Jumat, 02 Desember 2016

Siapa Sangka, Service AC Ternyata Banyak Manfaatnya!



shutterstock_517733092.jpg

Semua orang menikmati suasana sejuk ketika berada di suatu ruangan ber-AC, namun tak banyak orang yang memahami bahwa AC tersebut juga membutuhkan perawatan yang rutin untuk menjaga performa AC. Padahal, ada banyak manfaat jika Anda melakukan service AC secara rutin. Apa saja manfaat tersebut? Simak penjelasannya di bawah ini.

Membuat Udara Dalam Ruangan Lebih Bersih

Udara yang bersih merupakan modal untuk hidup sehat. Tercemarnya udara dapat berbuntut panjang jika dibiarkan. AC dapat membantu menyaring partikel dan debu di udara sehingga udara yang dihirup menjadi lebih bersih dan segar. Filter udara yang selalu bersih pada AC, dapat menghilangkan 90-95% partikel alergi yang dapat mengancam kesehatan Anda. Namun AC yang tidak terpelihara akan membuat kotoran menempel pada pipa evaporator, sehingga kotoran menumpuk dan membuat AC tidak lagi mampu untuk menyaring debu secara efektif.

Menjaga AC Tetap Dingin

Apabila kotoran dibiarkan menumpuk maka kotoran pada filter akan terakumulasi dan membuat filter tidak lagi dapat berfungsi baik. Jika filter tidak dapat menampung lagi, maka kotoran akan menempel pada pipa evaporator. Hal inilah yang seringkali menjadi penyebab utama kenapa AC Anda tidak lagi dingin.

Mencegah Kebocoran pada AC

Kotoran yang menempel pada pipa evaporator sering kali berubah menjadi lumut dan jatuh menutupi saluran pembuangan AC. Hal tersebut menyebabkan tertutupnya saluran pembuangan dan menjadi salah satu alasan utama terjadinya kebocoran pada AC.

Menghemat Biaya

AC yang bersih akan mengurangi konsumsi energi unit AC sebesar 5-15%, sebuah penghematan yang signifikan. Sedangkan, AC yang kotor akan membuat AC bekerja lebih berat. Dengan memakai logika ini, bisa disimpulkan kalau AC yang bersih akan membuat kinerja AC lebih efisien. Sehingga listrik yang dikeluarkan tidak akan terlalu besar. Dengan service AC secara rutin, Anda juga dapat meminimalisir energi yang yang diperlukan sehingga dapat mengurangi pengeluaran Anda juga!

Membuat Umur AC Lebih Panjang

Bila Anda membeli AC baru, umumnya akan tertera anjuran untuk mencuci AC setiap 3-6 bulan sekali. Inilah yang sering diabaikan oleh banyak orang, sehingga sering kali kerusakan pada AC menjadi tidak terhindarkan. Padahal, dengan menjaga AC tetap bersih, Anda juga dapat menghemat pengeluaran Anda. Bila AC Anda rusak, mau tidak mau pengeluaran juga menjadi lebih besar baik untuk reparasi ataupun untuk membeli AC baru. Dengan rutin service AC minimal tiga bulan sekali, AC Anda akan awet hingga 15 tahun ke depan.

Butuh jasa service AC? Kini hadir sebuah marketplace jasa di Indonesia bernama Sejasa.com yang dapat membantu Anda menemukan penyedia jasa service AC Jakarta Selatan terbaik atau wilayah lainnya di Indonesia. Keistimewaan menggunakan jasa dari Sejasa.com sendiri adalah Anda dapat membandingkan harga, membaca review., dan melihat halaman profil usaha penyedia jasa, sehingga Anda dapat lebih yakin dalam menggunakan jasa service AC. Yuk, service AC Anda secara rutin mulai dari sekarang!


16 komentar:

  1. Balasan
    1. Di kamar di Barabai kan sudah. hehehe...

      Hapus
  2. Eah jadi makin awet memang kalau perawatannya jg baik. Tempatku nggak perlu ac mbak, udah dingin banget soalnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asyik banget, Mbak, kalau udah dingin. Saya lebih suka dingin alami yang begitu :D
      Kalau tempat saya panas, Mbak :D

      Hapus
  3. Saya sendiri bersihin AC sebulan sekali mba, karena memang banyak sekali manfaatnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Konsisten ya, Mbak. Biar awet ACnya :D

      Hapus
  4. Soal servis AC, jadi inget sama AC di ruanganku di kantor Mbak. Suaranya kenceng banget kayak bajaj distater. Tapi kalau berisik, justru dia malah dingin hahaha nyebelin ya, jadi serba salah. Kayak gak rutin diservis gitu soalnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahahaha... Jadi serba salah ya, Mbak. Penginnnya dingin tapi ga berisik ya, Mbak. AC di kamar saya di rumah orang tua juga berisik banget :D

      Hapus
  5. iya kalau nggak sering dibersihkan ACnya ruangan jadi pengap ya

    BalasHapus
  6. Fotonya kok mirip ya? Apalagi pake baju kotak2 ala kuliahan dulu..wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwkwkwk..... Baju yang pengin bini buang itu ya :p

      Hapus
  7. AC kalo dekil banget bikin serasa ga ada gunanya 😀 mesti rajin dibersihkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, Mbak Nita. Meraung2 aja bunyinya, dinginnya enggak :D

      Hapus
  8. Sekarang ada freon yang hemat listrik lo. Aku ganti itu lumayan ngerem buat bulanan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah.. Iyakah mbak Lusi? Asyik ya. Tagihan listrik di rumah ortu saya juga melonjak gara2 beberapa kamar dipasang AC.

      Hapus

Terima kasih sudah memberikan komentar di blog saya. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menyaring komentar spam ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...