Menanti Big Bad Wolf Balikpapan, Pertama di Kalimantan


         
BBW Balikpapan 1-10 November 2019
 Sekitaran awal tahun kalau saya tak salah ingat, beredar sebuah sebaran yang menyebutkan kalau Balikpapan menjadi salah satu kota yang akan diadakan Big Bad Wolf  Book Sale (Selanjutnya disingkat BBW). Acaranya tersendiri saat itu dijadwalkan tanggal 30 Agustus – 9 September 2019.

Pengumuman yang bikin berbunga-bunga

Beberapa teman mengaku sudah sangat menunggu-nunggu acara tersebut, menunda membeli buku, menabung demi budget membeli buku saat BBW. Saya pun menunda jadwal mudik ke kampung halaman karena tak ingin melewatkan acara tersebut. Ternyata pengumuman dari Instagram bbwbooks_id selaku Official Big Bad Wolf Indonesia malah menyebutkan di tanggal yang seharusnya menjadi event untuk Balikpapan malah diadakan di Medan.

              Beberapa teman mulai mempertanyakan, jadi tidak sih BBW datang ke Balikpapan?

            Ternyata JADI. Hanya waktunya saja yang diubah, dan tak terasa Big Bad Wolf Balikpapan pun sudah di depan mata. Acaranya sendiri akan diadakan di Dome Balikpapan Sport and Convention Center pada tanggal 1-10 November 2019. Dimulai dari Pukul 08.00 – 24.00. Dipilihnya Dome menjadi tempat penyelenggaraan Big Bad Wolf sesuai dugaan saya. Sebelumnya saya sempat memikirkan, di mana kiranya BBW akan diadakan jika bertandang ke Balikpapan? Mungkin Dome, pikiran saya menjawab. Ternyata memang benar ada di situ.

              Apa itu Big Bad Wolf Books?

              Bazar Buku Big Bad Wolf pertama kali diadakan di Kuala Lumpur pada tahun 2009. Buku-buku yang disediakan merupakan buku-buku baru yang dibeli langsung dari para penerbit international yang kemudian dijual ke seluruh penjuru dunia dengan diskon 60-80%. Di Indonesia sendiri, BBW tahun ini diselenggarakan di tujuh kota. Smeentara Balikpapan menjadi kota keenam terselenggaranya Big Bad Wolf. BBW pertama kali datang di Pulau Kalimantan di tahun ini, dan kota yang terpilih adalah Balikpapan.

              Menurut Ibu Uli Silalahi, Presiden Direktur Bazar Buku Big Bad Wolf Indonesia, ada tiga kota yang menjadi pilihan kala ingin membawa Big Bad Wolf ke Pulau Kalimantan, yaitu Banjarmasin, Samarinda, atau Balikpapan. Dengan beragam pertimbangan, Balikpapan kemudian menjadi yang terpilih. Duh, aku bangga…..
Buku-buku yang bisa dibeli di BBW Balikpapan

              Berdasarkan survei yang dilakukan oleh UNESCO pada tahun 2012, persantase minat baca masyarakat Indonesia hanya 0,01 persen, artinya dari 10.000 orang Indonesia, hanya satu yang senang membaca. Karena itulah Bazar buku Big Bad Wolf ingin terus bergerak meningkatkan literasi di Indonesia, mengajak masyarakat agar lebih gemar membaca buku. Meningkatkan minat baca dan mencerdaskan bangsa. Minat baca itu dapat terwujud jika diberikan akses terhadap bacaan yang bermutu dan berkualitas.
Kebiasaan membaca dimulai dari kecil

              Buku-buku yang akan dihadirkan di Big Bad Wolf Balikpapan tersedia buat semua usia dan kalangan. Pada saat konfrensi pers acara Big Bad Wolf Balikpapan, pada hari Kamis, 24 Oktober 2019, Ibu Uli Silalahi sempat bertanya secara acak kepada peserta buku genre apa yang mereka suka, dan selalu dijawab ibu Uli semua ada. Namun, walaupun menghadirkan beragam jenis genre untuk semua usia dan kalangan, BBW tetap punya saringan untuk buku-buku yang dijual. “Semua buku berdasarkan norma dan etika serta tidak melanggar Pancasila,” ujar Ibu Uli.
Memperkenalkan isi samudera pada anak

              Beragam jenis buku yang bisa kita dapatkan di BBW mulai dari seni, budaya, novel, fiksi, romance, sastra, grapchic novel, bisnis, arsitektur, memasak, fashion, dan masih banyak lagi. Buku untuk mengasah keterampilan motorik pada anak seperti activity books, sticker books, sound books, board books, pop-up books, juga dapat dibawa pulang dengan harga yang sangat terjangkau.
Buku ajaib

              Selain itu juga akan ada yang namanya Buku Ajaib, yaitu buku yang menggunakan teknologi Augmanted reality (AR) yang merupakan terobosan baru dalam menjadikan cerita dan pembelajaran lebih interaktif serta mengembangkan imajinasi anak-anak. Buku ajaib itu nantinya dibantu dengan aplikasi di ponsel yang bisa diunduh dengan gratis. Lewat aplikasi tersebut anak-anak diajak membaca, belajar, bermain, dan berinteraksi dengan karakter kesayangan, seperti mewarnai halaman, menemukan objek tersembunyi, menikmati berbagai kreasi animasi, musik, dan masih banyak lagi.
Buku Ajaib Ayo Shalat BBW Balikpapan

              Ada 17 judul buku ajaib yang bisa dipillih, mau semuanya juga boleh. Hehehe… Dari 17 buku itu, 15 buku berbahasa Inggris dan 2 buku berbahasa Indonesia, yaitu edisi Ayo Solat – Alif untuk laki-laki dan Sofia untuk perempuan. Ada semuanya di Big Bad Wolf Balikpapan? Ada dong.

              Selama 10 hari Balikpapan akan dimanjakan dengan kehadiran buku-buku dari penerbit internasional. Persantasenya antara buku internasional dan local yaitu 80 : 20. Jadi, di BBW nanti ada 80% buku internasional, dan 20% buku dari penerbit lokal. Kapan lagi kan kita bisa mendapatkan dengan mudah buku-buku luar negeri.

              Ibu Uli Silalahi menyebutkan kalau penjualan bukan merupakan target utama dari BBW yang beliau dan tim adakan di Balikpapan. Target yang ingin beliau capai justru jumlah pengunjung yaitu 200 ribu pengunjung. Yang penting datang, kata beliau. Urusan beli itu nomor tiga.

              Jadi, yang paling penting pertama itu adalah datang, kedua membaca, di dalam sana kita bebas membaca buku. Yang ketiga baru beli. Datang tanpa membeli, ya tak mengapa, yang penting datang dulu dan semoga ada rezeki buat membeli. Hehehe….
Bersama teman-teman di acara Konfrensi Pers BBW Balikpapan. Kami siap menyerbu sarang serigala

              Satu hari sebelum acara digelar, yaitu pada tanggal 31 Oktober 2019, ada akses masuk lebih dulu ke Big Bad Wolf Book Sale Balikpapan 2019. Acara ini khusus untuk undangan dan mereka yang dapat preview pass di mana pendaftarannya kemarin sempat dibuka di Instagram. Alhamdulillah semua yang hadir pada acara konfrensi pers kemarin dapat preview pass juga. InsyaAllah saya dan teman-teman akan ke BBW pada 31 Oktober 2019. Nantikan cerita kami yaaaa….
Preview Pass BBW Balikpapan

            Terakhir, seperti yang kita tahu kalau kota Balikpapan ada program dari pemerintah kota yang sedang berupaya mewujudkan Balikpapan menuju bebas sampah plastic, jadi kepada para pengunjung yang mau datang jangan lupa siapkan tas sendiri dari rumah yaaa. Bawa koper boleh, ransel boleh, tas tenteng biasa juga boleh. Asal buku yang dibawa keluar kudu dibayar dulu. Ya iya lah para pecinta buku pasti sudah tau hal ini.

           Sampai jumpa di Big Bad Wolf Balikpapan pada tanggal 1-10 November 2019 di Dome Balikpapan Sport and Convention Center.

Tidak ada komentar

Terima kasih sudah memberikan komentar di blog saya. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menyaring komentar spam ^_^