudah saatnya menghentikan harapan. Apalagi saat sudah 2 minggu resensi itu dikirim tak juga ada resensi yang nongol di sana.


Selang 2 hari dari waktu 2 minggu,  sewaktu saya membuka web Korjak, saya terlonjak kaget. Ada cover buku Apa Pun Selain Hujan dengan judul resensi yang tak asing buat saya. Gemetar saya mengklik judul itu. Alhamdulillah... Itu memang resensi saya. Ada nama saya di ujung resensi.
Dapat fotonya dari Mbak Dini Dian Handayani. Makasiiih, Mbak Dini :-)
Ini resensi keenam saya di Koran Jakarta. Rasanya sudah berabad-abad saya tidak merasakan sensasi dimuatnya resensi saya di Korjak. Terakhir kalau tak salah ingat ada di bulan September 2014. Di tahun 2015 tak ada satu pun resensi saya dimuat di sana. Alhamdulillah kembali bisa dimuat di 3 Juni 2016 ini. Semoga kembali mementikkan semangat saya buat mengirim resensi lagi ke sana.


Resensi Angry Birds Playground – Binatang

Untuk pemuatan resensi Misteri Sosok Wangi di Tribun Kaltim sebelumnya saya mendapatkan apresiasi dari penerbit berupa 4 buku baru. Ah, bahagia sekali rasanya menerima kado buku tersebut. Apalagi bukunya terlihat kece-kece. Saya langsung tertarik dengan buku Angry Birds Playground Binatang. Saya baca dalam tempo singkat dan menuliskan resensinya.
 
Kado buku dari penerbit
Resensinya saya kirim hari Jum'at. Sering kali setiap mengirimkan tulisan saya bilang ke suami, minta doakan agar dimuat. Saat saya berkata kalau mengirim resensi ke Tribun Kaltim di hari itu, suami bertanya. "Kalau dikirim Jum'at, apa minggunya sudah bisa dimuat?"

Saya jawab tak tahu, tapi tak ada salahnya mencoba. Hari minggu sewaktu saya membuka koran, saya bahagia sekali mendapatkan resensi buku itu dimuat. Alhamdulillah.... Langsung deh jepret-jepret dan upload ke sosial media. Hehehe....
 
Resensi Tribun Kaltim
Cerpen di Bobo.
Subuh minggu selepas shalat subuh saya mendapat sebuah pesan di inbox facebook dari Mas Bambang Irwanto. Mas Bambang bilang ada cerpen saya yang dimuat di Bobo di nomor 10 yang akan terbit pada tanggal 16 Juni 2016 besok.

Saya kaget tapi juga bahagia. Langsung memberitahu suami dan senyum-senyum sendiri. Xixixixi... Terakhir cerpen saya dimuat di Bobo nomor 52 dan baru dimuat lagi di Bobo nomor 10. Ada jeda 11 minggu dari pemuatan terakhir. Lama? Relatif sih. Pernah merasakan yang lebih lama. Hihihi...

Cerpen Ipau, Bukan Pizza atau Lasagna ini saya kirimkan pada awal Februari 2015. 2015 loh ya. Itu artinya tahun kemarin. Saya pakai subject 'cerpen setting Ramadan' kala itu dengan harapan cerpen itu dimuat di Ramadan tahun kemarin. Ya kalii.. Kepedean pengin dimuat dalam waktu 4 bulan aja :p

Ramadan tahun kemarin berakhir dan cerpen saya tak ada satu pun muncul saat Ramadan itu. Sewaktu cerpen-cerpen saya yang dikirim dalam waktu nyaris bersamaan dan bersamaan dengan cerpen ini dimuat, sementara cerpen ini belum juga dimuat saya tak lagi terlalu ingin berharap. Toh, suami juga terus mengingatkan saya untuk bersyukur dan terus usaha menulis lagi.

Namun, ketika Ramadan menjelang, mau tak mau saya teringat lagi pada cerpen itu dan Alhamdulillah... Akhirnya dimuat juga. Perlu penantian selama 16 bulan.
 
Foto dari Uni Dian Onasis

Alhamdulillah,  bersyukur untuk tiga tulisan ini walaupun tidak boleh cepat puas. Harus terus belajar dan berusaha lagi. Tadi malam suami kembali bertanya, "Kapan mau nulis lagi?" Lalu saya jawab kalau resensi yang dimuat di Tribun Kaltim baru saya tulis minggu ini, dia pun bilang kalau maksudnya adalah menulis untuk Bobo. Hihihi... Sudah lama saya tidak menulis cerpen anak lagi. Baiklah mari kita berjuang lagi :D 

13 komentar:

  1. Asalamu alaikum, thanks for sharing. What do you think of Hajj - Islamic Pilgrimage To Makkah , come share your thoughts..

    Take Care

    BalasHapus
  2. Mbakkkk, keren banget sih dirimu mbak, ajarin saya biar bisa tembus media mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hah? Hah? Saya dunk yang belajar sama Mbak Ev biar ikutan jadi blogger kece dan sering menang lomba :D

      Hapus
  3. Mau dihidupkan lagi kah setoran cerpen tiap sabtu? :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anu... Cuti dulu. Nanti kita mulai lagi habis lebaran yaaa. Xixixixi...

      Hapus
  4. alhamdulillah, makin berkibar ya Mbak, :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah... Masih di bumi, Mbak. Belum di tiang jadi bendera. Hehehe...

      Hapus
  5. hihihi aku langgaran bobo, lama juga memang ngga lihat tulisan mba Hairi ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaaa Mbak Shintaa... Menghitung minggu saya nungguin tulisan nongol. Kangen honor..eh kangen dimuat :D

      Hapus
  6. Wah Mbak Yanti, keren bingit. produktif sekali ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aish.. Mbak Ratna lebih produktif lah. Saya banyak malasnya :D

      Hapus
  7. Pengen nembus jugaaaa :')
    Tapi sebelumnya pengen rajin nulisnya duluuuu hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuk, mbak, kita mulai rajin menulis :-)

      Hapus

Terima kasih sudah memberikan komentar di blog saya. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menyaring komentar spam ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...