Ayam Karih


Ini resep turunan dari nini sy tercinta. FYI, nini sy itu terkenal jago masak, masakan beliau enak-enak. Kata mama, tangan nini itu seperti sudah ditakdirkan kalau masakannya selalu enak. Bahkan paman saya pernah bilang cuma ikan direbus aja udah enak. Tapi saya akui masakan nini memang enak, walaupun saya hanya sedikit menikmati masakan nini ketika saya sudah mengenal rasa. Yang saya ingat adalah wadai hula-hula buatan nini yang dulu sangat saya suka. Masih teringat jelas dulu nini datang ke rumah dengan membawa satu loyang besar wadai Hula-hula cokelat, saya senang luar biasa menerimanya.
Ketika saya sudah beranjak besar dan punya hobby mencoba resep-resep baru, saya pun menanyakan pada Nini resep hula-hula itu dan apa jawaban nini : “Aku kada ingat lagi Cu.”
Ahhh… saya langsung mencelos. Rasanya ada harta berharga yang saya lewatkan. Mendapatkan resep Hula-hula yang maknyus dari Nini. Walaupun kemudian saya mencoba membikinnya, dan kata paman saya udah mirip denga yang dibikin Nini dulu, tapi tetap saja saya rasa masih ada yang kurang. Duh, ngomongin Hula-hula pagi-pagi hujan gini bikin pengin deh ;)
Oke, kali ini bukan hula-hula tapi Kari Ayam. Ini resep yang mama dapatkan dari Nini dan dicatat di kertas yang sekarang kertasnya udah lusuuuh banget. Mama pun meminta saya mencatatkan ulang. So, biar lebih aman, saya posting di blog juga ah.

AYAM KARIH
1 ekor ayam
1/4 sendok hadas
1/2 sendok jintan
ketumbar 2 sendok halus
laos 1 ibu jari
tipakan kurang sedikit dari laos
janar sedikit
kancur sama tipakan
sahang 20 biji
pala sedikit
acan separu ibu jari

Benar-benar resep turunan kan? Bahasanya aja bahasa hulu sungai banar dan saya tidak berminat buat mentarjimnya. Hihihihihi…… Itu cuma bahan, cara bikinnya ya dihaluskan semuanya kecuali ayam tentu saja :D

2 komentar

  1. yee, mana cara buatnya?? bahan sama kalo ngolahnya beda (atau salah olah) rasanya bisa beda loh..:p

    BalasHapus
  2. hahaha... catatan mama cuman gitu doang sih :p

    BalasHapus

Terima kasih sudah memberikan komentar di blog saya. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menyaring komentar spam ^_^