Rabu, 28 November 2018

E-wallet& Pembayaran Digital: Amankah?



Suatu hari saat mengantri di kasir sebuah toko, saya pernah mendapati seseorang membayar dengan e-wallet. Pembayaran jadi lebih cepat dilakukan. Teman-teman pernah menyaksikan atau melakukan hal yang sama?

Dewasa ini, pembayaran berbasis digital semakin marak. Dengan semakin maraknya pembayaran berbasis dompet digital, mungkin pernah terbersit pertanyaan, apakah hal tersebut aman atau tidak, bukan? Ayo ngaku!
Foto dari Pixabay


Well, seiring dengan perkembangan jaman yang diikuti kemajuan teknologi di semua bidang, inovasi dibutuhkan untuk mengikuti perkembangan teknologi dunia di berbagai bidang, termasuk keuangan. Saat ini penggunaan e-wallet dan pembayaran cashless digital sudah begitu luas dipakai di masyarakat. Nah, apakah penggunaan uang digital ini aman?

Jawabannya tentu saja aman!


Teknologi yang melatarbelakangi terciptanya dompet digital seperti Traveloka PayLater, Dana dan masih banyak lainnya semakin memudahkan masyarakat dalam bertransaksi sehari-hari.

Cukup dengan scan barcode atau pilih pembayaran lewat aplikasi, kamu sudah bisa beli ini itu tanpa harus mengeluarkan uang secara cash. Dari segi keamanan e-wallet, transaksi selalu harus mencantumkan PIN untuk memproses pembayaran yang akan dilakukan. Karena cuma kamu yang tahu PIN e-wallet kamu, maka penyalahgunaan akun bisa diminimalisir.

Dengan e-wallet kamu pun bisa jalan ke mall atau nongkrong bersama teman tanpa harus membawa uang cash terlalu banyak. Tinggal pesan secara online, bayar online atau tap di mesin reader yang tersedia kamu sudah bisa menikmati berbagai produk dengan mudah.


Ada banyak keuntungan yang bisa kamu rasakan dengan menggunakan e-wallet dan pembayaran digital dalam kehidupan sehari-hari.

1.      Transaksi Lebih Cepat

Sistem pembayaran digital tentu membuat pembayaran transaksi lebih cepat dan juga praktis, jauh lebih cepat dari pembayaran tunai. Kamu tinggal tekan tombol bayar atau tap kartu di mesin yang tersedia, tak perlu buka-buka dompet dan yang terpenting tidak perlu menunggu kembalian! Karena semua tagihan dibayar sesuai nominal belanja kamu, maka tidak akan ada tuh yang namanya kembalian diganti permen atau disumbangkan untuk organisasi tertentu. Jalur antrian di kasir pun bakal lebih cepat sehingga mempercepatflow jual beli di merchant.

2.      Pasti Aman

Memang tidak ada sistem yang sepenuhnya bebas dari kejahatan dan fraud, termasuk pembayaran digital. Namun untuk mencegah hal ini pemerintah sudah meluncurkan GPN (Gerbang Pembayaran Nasional) yang memproses semua data transaksi di dalam negeri. Selain itu ada juga penambahan PIN untuk mengamankan transaksi dan untuk belanja di e-commerce pun biasanya sudah dilengkapi dengan sertifikasi SecureSocket Layer (SSL) yang akan menyembunyikan informasi pribadi kamu dari pihak ketiga yang mencoba mencuri data.

3.      Berkontribusi Bagi Perkembangan Ekonomi Nasional

Sebagai anak muda, ternyata kamu bisa lho mendukung yang namanya perbaikan ekonomi nasional dengan menggunakan pembayaran digital! Menurut Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo, penggunaan pembayaran digital di Indonesia mendorong pertumbuhan ekonomi nasional hingga 7% di 2017. Angka ini diprediksi akan terus bertambah mengingat promosi penggunaan pembayaran cashless dan digital begitu gencar dilakukan di 2018 ini.

Pemilik bisnis juga diuntungkan dengan adanya sistem pembayaran digital ini, jadi win win solution antara konsumen dan produsen bukan!


Jadi buat kamu yang masih belum begitu memakai e-wallet maupun pembayaran digital karena meragukan keamanannya,jangan lagi deh! Pemerintah juga sudah memiliki regulasi jelas mengenai sistem pembayaran digital ini dan bukan cuma Indonesia yang sudah menerapkan sistem pembayaran ini. Banyak negara di dunia yang juga sudah menggunakan pembayaran digital untuk mempermudah transaksi di negaranya.

Dan diprediksi pembayaran digital akan jadi salah satu jenis pembayaran yang paling banyak digunakan di masa depan. So, mari buat diri kamu lebih familiar dalam menggunakan layanan ini agar bisa menikmati berbagai produk dan layanan serta promo menarik di masa depan menggunakan pembayaran digital.

1 komentar:

  1. Aku belum punya e-wallet sih, makanya pas mau Bikin Ovo aku agak ragu-ragu apakah aman transaksi pakai OVO, pas banget baca postingan ini aku jadi nggak ragu lagi buat transaksi pakai e-wallet..

    BalasHapus

Terima kasih sudah memberikan komentar di blog saya. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menyaring komentar spam ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...