Cara Menentukan Harga Sewa Rumah Bagi Para Pebisnis


Bagi Anda para pebisnis rumah disewakan, menentukan harga sewa merupakan hal yang wajib Anda kuasai agar Anda tidak memberikan harga sewa terlalu tinggi atau justru terlalu rendah. Jika harga sewa terbilang tinggi, tentu Anda akan kesulitan mendapatkan penyewa sehingga Anda harus merugi dengan mengeluarkan biaya pengelolaan rumah setiap bulannya.

Begitu juga jika harga rumah disewakan terlalu rendah, pemasukan Anda setiap bulan tidak akan sebanding dengan pengeluaran sehingga lagi-lagi Anda akan merugi. Lalu bagaimana cara menentukan harga sewa rumah yang tepat? Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan, yaitu:



1.     Ketahui harga sewa rumah di lokasi sekitar
Cara yang paling mudah adalah dengan survey langsung ke lokasi sekitar dan mengetahui berapa harga sewa rumah rata-rata di lokasi tersebut. Lalu bandingkan dengan harga sewa yang telah Anda tetapkan.

2.     Analisa pemasukan dan pengeluaran
Pertimbangkan biaya pemasukan dan pengeluaran dengan menghitung total pengeluaran dibanding potensi penghasilan. Jangan sampai biaya pengeluaran yang wajib Anda penuhi lebih besar dari pemasukan yang akan Anda terima nantinya. Dengan menganalisa pemasukan dan pengeluaran, Anda akan mudah menentukan berapa harga sewa yang akan Anda tetapkan.

3.     Perhatikan kelebihan rumah Anda
Meski rata-rata harga sewa rumah di lokasi sekitar tidak begitu tinggi, Anda tetap harus memperhatikan kelebihan rumah disewakan yang Anda miliki. Salah satu hal yang membuat harga sewa berbeda-beda adalah fasilitas rumah itu sendiri. Apakah rumah Anda memiliki fasilitas layanan internet, channel TV berbayar, telepon dan sebagainya.

4.     Pertimbangkan lokasi rumah
Lokasi tetap merupakan faktor penting dalam dunia bisnis properti. Sebelum menentukan harga, Anda juga harus mempertimbangkan lokasi rumah Anda. Jarak yang tidak begitu jauh dari fasilitas publik seperti pasar, swalayan, klinik dan sebagainya, pastinya memiliki nilai sewa yang lebih tinggi daripada yang lain.

5.     Analisa harga dari agen properti
Jika Anda masih ragu dalam menentukan harga sewa, Anda bisa menggunakan jasa agen properti untuk menghitung dan menentukan berapa harga sewa yang paling pas untuk Anda. Agen properti akan menghitung nilai bangunan rumah dan membandingkannya dengan harga yang umum di pasaran. Anda juga bisa menggunakan lebih dari satu jasa agen properti untuk membuat Anda lebih mantap menentukan harga.


Jadi menentukan harga rumah disewakan tidak begitu sulit, bukan? Diperlukan beberapa analisa yang pas agar bisnis properti Anda menuai hasil yang memuaskan. Semoga bermanfaat!

7 komentar

  1. Bener banget kalo musti cek kanan kiri sewana berapaan ,biar nggak salah harga. Dan sesuai dengan fasilitas yg ada Mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbak. Kalau sedikit lebih mahal tapi fasilitas kece ya ga masalah ya, Mbak :D

      Hapus
  2. Mba aku salfok sama urutan angkanya dari 1 2 lalu 1 2 3. Maapkeun mba aku ini ga bisa liat yang ga seharusnya wkwkwk *diciwit tangannya*

    BalasHapus
  3. Wakakaka... Saya baru ngeh, Mbak. Di Word-nya udah betul urutannya tapi waktu mau posting separuh tulisan hilang jadi saya copas sisanya. Eh, dia kembali ke nomor urut satu. Udah diedit. Makasiiiih, Mbak ;-)

    BalasHapus
  4. Ada lokasi deket rumah, pas udah nggak kena banjir, rate harga sewa rumahnya jadi pada naik, haha... Lokasi dan kelebihan rumah memang menentukan ya.

    BalasHapus
  5. Bisa jadi pertimbangan saat beli rumah nanti, insyaAllah..:D

    BalasHapus
  6. Terkadang harga rumahnya tidak masuk akal.

    BalasHapus

Terima kasih sudah memberikan komentar di blog saya. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menyaring komentar spam ^_^