Selasa, 19 Juli 2016

Jadwal Pengajian Guru Bakhiet


Kalimantan Selatan adalah salah satu provinsi yang rasa religiusnya masih sangat kental. Dan saya merasa sangat bersyukur akan hal itu. Pengajian-pengajian masih semarak, pun saat Ramadan, adanya perda untuk menutup tempat makan di siang hari adalah satu hal yang bisa diterima warganya dengan baik-baik saja.

Di surau atau langgar, mesjid-mesjid juga sering diadakan pengajian. Kegiatan itu semakin semarak saat Ramadan. Dulu saya merasakan kalau kondisi jalan di daerah saya sepi saat waktu tarawih, dan kembali agak ramai saat selesai tarawih. Suasana itulah yang kerap saya rindukan.


Selain di langgar, surau, atau mesjid-mesjid, pengajian juga digelar di beberapa majelis ta’lim. Salah satunya majelis ta’lim Nurul Muhibbin. Majelis yang dipimpin oleh KH. Muhammad Bakhiet ini memang salah satu majelis ta’lim terkenal di Kalimantan Selatan, khususnya di Kabupaten Hulu Sungai Tengah dan Kabupaten Balangan, tempat majelis ta’lim itu berada.
Guru Bakhiet
Tentu saja bukan terkenalnya itu yang membuat orang-orang berduyun-duyun datang ke majelis ta’lim. Tapi limpahan ilmu dan manfaat yang didapat. KH Muhammad Bakhiet atau yang biasa dipanggil Guru Bakhiet memang memberikan ceramah agama yang sangat baik, mencerahkan dan menambah wawasan akan ilmu agama untuk lebih mendekat kepada Sang Pencipta.

Minggu ini, pengajian di Majelis Ta’lim Nurul Muhibbin kembali digelar setelah libur sekitar 2 bulan, dari sebelum Ramadan, sampai 2 minggu setelah Idul Fitri. Walaupun tidak bisa dikatakan libur sepenuhnya karena pada saat Ramadan ada pengajian di malam hari. Namun, untuk pengajian rutin yang bisa digelar setiap minggu yang libur.

Berikut jadwal pengajian Guru Bakhiet setiap minggunya :

Senin Malam (Bada Isya), pengajian bertempat di Majelis Ta’lim Nurul Muhibbin di jalan M. Ramli atau Kitun Barabai. Pengajian utama digelar bada isya, tapi mulai sore bada ashar jamaah sudah ramai berdatangan. Jamaah mengenakan pakaian putih putih.

Selasa Malam (Bada Isya), pengajian bertempat di Majelis Ta’lim Nurul Muhibbin di Balangan. Sama dengan yang senin malam, untuk selasa mala mini juga pengajian utama digelar bada isya. Namun, jamaah sudah berdatangan dari bada ashar. Setelah maghrib ada shalat hajat berjamaah. Untuk di Balangan ini, Guru Bakhiet memamarkan penjelasan dari Kitab Al Hikam. Jamaah juga mengenakan pakaian putih-putih.

Rabu Malam (Bada Isya), pengajian bertempat di Pondok Pesantren Nurul Muhibbin Ilung. Letaknya kurang lebih 10 km dari Barabai. Kuantitas jamaah di sini lebih sedikit dari yang di Barabai atau Balangan. Jamaah juga mengenakan pakaian putih-putih.

Kamis sore (bada ashar), pengajian bertempat di Majelis Ta’lim Nurul Muhibbin Kitun Barabai. Untuk pengajian satu ini jamaah tidak diharuskan mengenakan pakaian putih-putih.
Jamaah Pengajian Guru Bakhiet

Selain di 4 hari tersebut, di akhir pekan, biasanya Guru Bakhiet juga mengisi pengajian di beberapa kota seperti Banjarmasin. Namun, saya tidak hafal jadwalnya. Selain itu pengajian juga direkam dan dijual dalam bentuk dvd. Hal ini sangat berguna untuk bisa mengulang pengajian di rumah atau buat didengarkan yang berhalangan datang. Untuk yang jauh ada beberapa video pengajian Guru Bakhiet yang bisa dilihat di youtube. Search aja KH. Muhammad Bakhiet makan akan keluar result beberapa video pengajian beliau. 

9 komentar:

  1. Senang ya mba berada di lingkungan yang religius dan agamis. Jadi hati tidak mudah kosong.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbak Ira. Alhamdulillah.. Senang banget :-)

      Hapus
    2. Iya, Mbak Ira. Alhamdulillah.. Senang banget :-)

      Hapus
  2. Kalau ditempat saya mah mbak hanya sekali dalam satu minggu, mungkin di tempat tinggalnya mbak itu masih kental ya dengan tradisi agamanya jadi pengajian pun masih bisa dilakukan lebih dari sekali dalam seminggu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Pak. Kalau mau pengajian tiap hari insyaAllah ada :-)

      Hapus
    2. Iya, Pak. Kalau mau pengajian tiap hari insyaAllah ada :-)

      Hapus
  3. Udah mulai lagi kah? Kok gak ditelpon mama? :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang di Ilung ternyata 2 minggu sekali yang :p

      Hapus
    2. Yang di Ilung ternyata 2 minggu sekali yang :p

      Hapus

Terima kasih sudah memberikan komentar di blog saya. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menyaring komentar spam ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...