Senin, 31 Oktober 2016

Lima Blogger Favorit

            


Saya menyenangi yang namanya Blog Walking (BW) semenjak dulu. Jauh sebelum BW dikatakan perlu buat naikin DA. Jauh sebelum BW buat kunbal atau kunjungan balik. Saya menyukai BW bahkan sebelum saya tahu istilah blog walking tersebut.

            Sewaktu masih menjadi mahasiswi, saya senang mencari di mesin pencari satu tema tertentu, kemudian ngeklik beragam blog yang membahas tema tersebut. Kebanyakan tentang curahan hati para mahasiswi yang sedang berkecimpung di dunia kuliah juga organisasi. Dengan membaca blog mereka, saya menjadi tahu kalau saya tidak sendiri. Di belahan Nusantara lainnya, ada yang bernasib mirip-mirip dengan saya atau bahkan lebih parah dari saya.


            Kalau ada blog yang saya doyan banget bacanya, alamatnya akan saya simpan. Jika ada kesempatan mengakses internet, maka akan saya kunjungi lagi blog tersebut. Ada juga yang saya simpan tulisan dan artikel mereka buat dibaca saat sedang offline. Maklum, dulu buat akses internet masih sangat mahal dan terbatas. Tapi kebanyakan dari blog-blog itu saya hanya sebagai silent reader. Tidak meninggalkan jejak apa pun di blog mereka.

            Kesenangan saya membaca tulisan-tulisan di blog masih berlanjut hingga sekarang. Ada blog-blog tertentu yang sepertinya jauh dari keramaian. Blognya sepi dari komentar bahkan nyaris tanpa ada komentar, tapi saya asyik baca curhatan mereka di sana. Untuk alamat blog-blog ini saya simpan sendiri saja. Hahaha… Kali ini saya mau menyebutkan lima blog favorit saya lainnya.

            Apa sih yang menjadi kriteria sebuah blog bisa menjadi favorit saya? Jawaban simpelnya karena saya suka membacanya. Hihihi… Tapi secara spesifik lagi karena isi postingannya adalah sesuatu yang saya gemari. Seperti menulis, makanan, bulutangkis, dan sebagainya.

            Blog pertama yang saya gemari adalah blog Mbak Nurhayati Pujiastuti. Beliau adalah guru menulis saya di Penulis Tangguh. (Silakan dibaca : Apakah sayabelajar menulis secara autodidak?). Di blog Mbak Nur ini bertabur ilmu di dalamnya, ilmu tentang menulis juga karya-karya beliau yang bertaburan di berbagai media. Kalau baca blog Mbak Nur saya tersengat sendiri akan semangat belajar dan berkarya Mbak Nur. Nur artinya cahaya, blog Mbak Nur salah satu yang bisa memberi cahaya di kehidupan saya. Buat yang tertarik menekuni dunia menulis, kepoin aja blog Mbak Nur. Banyak ilmu bertaburan di sana. 

Blog Mbak Nurhayati Pujiastuti

            Blog kedua adalah blog tentang makanan, sebenarnya ini banyak pilihannya. Namun, izinkan saya memilih blog Mbak Diah Didi sebagai blog favorit. Di dalam blog Mbak Diah Didi tentu saja banyaaak sekali resep dan foto makanan yang kece-kece. Beliau juga rajin update blog setiap hari. Ubek-ubek saja blog Mbak Diah Didi untuk mendapatkan resep aneka rupa. Beberapa kali saya mencoba resep yang ditulis Mbak Diah Didi di blog. Bahkan ketika googling resep tertentu, saya menyematkan nama beliau di kolom search. Misal resep jamur crispy Diah Didi. Hehehe… Supaya begitu keluar hasilnya langsung menuju blog beliau.
Blog Diah Didi

            Blog ketiga yang saya gemari adalah blog
Bibi TitiTeliti a.k.a Teh Erry Andriyanti. Saya suka nonton drama Korea dan suka ngakak sendiri kalau baca postingan Teh Erry yang nge-baper parah kalau sudah nonton Drakor. Jadi, kalau udah nonton satu drama, saya suka berkunjung ke blog Teh Erry mencari ‘obrolan’ Teh Erry tentang drama tersebut. Dengan begitu kebaperan saya menjadi sedikit terbagi. Walaupun jarang juga sih Teh Erry nge-review khusus satu drama. Hehehe…
Blog Bibi Titi Teliti

            Selain tentang Drakor, Teh Erry juga suka cerita tentang keseharian beliau juga tentang anak-anak beliau yang adaaaa aja kocaknya sehingga membikin pembaca blognya (baca : saya) terpingkal dan terhibur kala membacanya.  Belum lagi cameo-cameo yang ada di blog beliau di mana para pembacanya sudah pada hafal aja. Seperti warung Mama Ajeng, termos, tabung gas 3 kg yang sering nasibnya menggenaskan sampai ke londri kiloan.

            Berhubung saya suka bulutangkis jadi tak afdhol kalau tidak memuat blog tentang bulutangkis. Ini pilihannya sedikit sih tapiii… ini yang paling saya suka yang menjadi pilihan keempat. Blognya Mbak Amelia Widy yang alamatnya www.badmintonaddict.wordpress.com 

Saya kurang jelas juga apa profesi Mbak Widy ini tapi sepertinya beliau termasuk staf Humas PBSI (CMIIW). Jadi, di blog itu kita akan mendapati cerita-cerita di balik layar para atlet yang mungkin tak akan didapati dari media-media lainnya. Seperti saat Koh Hendra Setiawan disebut beliau kalau udah komplit gelar individunya dan Koh Hendra pun menjawab “Belum lengkap kok. Saya belum pernah dapat emas PON.”

            Ada juga postingan saat karantina menjelang Olimpiade. Ada tuh video senam aerobic para atlet atau cerita-cerita lainnya. Kelebihannya lagi, Mbak Widy ini nulisnya kocak dan pembacanya pun merasa terhibur dengan kocaknya isi blog beliau. Sayangnya blognya sangat jarang di update.

            Blog terakhir… Agak bingung nih blognya. Ada beberapa blog yang menjadi nominasi tapi saya pilih blog Mbak Sinta Yudisia saja. Mbak Sinta Yudisia adalah seorang penulis, psikolog, dan juga ketua umum Forum Lingkar Pena. Saya sering terkagum-kagum dengan artikel yang ditulis Mbak Sinta. Runut, bernas, dan enak dibaca. Kelihatan dari sana bahwa wawasan dan ilmu Mbak Sinta sangat mumpuni dan beliau menulis tidak asal-asalan.
Blog Mbak Sinta Yudisia

            Pernah saya membaca di blog itu bagaimana Mbak Sinta menulis harus dibarengi dengan ‘asupan’ ruhiyah yang kokoh. Sehingga kata-kata yang keluar menjadi lebih punya power. Saya ambil sedikit cuplikan dari postingan beliau yang berjudul ‘Penulis Miskin dan Hina’ :

Rahmat dan ampunan Allah SWT, adalah harapan paling tinggi kaum muslimin. Dan bersamaan dengan goresan pena kita, yang berlembar-lembar, berat, memusingkan macam novel ataukah goresan ringan status di FB dan twitter, tak ada yang lain harapan selain menerima ampunan dan rahmatNya. Tentu , harapan royalti atau honor tetap mengiringi, tetapi bagi seorang penulis muslim tetap harapan yang terbesar adalah barakahNya di tiap tulisan, tercurahnya rahmat dan ampunanNya. Maka, sangat baik bila penulis muslim mengiringi tulisan dengan dzikrullah termasuk istighfar. 
            Jadinya ketika membaca blog Mbak Sinta Yudisia ini saya seperti diingatkan berulang-ulang tentang beragam hal. Selain saya juga dapat banyaaaak sekali ilmu di dalam blog beliau itu.
            Nah… itulah lima blog favorit saya yang mewakili kesenangan saya akan sesuatu juga. Baik itu tentang menulis, makan-makan, bulutangkis, drama Korea. Dan dari kelima itu mana yang akan dapat award? Jeng… jeng… jeng… pilihan saya jatuh ke blog Bibi Titi Teliti. Ahahaha….
My Favorite Blog Award buat gebetennya Lee Min Ho

            Mengapa?
Karena selain saya suka dengan isi blog Teh Erry, saya juga dibuat berdecak kagum kalau Teh Erry BW dan kasih komentar di blog lain, kelihatan total banget. Setotal beliau mengagumi Lee Min Ho. Teh Erry kelihatan sekali membaca isi postingan tersebut jadi komentarnya pun biasanya agak panjang atau malah paling panjang sendiri di antara komentar-komentar lainnya. Bukan sekadar “nice info, Gan”. Hihihi….
            Itulah lima blog favorit saya. Kalau kamu suka blog siapa?



31 komentar:

  1. wah kok aku belum tau semua y mba *kuper* kecuali bibi titi teliti hehehe...langsung cekidot ah
    Selamat hari bolgger semoga makin semangat dan produktif nulis y mba, blog mba juga favorit saya. Cerpen, cernak, cerma sampe olahraganya bikin nambah tahu. Haturnuhun mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi... Ide BP buat bikin award ini jadi bikin kita tahu blog2 kece ya, Mbak Herva. Terima kasih, Mbak Herva :D

      Hapus
  2. aku ga suka drama korea. tapi aku suka sama teh erry n kagum dgn komitmennya u ngeblog ttg drama korea :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apalagi berhasil ke Korea secara gratis dari ngeblog ya, Mbak Inna :D

      Hapus
  3. Mba diah didi 😀 Kenyang pokoknya kalo ke blog mba diah didi 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahahaha... Bikin lapar, Mbak. Apalagi foto2nya menggiurkan semua ya, Mbak :D

      Hapus
  4. aku yang lagi kusuka itu blognya annisast, mbak echaimutenan, blognya mbak windi teguh

    BalasHapus
  5. BW itu memperkaya khasanah keilmuan. Salam kenql mba admin ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betuuul. Makanya senang kalau BW ke blog2 yang menginspirasi. Salam kenal juga :D

      Hapus
  6. waah... ternyata ada blogger addict sama bulutangkis ya, sampe dijadikan alamat blog nya, saya baru tahu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada, Mbak. Hehehe... Ada beberapa blog yang addict sama bulutangkis tapi ga banyak juga sih :D

      Hapus
  7. Mbak Hairy, saya jadi pengen ikutan nulis ini juga. Belum kesempetan euy :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo Mbak Nurin... Ditulis juga :D

      Hapus
  8. Btwe Mbaaak, saya juga demen ama blognya Mbak Sinta. Cuma jarang komen :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Samaaa. Saya juga silent reader di blog Mbak Sinta. Hehehe...

      Hapus
  9. Yang kelima itu bukan Blogger bayaran ya mbak.... Nulis kalau ada yg bayar saja:)

    BalasHapus
  10. Kayaknya dari dulu, blog favoritnya Yanti nggak banyak berubah ya. Oya, dulu kita sama2 seneng bw blognya Nadhira Arini ya, Yan. Udah lama lho aku gak mampir sana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wakakaaka.... Yanti kan tipe setiaaa, Teteh. Iya ya dari dulu kalau kita ngomongin blog favorit ya ini ini aja jawaban Yanti. Iyaa. Nadhira sudah nikah sekarang, Teh. Dulu kita suka bw ke blog dia waktu dia di Jerman ya :D

      Hapus
  11. Mba Dyah Didi namanya sering saya dengar juga. Mba Dy penulis juga kan ya. Banyak nama2 blog yg saya baru tau, jadi bisa nambah list BW ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penulis buku resep sepertinya, Mbak Nita. Iya euy, program BP ini bikin jadi kenal blog2 kece :D

      Hapus
  12. Ketahuan yaaa. Uni jarang Bw. Hahaha...
    Uni suka blog Yanti. Krn uni ikuti perkembangan tulisan yanti dr sejak mp... ngeluh gak bisa nulia di group kompor hingga sekarang jd penulis cerita yg tangguh dan blogger aktif.

    Kayaknya uni bakalan mampir ke blognya mbak sinta deh.... keren banget itu kutipannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Uniiiii... Yantu masih sering ngegalau seperti dulu. Hehehe... Iya, Un. Blog mbak Sinta bagusss. Yanti suka :D

      Hapus
  13. Mbaa, aku suka lihat blog mba Didi. Suka makan-makan dan masak nih ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbak Alida. Saya pun suka. Bahan2nya juga kelihatan simpel kalau di blog mbak Didi :D

      Hapus
  14. Iiihhh, aku sukaaaak semua :)
    Pokoke blogger cewek tanah air semakin mempesona ya mbaaa

    bukanbocahbiasa(dot)com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahahaha... Ini nih salah satu blogger favorit saya juga. Mbak Nurul bukan bocah biasa :D

      Hapus
  15. nice info, gan... Eh. Salah komen ahaha...

    Suka cekikikan sendiri baca blog Bi Erry. Suka laper liat blog Mbak Dydie. Baru tahu ada blogger yang suka banget sama badminton.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha... Iya, Mbak Orin. Suka cekikan kalau baca tulisan teh Erry. Ada beberapa blog yang suka bulutangkis, Mbam. Ada juga atlet yang ngeblog :D

      Hapus

Terima kasih sudah memberikan komentar di blog saya. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menyaring komentar spam ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...