Selasa, 13 Desember 2016

Berbagai Pertimbangan Memilih Ayunan Bayi


Seorang bayi memerlukan pengawasan dan perawatan yang super ekstra dari orangtuanya karena ia masih sangat kecil dan belum tahu apa-apa ketika lahir di dunia. Baik untuk masalah makanan yang akan dikonsumsi, mainan, pakaian yang dikenakan, dan peralatan lainnya yang harus dipilih dengan sangat hati-hati dan cermat. Begitu juga dengan ayunan bayi yang akan digunakannya untuk mengayun bayi.

Ayunan untuk bayi akan sangat berguna untuk orangtua menenangkan bayi ketika sedang rewel. Biasanya bayi akan diam ketika digendong dan diayun akan tetapi tentu saja hal tersebut tidak bisa dilakukan ketika orang tua sedang sibuk atau sedang lelah. Menggendong bayi secara terus-terusan juga dapat membuat tangan orang tua pegal oleh karena itu dengan adanya ayunan membuat kerja orangtua dalam mengurus bayi akan sedikit lebih mudah.


Ayunan bayi sendiri memiliki beberapa jenis yang umumnya ada yang ditaruh langit-langit maupun ada yang dapat ditaruh di lantai yang bentuknya seperti box bayi. Jenis-jenis ayunan tersebut adalah:

·         Ayunan per
Merupakan ayunan yang pengoperasiannya dilakukan secara manual yaitu didorong menggunakan tangan. Jenis ayunan harus digantung sehingga memerlukan langit-langit yang kokoh dan membutuhkan dua sampai tiga per yang dapat disesuaikan dengan berat badan bayi. Harga ayunan ini cukup murah yaitu dihargai dengan 50 ribu hingga 100 ribu saja.
 
Per untuk Ayunan
Sumber : BukaLapak


·         Ayunan elektrik
Ayunan ini sudah menggunakan mesin dan cara pasangannya juga harus digantung. Karena bergerak secara otomatis ayunan tidak perlu didorong secara manual dengan tangan. Hal tersebut juga dapat membantu orangtua agar lebih praktis dan bisa mengurus hal lainnya. Untuk harga yang ditawarkan dari ayunan ini memang lebih mahal akan tetapi kualitas yang diberikan akan sepadan dengan harga tersebut.
 
Ayunan Bayi Elektrik
Sumber : BukaLapak
·         Ayunan frame
Bahan untuk ayunan ini menggunakan frame yang sangat kokoh dan dapat diatur untuk dapat mengayun ke depan, belakang, kanan, atau kiri. Ayunan ini tidak perlu digantung di langit-langit dan cukup diletakkan di lantai dan mempunyai pilihan untuk dapat dioperasikan secara manual atau elektrik.

·         Ayunan traveling
Merupakan jenis ayunan yang dapat dilipat dan dibawa kemana-mana ketika akan mengajak si buah hati untuk pergi keluar rumah.

Hal pertama yang harus diperhatikan ketika akan membeli ayunan untuk bayi adalah dengan memilih jenis ayunan yang beralas datar. Hindari untuk memilih ayunan yang berasal melengkung karena akan dapat mempengaruhi postur bayi tersebut sehingga ia akan kesulitan untuk dapat tumbuh tinggi. Tambahkan juga alas tambahan agar bayi semakin nyaman ketika berada di atas ayunan. Alas tambahan juga berfungsi agar alas ayunan menjadi lebih rata sehingga akan mempertahankan postur bayi.

Hal kedua adalah dengan memperhatikan bahan yang digunakan untuk ayunan. Sebaiknya pilih bahan yang kokoh yang disesuaikan dengan berat bayi tersebut. Selain ayunan, komponen lainnya juga harus diperhatikan seperti engsel dan tepian yang aman sehingga bayi tidak akan terjatuh. Akan lebih baik memilih ayunan yang menggunakan sabuk pengaman yang dapat dipasangkan ke bayi.

Kemudian perhatikan juga ayunan bayi agar tidak terlalu tinggi ketika dipasang di langit-langit. Walaupun kecil kemungkinannya tetapi akan lebih baik untuk menghindari segala sesuatu yang dapat membuat bayi terjatuh dan mengalami cidera. Selain faktor keamanan, kenyamanan bayi juga harus diperhatikan seperti memilih ayunan model kursi yang dapat dibuat bayi untuk bersandar.


14 komentar:

  1. lebih baik ditambahkan bantal lagi di ayunan, agar bayi lebih nyaman. kemudian letakkan ayunan di atas karpet yang tebal, sebaiknya jangan langsung di lantai.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah benar ini. Ngeri ya kalau jatuh. Semoga tidak terjadi.

      Hapus
  2. Bener2 harus aman ya Mbak. Anakku dulu gapunya ayunan kayak gini hehehe. KAyakna kalo punya asyik dan lucu buat baby :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbak. Harus aman dan tetap dalam jangkauan mata orangtua ya.

      Hapus
  3. Kalo di Banjar, ayunan bayi digantung dari langit-langit ya Yan. Jadi panjang banget talinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi... Benar, teh. Digantung di langit2 atau di kusen pintu :D

      Hapus
  4. Waktu anak-anak saya masih kecil pernah punya ayunan. Mereka betah juga ditaro di ayunan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waktu kecil permainan yang palling saya suka itu ayunan, Mbak. Berasa terbang. Hehehe...

      Hapus
  5. Balasan
    1. Beli ayunan seperti punya Richard dan Richelle :D

      Hapus
  6. Ayunan memang harus ada di rumah waktu kami masih bayi dulu 😁 ajaran nenek biar ga gendong2 anak kalau nangis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar, Mbak. Serasa digendong ya kalau bayi diayun. Bisa nyenyak bobonya :D

      Hapus
  7. Ayunan Bayi sekarang banyak typenya ya Mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbak Astin. Lebih variatif. :D

      Hapus

Terima kasih sudah memberikan komentar di blog saya. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menyaring komentar spam ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...