Rabu, 12 Juli 2017

Oleh-oleh dan Kuliner Khas Kalsel di Bakery Hj Enong

           Bisa dibilang Hj. Enong Bakery adalah Bakary favorit saya di Kalimantan Selatan. Saya selalu senang bisa datang ke sana. Setiap mendarat di Banjarbaru, jika sempat, saya akan mengunjungi bakery itu. Jika dalam perjalanan ke Barabai atau pun dari Barabai, keluarga saya pun sangat sering mampir di bakery tersebut. Baik untuk membeli oleh-oleh atau pun untuk memakannya sendiri saat itu juga.

         Hj. Enong Bakery punya beberapa cabang di sekitaran wilayah Martapura dan Banjarbaru. Tapi yang jadi favorit saya adalah cabang di Pusat Perbelanjaan Sekumpul Km 39 Cindai Alus Martapura, kalau arah ke Hulu Sungai ada di sebalah kiri jalan. Tepat di tepi Jalan A Yani yang menjadi jalan utama lintas kota di provinsi Kalsel. Dekat dengan outlet Roti O di Martapura.
Bakery Hj. Enong
Bakery Hj. Enong


Di tepi jalan di sekitaran wilayah Martapura menuju Hulu Sungai pun banyak kita temui toko-toko dengan papan nama Hj Enong, yang menandakan kalau di toko tersebut menjual produk Hj. Enong.

      Beragam olahan Hj. Enong memang terkenal di wilayah Kalimantan Selatan  dengan bolu gulungnya yang menjadi primadona. Karena memang bolu gulung lah yang menjadi awal pondasi bisnis Hj. Enong. Hj. Enong memulai membuat bolu gulung di tahun 1992, hanya dua sampai tiga bolu gulung.
Bolu Gulung Hj. Enong

Alat produksinya saat itu pun hanya mikser kecil. Bolu gulung itu akan dipotong kecil-kecil dan dijajakan ke warung-warung. Selalu ada langkah awal di setiap kesuksesan. Sekarang bolu gulung Hj. Enong dikenal di mana-mana bahkan memiliki bakery khusus yang menjual produknya. Salah satunya yang sering saya kunjungi di Pusat Perbelanjaan Sekumpul. (Sumber berita Hj Enong dari Banjarmasin Post 12 Februari 2014)
Ada nampan buat menaruh makanan yang dipilih

            Ada empat hal yang membuat saya selalu mengunjungi bakery itu yaitu karena kelezatannya, produk yang beragam, bisa menemukan kuliner khas daerah, dan juga ‘kesegaran’ dari produk itu.
Suasana di dalam bakery. Masih banyak yang kosong karena habis libur Idul Fitri

            Walaupun terkenal dengan bolu gulung, tapi Hj. Enong terus berinovasi dengan membuat aneka produk kue lainnya. Ada roti-roti, wadai (kue) khas Banjar, dan aneka kue  seperti brownies atau aneka bolu lainnya. Yang menjadi favorit saya adalah roti bundar seperti di foto ini. Roti lembut dengan taburan gula di atasnya. Rasanya… wow sekali.
Roti Favorit di Hj Enong

            Apalagi jika dinikmati saat masih hangat dan baru keluar dari oven. Di Bakery Hj. Enong, jika datang sekitar pukul 9-11 pagi, kerap kali saya menemukan roti atau bolu gulung yang masih hangat. Saat itu, saya akan cepat-cepat menikmatinya agar rasa panas atau hangat di kue dan roti tersebut masih bisa saya rasakan. Saya malahan kadang mencicipi langsung dari tempat tersebut. Meminjam pisau kepada penjaga outletnya, memotong bolu, dan langsung menyuapnya begitu sampai mobil. Enak sekali menikmati bolu dan roti yang masih hangat.

            Selain bolu gulung, di Bakery Hj. Enong juga banyak ditemukan aneka kuliner lainnya, termasuk aneka wadai-wadai khas Kalsel. Biasanya ada kue bingka, sari muka, puteri selat, kakaraban, dan kemarin saya menemukan ipau.
Ipau di Hj. Enong

            Sewaktu saya posting tentang mageli yang saya makan di Balikpapan, ada teman yang komen tentang mageli di Martapura. Saya pun penasaran, dan begitu mudik, saya menemukan mageli Martapura di Hj. Enong. Jadi, emang bisa menemukan beragam kuliner daerah khas Kalsel di bakery tersebut.
Mageli dan lalampar alias lemper

            Suami saya pun tidak perlu repot-repot lagi mampir di Kandangan buat beli dodol, karena di Bakery Hj. Enong ada menjual dodol dan beragam penganan yang bisa dijadikan oleh-oleh. Bahkan ada dijual ikan asin sepat, iwak rabuk (ikan abon) haruan, petis Martapura favorit saya, dan masih banyak lagi.
Petis Martapura Favorit saya

            Dan sekarang yang menjadi favorit keluarga saya di Bakery Hj. Enong adalah lapat atau buras. Olahan nasi yang direbus lama dengan daun pisang yang dilipat-lipat ini enak sekali. Begitu pun dengan sambal habang yang menjadi pendampingnya. Ini menjadi favorit abah saya. Kalau mau pulang ke Barabai, tidak perlu jauh-jauh membelikan oleh-oleh dari Balikpapan, cukup mampir ke Bakery Hj. Enong untuk membelikan lapat untuk abah, maka abah akan sangat senang sekali.
Lapat atau Buras


            Jadi, jika ada yang bertanya ke saya di mana bisa mencari oleh-oleh Kalimantan Selatan maka saya akan menjawab ke Bakery Hj. Enong saja. Dan temukan beragam kuliner daerah Kalsel di sana. 

13 komentar:

  1. wah banyak ya ragam jualannya. kalau di kantor kadang ada ibu-ibu yang bawa bolunya haji enong ini. dan memang rasanya paling enak dibanding bolu lain yang dibawa beliau

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Kak. Nyoba yang di kaltim sini juga masih nyaman Hj. Enong. Hehehe... Banyak banar macam2 ka. ada kerupuk, amplang, dll jua...

      Hapus
  2. Wah, sepertinya enak. Di Pontianak ada ngga ya? Kebetulan minggu depan untuk pertama kalinya menginjakkan kaki di pulau kalimantan hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belum ada sepertinya mbak. Karena Kalbar jauh dari Kalsel. Ayo ke Kalsel juga mbak :D

      Hapus
  3. Penampakannya bikin lapr dan baper Mbak Hairi hehehe. mau dong ipaunya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga nulis sambil mupeng mbak... Hihihi....

      Hapus
  4. Menggugah selera, jadi kepingin mencoba lapat atau burasnya nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lapatnya emang enak banget mbak :D

      Hapus
  5. Waah boleh neh referensi kalau ke kalimantan selatan ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbak. Patut dicoba kalau ke Kalsel. Recomended :D

      Hapus
  6. Makanannya banyak variasi juga, makanya bisnisnya terus berkembang ya. Mulai dari kedai kecil sampai cakep gitu. Kalau saya ke sana, udah pasti ngicer ipau, haha... Macam pizza gitu tampilannya.

    BalasHapus

Terima kasih sudah memberikan komentar di blog saya. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menyaring komentar spam ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...