Reading Corner di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan

Halooo... selamat berpuasa buat semua.

Hari ketiga Ramadan, sudahkah punya tiket pesawat buat mudik? Nanya tiket pesawat karena mau ngobrolin tentang satu tempat yang akan didatangi buat mereka yang punya tiket pesawat itu. Apalagi kalau bukan Bandara.

Pernah bosan enggak sih nunggu pesawat berangkat dan kita hanya bengong cantik aja di bandara? Saya sih pernah, apalagi kalau delay dan berangkatnya sendirian. Aduh bosan parah. Dari utak atik ponsel, bengong lihat orang-orang lewat, atau berkeluh kesah dengan penumpang lain tapi tetap aja bosan.


Mungkin kebosanan yang sama pernah dialami penumpang lainnya. Penginnya kita kalau ke bandara itu ya tidak usah menanti, check in dan langsung berangkat. Tapi itulah ada aturan yang harus kita patuhi, seperti check in sekian puluh menit sebelum berangkat, masuk ruang tunggu dan boarding.

Pihak bandara sepertinya mengerti arti kebosanan para penumpang. Sehingga mereka pun berusaha memberikan fasilitas-fasilitas di bandara agar para penumpang merasa nyaman. Seperti yang ada di bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan.

Sebagai warga Kaltim, maka bandara Sepinggan menjadi titik keberangkatan saya kalau bepergian menggunakan transportasi udara. Beberapa waktu yang lalu saya mendapat kabar tentang reading corner di Bandara kebanggaan warga Kaltim itu. Tapi sewaktu ke sana saya tisak menemukannya. Letaknya di mana sih?
Bolak balik nyari ini

Tanpa diduga alias di luar rencana, saya melakukan perjalanan lagi di pertengahan Mei kemarin. Ketika tahu harus ke bandara lagi, saya menekadkan diri buat mencari si reading corner itu dan Alhamdulillah ketemu setelah bolak balik entah berapa kali dari ujung ke ujung ruang tunggu.

Reading Corner (pojok baca atau ruang baca) di bandara Sepinggan ini memang letaknya di ruang tunggu terminal keberangkatan, artinya hanya yang punya tiket pesawat yang bisa menikmati fasilitas ini.
Disebutin di Gate 7 tapi masih aja nyari dari ujung ke ujung\

Letak reading corner ini ada di Gate 7. Sebenarnya dari papan petunjuk yang saya lihat, udah tau letaknya di Gate 7. Tapi bolak balik saya tidak menemukannya. Yang ada cuma tempat bermain buat anak-anak. Eh ternyata letak reading corner-nya beneran di Gate 7 hanya saja tidak sederetan dengan penumpang biasa duduk-duduk. Tapi sederetan dengan toilet bandara atau beberapa tempat makan di bandara.
Reading Corner letaknya bukan sederetan tempat duduk-duduk ini tapi di seberang atau di depan

Ilustrasinya gini, di bandara ada area buat penumpang duduk-duduk, ada jalan yang biasanya tempat penumpang mondar mandir, kemudian ada satu area lagi di mana ada beberapa stan penjual makanan, toilet dan ya itu... reading corner. Di sana bukan hanya disediakan tempat yang nyaman buat membaca tapi juga buku-buku dan bahan bacaan yang bisa dibaca di tempat.
Reading Corner Area Anak-anak

Reading corner di bandara Sepinggan ini terbagi menajdi 2 area, area untuk anak-anak dan dewasa. 
Rak buku di area anak-anak

Di area anak-anak, tentu saja buku-buku yang disediakan adalah untuk anak-anak. Ada Majalah Bobo juga yang saya temukan di sana. Ada beberapa pensil warna dan buku mewarnai. Sepertinya disediakan buat anak-anak agar bisa mewarnai di sana.
Ayo mewarnai di sini

Di area anak-anak, selain kursi-kursi santai buat membaca juga ada kursi dan meja yang sepertinya dikhususkan sebagai tempat untuk menggambar dan mewarnai, karena seperti yang saya bilang sebelumnya, saya melihat ada pensil warna dan buku mewarnai di sana. Di kursi dan meja itu sepertinya juga nyaman buat nulis atau mengetik.
Kursi buat membaca di area anak-anak

Sementara di area dewasa, sesuai peruntukannya untuk orang-orang dewasa, suasananya lebih dewasa. Bukan ceria ala anak-anak. Tapi kesan nyamannya tetap kerasa. 
Area dewasa

Ada rak-rak buku yang berisi buku dari berbagai genre, juga majalah-majalah. Saya menemukan novel karya Tere Liye yang berjudul Tentang Kamu, juga novel karya Asma Nadia.


Ada novel Tentang Kamu

Selain rak buku, area dewasa di reading corner ini juga terdapat kursi-kursi nyaman buat bersantai dan membaca, karpet, juga ‘api unggun’ boongan yang membuat suasana reading corner semakin terasa ‘hangat’. Karena letaknya di ruang tunggu, tentu saja dilengkapi oleh fasilitas AC yang dingin dan adem.
Membaca di dekat apin unggun, enak ya.

Jadi, reading corner emang tempat yang oke buat menunggu pesawat berangkat di bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan. Jika, tidak membaca buku sendiri, bisa membaca buku atau majalah yang disediakan di sana. 
Aneka buku dan majalah yang disediakan

Buat yang punya tiket pesawat dari Balikpapan, buruan deh setelah selesai check in masuk ke ruang tunggu Terminal Keberangkatan. Ada banyak hal menarik yang bisa ditemukan di sana. Selain reading corner, juga ada toilet yang didesain khusus seperti ala-ala berada di tepi laut, juga aneka rupa tempat bermain untuk anak-anak. Semoga bisa menuliskannya di postingan selanjutnya.


12 komentar

  1. seneng ya kalau public service area desainnya semakin kreatif, gak membosankan dg warna2 standar dan polos.Tp hati2 terlalu betah di reading corner sampe ketinggalan pesawat 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi... Iya, Mbak. Hati2 ketiduran dan ketinggalan pesawat ya. Iya banget, Mbak. Senang kalau ada tempat2 nyaman seperti ini :D

      Hapus
  2. Wah, ada buku2nya juga. Mata ijo kalo lihat buku hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbak Wahyu. Ada buku2nya juga... Senang deh :D

      Hapus
  3. Coba semua bandara kek gini y mba :) jadi bikin betah dan ga bete apalagi kalau pesawatnya delay aku pernah smpe tiduran mati gaya main hp bosen buku uda selesai dibaca jadinya tidur hahaha..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama banget mbak. Saya juga pernah mati gaya karena pesawat delay. Di Balikpapan juga sih dulu waktu bandara yang lama. Bosan banget. Sayang dulu belum ada yang seperti ini masih bandara lama :D

      Hapus
  4. waahh bandaranya keren banget ya di sana mbak. paling suka memang kl ada bandara yg banyak fasilitasnya jd kalu delay pesawat jd ngak bete ehehehhe

    BalasHapus
  5. Aduh mbak, mendadak mata saya jadi semakin ijo nih liat reading corner yang senyaman ini hehe. Semoga saja di Juanda ada fasilitas serupa suatu hari hehe.

    www.extraodiary.com

    BalasHapus
  6. iiih lucunya reading corner ini. Seandainya bandara-bandara lain juga begini ya mbak, pasti gak mati gaya kalo pas nunggu apalagi misalnya pesawat pas delay

    BalasHapus
  7. Keren banget Bandaranya sudah lengkap kayak gitu, nggak bakalan bosan walaupun delay... Semoga suatu saat saya bisa kesini..xixix

    salam kenal ya mbk, mari berkunjung ke blog saya.
    saya sudah follow blog mbk, di tunggu follow baliknya ya mbak. hehehe

    BalasHapus
  8. Kalau ada pojok baca seperti ini, saya juga kadang gak tahan selalu pengen tau dan mampir. Btw pojok bacanya kok sepi gitu sih.... Emang gak ada pengunjungnya za..

    BalasHapus
  9. Keren euy, semestinya tempat tempat umum seperti ini sudah ada reading cornernya ;)

    BalasHapus

Terima kasih sudah memberikan komentar di blog saya. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menyaring komentar spam ^_^