Selasa, 04 September 2018

Fenomena Buku Home Cooking ala Xander's Kitchen


Dulu saya ternasuk tipikal orang yang berpikir "Ih, ngapain sih beli buku resep? Udah harganya mahal paling resepnya juga gitu doang. Rasanya belum tentu cocok juga sama kita dan tidak menjamin enak." 

Gitu deh pikiran saya dulu. Buku resep memang harganya biasanya di atas novel yang sering saya beli. Hal ini karena kertas yang digunakan juga nyaris semua halaman berwarna. Jadilah buku resep tidak ada dalam daftar buku yang ingin saya beli. Saya punya dua buku resep sebelumnya, satu dari hadiah lomba, dan satu lagi karena diskon dengan harga yang sangat murah.

Namun, semua berubah sejak di IG heboh tentang buku Home Cooking ala Xander’s Kitchen. 100 lebih resep hits di Instagram. Kalau yang sering mampir di toko buku besar dan perhatiin bagian best seller pasti tahu deh ya sama buku ini yang lama menduduki rak-rak best seller. Entah deh sekarang udah cetakan ke berapa, sementara yang saya punya ini cetakan keempat.


Selain fenomenal dan best seller-nya itu saya juga tertarik sama buku ini karena testimoni dari yang sudah mencoba. Katanya enak. Kabarnya mudah banget bikinnya. Bahannya gampang ditemukan, juga resepnya itu simpel tapi sedap. Namanya juga orang malas ya, maunya masak simpel tapi enak. Wkwwkwkwk....

Saat buku ini datang, saya tidak serta merta bisa mempraktikkannya karena ngintilin suami dinas ke Jakarta dan ngekost di Benhil. Tapi buku ini saya bawa. Jalan-jalan deh bukunya dari Kaltim - Jakarta - ikut saya mudik ke Kalsel - ke Jakarta lagi - trus deh saya titipin ke suami yang duluan balik ke Kaltim sementara saya mudik lagi ke Kalsel. Hahaha....

Setelah balik ke Kaltim, saatnya mencobaaaa....
Resep Mie Goreng Jawa dari Buku Xander's Kitchen

Yang saya coba pertama itu Mie Goreng Jawa. Resepnya mayan simpel sih kalau menurut saya. Tinggal haluskan 3 siung bawang putih, 5 butir bawang merah, 2 butir kemiri serta 1 sdm ebi. Rasanya enaaaak... tanpa kaldu-kalduan dan tanpa banyak bahan saos-saosan. Cuma pakai kecap manis yang diaduk ke mie sebelum digoreng. 

Yang kedua saya coba itu cah buncis telur. Nah, saya agak ragu awalnya nyoba resep ini karena simpel banget sih resepnya. Cuma bawang putih doang yang dimemarkan bumbunya. Ditambah buncis dan telur serta garam, gula, dan air secukupnya. Enak tidak ya? Saya bertanya-tanya. 
Resep Cah Buncis Telur Xanders Kitchen. Sederhana tapi nikmat

Dulu-dulu kan saya kalau bikin tumis buncis telur itu pakai bawang merah, bawang putih, trus cabe-cabean juga. Tapi, bismillah coba juga sesuai resep. Dan ternyata di luar dugaan saya enak sekali. Asyik dong ya. Bumbu minimalis, tapi rasa maksimalis. 

Resep cah buncis telur ini sungguh mematahkan anggapan saya kalau makanan enak itu harus banyak bumbu. Buktinya yang ini bumbu dikit tapi enak. Wkwkwk... Baiklah, saya jadi paham kenapa kemudian banyak orang menyukai buku resep Xanders Kitchen ini. Ketika saya cerita ke teman-teman tentang cah buncis telur ini, teman-teman juga pada coba bikin dan mereka sepakat kalau resepnya emang jitu walau cuma pakai dua siung bawang putih. 

Sekarang saya jadi semangat mau coba resep-resep lain di buku itu. Kemarin sih coba resep Nasi Goreng Kampung tapi tidak terlalu istimewa banget. Kata suami, sepertinya nasinya kebanyakan jadi saya ngaduknya tidak merata dan penyebaran bumbunya jadi tidak merata. Hahaha.. Maklum ya, ngabisin nasi di rice cooker. Wkwkwk.. Walaupun resepnya udah dikali dua, tapi wajan saya kecil jadi ngaduknya tak sempurna. Kapan-kapan mau nyoba lagi deh. 
koleksi buku resep

Teman-teman suka koleksi buku resep juga ga sih?

12 komentar:

  1. Cocok untuk ibu-ibu yang ingin nambah ilmu tentang memasak :))

    BalasHapus
  2. Yesss,,skrg aku juga suka bikin tumisan dg bawang putih doank��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan enak na lah. Tapi paling juara buncis telurnya pang. Mungkin karena aku suka buncis jua..

      Hapus
  3. kok jadi penasaran sama bukunya y mb hehehe aku juga tim yg suka bumbu banyak pdhl rasanya begitu doank wkwkwk cuss ah cek bukunya di tokbuk online

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ideeem mbak. Hahahaa... saya banyak bumbu tapi rasanga gitu-gitu aja

      Hapus
  4. banyak respe praktis di sana ya, Mbak. Cocok nih buat menu harian :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak. Resep-resepnya emang menu harian dan menu rumahan :-)

      Hapus
  5. Jadi 'buku pintar' masak..🤭

    BalasHapus
  6. Wow, aku mau cobain mire goreng jawa, cara bikinnya simple dan enak. nah itu yang penting mbak, nggak pakai micin. mungkin ebi nya yang bikin gurih , cobain

    Ahhh, jadi pingin orak arik buncis juga, dan cuman bawang putih doang, ahhh dibuat pensaran. must try...

    BalasHapus
  7. Aku juga seneng resep2 nya di Xanderkitchen ini simple dan banyak variasi. Ngikutin dari IG dan cookpad nya, pas dia launching buku ga pake lama lah lgs borong juga hahaha

    BalasHapus

Terima kasih sudah memberikan komentar di blog saya. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menyaring komentar spam ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...