Sabtu, 13 Januari 2018

Membuat Pie Susu Bali dengan Bahan Sederhana dan Teflon


Pernah tidak ngiler sama kuliner atau oleh-oleh suatu daerah? Kalau saya seriiiiing sekali. Kadang kepikiran mau ke daerah tertentu hanya untuk icip-icip kuliner daerah tersebut. Industri di bidang kuliner saat ini emang kian berkembang dan bertumbuh. Macam-macam deh yang kekinian hadir dalam industri kuliner.

Tapi di zaman dan teknologi yang kian berkembang, banyak juga item kuliner yang dapat dipasarkan melalui online. Ini juga menjadi ajang kesempatan para pedagang untuk bisa mengembangkan pasarnya pun kian besar dan luas. Buat para penikmat kuliner seperti saya juga bisa memuaskan rasa penasaran terhadap kuliner daerah tersebut dengan cara membeli secara online.


Salah satunya oleh-oleh atau kuliner dari Bali yaitu pie susu Bali. Beberapa waktu belakangan ini kudapan berupa pie susu Bali sedang menjadi makanan yang banyak disukai di pasaran. Memang makanan manis asal Bali ini sangat lezat sehingga tak heran jika banyak disukai oleh semua umur.
pie susu Bali. Sumber : Bukalapak

Bagi yang berkunjung ke Bali, pie susu bisa jadi oleh-oleh yang seolah sudah wajib dibawa pulang. Bentuknya mini dengan harga murah, dan ini beberapa alasan kenapa sih pie susu Bali itu banyak peminatnya :

·        Pie susu rasanya sangat enak. Rasanya manis dan gurih berpadu menjadi satu. Kita juga bisa lihat dari teksturnya dimana sedikit garing di luar namun lembut di bagian tengahnya.

·    Pie susu juga termasuk kudapan yang menyehatkan. Alasannya adalah bahan yang digunakan adalah bahan berkualitas. Perlu diketahui jika pie susu mengandung 172 kkal, karbohidrat dan juga lemak menyehatkan. Kita pun akan kenyang dengan menyantap pie susu ini.

·  Pie susu dulu hanya tersedia rasa original, namun pie susu sudah menyediakan rasa lainnya. Beberapa rasa yang bisa jadi pilihan mulai dari keju, strawberry, coklat, matcha dan masih banyak lagi. Favorit saya tetap yang original sih.

·   Harga pie susu sangat terjangkau. Kisaran harganya adalah Rp 1.000 hingga Rp 1.500 saja per bijinya atau bisa lebih murah jika membeli per kotak.

Lalu bagaimana kalau pengin pie susu Bali tapi belum berkesempatan ke Bali? Beli online aja. Teman-teman bisa memesannya di situs belanja online. Tenang saja karena pie susu ini memang makanan yang bisa dimakan dalam waktu cukup lama sehingga meski ada waktu pengiriman namun tidak cepat kadaluarsa. Anda bisa memilah-milih penjual sehingga terpercaya dan pasti lezat.

Buat yang hobi masak, menyikapi keinginan bisa dengan cara masak sendiri di rumah ya. Bisaaa banget kalau mau bikin pie susu sendiri di rumah. Pada dasarnya cara membuat dan bahannya pun amat mudah ditemukan. Selain itu alatnya juga tidak susah karena bisa cukup menggunakan teflon. Berikut ini bahannya:

·   Untuk kulit pie, maka dibutuhkan tepung terigu 200 gram, telur 1 butir, dan juga mentega 50 ml.
·   Sedangkan untuk fla susunya bisa dibuat dengan kuning telur 3 butir, tepung maizena 1 sdm, gula pasir 3 sdm dan juga susu cair 150 ml.

Untuk cara pembuatannya pun amat mudah, inilah beberapa tahapannya:

·     Pertama campur lalu uleni bahan kulit pie. Cukup dengan tangan saja. Jika sudah selesai, pipihkan ke teflon lalu tusuk sedikit dengan garpu sehingga muncul rongga.
·    Buat fla susu dengan cara campur semua bahan dan masak di atas api dan tunggu hingga adonan kental.
·   Jika sudah selesai, maka langsung tuangkan fla yang kental ke kulit pie dan langsung pasang tutup teflon lalu masak hingga 45 menit dengan api kecil.
 
Pie susu yang sudah berSH MUI.
Sumber : Bukalapak
Ternyata membuat pie susu Bali sendiri sangat mudah bukan? Kita bisa menyajikannya dengan menunggu sedikit dingin sehingga terasa mirip dengan ketika membeli. Santap bersama keluarga dan sajikan bersama teh hangat di sore hari menemani bincang-bincang bersama pasangan dan semua keluarga sehingga kian menghangatkan suasana.


9 komentar:

  1. Handak nyoba bikin atau nyoba beli? Wkwkwk

    BalasHapus
  2. Pie susu pernah nyoba bikin sih, tapi belum bener2 bagus. Biasanya masih beli aja atau dikasih oleh2 orang lain. Enak ya kalau bisa beli online juga.

    BalasHapus
  3. ih ini kesukaan aku banget mba Yanti mau coba ah dirumah lagi rajin nih bikin cemilan hahaha..

    BalasHapus
  4. Wuih aku kalau dikasih pie susu ini nggak bakalan menolak. hahaha. Bahkan pernah pas mau ke Kupang dan transit di bandara Ngurah Rai, aku sengaja borong Pie Bali. Padahal harga pie susu di bandara kan mahal. Tapi ya demi demiii :P. Mau ah nyoba bikin sendiri

    BalasHapus
  5. Aku suka pie susu. Beberapa kali dapat oleh-oleh pie susu. Duh kalau kangen mesti ditahan2. Belum pernah sih beli online.

    BalasHapus
  6. dulu aku pernah bikin sih, tapi sayang belum pernah berhasil

    BalasHapus
  7. Aku pernah nyicip pie susu Bali. Itu enak banget dan pengen lagi lagi.
    Ternyata bikinnya kelihatan gampang ya, tapi belum pernah bikin sih. hihi

    BalasHapus
  8. denger kata pie susu-nya aja aku udah ngeces mbak, ini ada resepnya pulak XD

    BalasHapus
  9. Dari zaman kapan tahun pengen bikin pie susu teflon ini tapi belum sempat karena takut. Dari zaman dulu pas booming-boomingnya malah, hihi. Baca ini lagi sekarang jadi pengen bikin nih. Soalnya kalau harus beli ke Bali dulu ribet.

    BalasHapus

Terima kasih sudah memberikan komentar di blog saya. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menyaring komentar spam ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...