Senin, 12 Juni 2023

Memasang Kitchen Set Aluminium Composite Panel (ACP) di Balikpapan

 

Setiap kita pasti punya bayangan akan rumah impian. Dari pagar sampai teralis. Dari halaman sampai dapur.  Dapur impianku sebenarnya sederhana saja, aku pengin punya dapur minimalis dengan kitchen set yang fungsionalis. Maksudnya berfunsi dan memudahkan pekerjaan dapur.

Dari dulu tertarik dengan kitchen set yang bukan hanya sekadar lemari. Tapi ada laci-laci dan rak piring tarik juga tempat gas yang bisa ditarik. Selain itu pengin yang awet. Tak sekali dua kali aku mendapati cerita kalau kitchen set terutama di bagian sink yang japuk atau rapuh karena sering terkena air.  Nah dapurku ini juga sekalian buat cuci piring dan berfungsi sebagai dapur tunggal. Tidak ada dapur lain, cuman satu. Jadi bahan apa sekira yang awet?

 

Kira-kira beginilah desain yang kuinginkan

Memilih Bahan

Selama hampir satu tahun penggunaan dapur, Alhamdulillah di bagian pipa pembuangan air di sink aman sentosa. Todak ada rembes atau bocor. Selalu kering. Cuman setelah aku mengamati kebiasaanku cuci piring ternyata lumayan bar-bar juga. Seringnya air ciprat sana sini. Jadi bahan apa yang awet?

 

Suasana dapur sebelum dipasang kitchen set

Aku pun jadi perhatian sama kitchen set orang-orang. Kan bertebaran tuh banyak inspirasi kitchen set di media sosial. Sempat juga terpikir buat bongkar total dapur biar bisa sekalian karena sebenarnya aku agak kurang sreg dengan keramik di dapur bawaan developer ini juga sink yang standar sekali.

 Baca juga : Berapa Harga Rumah di Balikpapan?

Cuman pas aku survei di beberapa vendor, budget untuk rombak total lumayan juga. Wkwkwk... Bisa sih insyaAllah tapi tidak sekarang. Harus nabung dulu. Tapi kok pengin cepat bagian bawah dapur diberesin. Biar kada rungkang alias berlubang. Jadilah alternatif kedua dipilih. Pakai yang seadanya cuma dibikin kabinet di bawah. Lagian kata laki, itu granit juga loh top table mejanya. Ya iya juga sih ya... Wkwkwk...

 

Setelah melalui drama kegaluan soal kitchen set ini, juga melewati diskusi panjang dengan suami plus curhat dengan Ina, akhirnya aku memutuskan buat cari vendor yang bisa pasang kitchen set aluminium saja. Di video tiktok, sering lewat di FYP kitchen set berbahan alumunium. Ada ga sih yang bisa pasang kitchen set aluminium atau kitchen set ACP di Balikpapan?

 

Vendor Kitchen Set Aluminium atau Kitchen Set ACP Balikpapan

Mencari vendor kitchen set aluminium ini tak semudah yang bahan finishing HPL di mana mudah sekali menemukannya di Instagram. Sudah ku-googling, cari  di instagram dan tiktok tapi tidak ketemu. Ketemunya malah di jalan yang biasa aku lewatin di mana tulisannya melayani pembuatan kitchen set tanpa tahu 'riwayat' hasil kitchen set-nya bagaimana.

 

Proses pemasangan

Sebenarnya ada dua yang aku incar buat pembuatan kitchen set ini. Yang akhirnya jadi, Alhamdulillah yang dekat rumah. Ketika dihubungi di WA sangat cepat sekali responnya dan langsung janjian ketemu buat diskusi desain yang kuinginkan.

 

Ketemu Vendor

Aku, suami dan bapak vendor janjian ketemu di showroom beliau. Tadinya aku mau kaca, tapi bapaknya bilang lebih baik bahan ACP. Nah sebenarnya aku juga pengin bahan ACP itu tapi tidak tahu namanya jadilah seperti pucuk dicinta ulam tiba. Udah bener nih bahan ACP yang kumaksud.

 

ACP sendiri singkatan dari Aluminium Composite Panel, perpaduan dari bahan aluminium dan composite. Untuk desain, aku desain sendiri. Dapur adalah daerah kekuasaanku jadi aku yang paling tahu apa yang kubutuhkan. Kira-kira desainnya seperti ini.

 


Dua rak piring tarik, satu rak buat bumbu dan botol-botol serta tiga laci rencananya buat naruh semacam sutil, bahan masakan, dan alat-alat yang dibutuhkan di dapur. Sementara di bagian bawah sink dibiarkan kosong. Tadinya mau bikin rak wajan dan panci tarik juga. Tapiiii karena jangka panjangnya aku mau ganti alat masak stainless atau cast iron jadi kuurungkan punya rak wajan tarik. Dua bahan yang kuinginkan itu berat ya takut tidak kuat menopang. Jadi, dibikin kosong aja ntar kubeli aja rak buat dibawah sink itu buat organizer perpancian dan perwajanan. InsyaAllah.

Untuk tabung gas sendiri, aku batal memakai penyimpanan tabung gas yang ditarik. Akhirnya aku memilih melubangi sedikit bagian dapur yang tembus ke bagian belakang rumah. Jadinya tabung gas kutaruh di belakang rumah. Kata Pak Tukang yang membantu melubangi dapurku lebih aman juga insyaAllah kalau tabung gas diletakkan di bagian belakang. Kada takuhup dalam lemari.

 

Tabung gasnya di belakang dapur

Pengukuran Kitchen Set Aluminium atau Kitchen Set ACP di Balikpapan

Setelah sepakat dengan desain dan perkiraan harga, bapaknya pun kemudian datang ke rumah buat pengukuran. Bapaknya bilang karena dapurku itu mejanya cor dan dari tembok dindingnya maka permasalahannya adalah ukurannya yang tidak rata.

Ada drama sedikit di pengukuran ini yang membuat aku resah gimana ya hasilnya tapi  Alhamdulillah happy ending aja sih. Intinya harus diukur sedemikian rupa dan dengan seksama buar tidak kerja dua kali. Hehehe...

 

Pemilihan Warna Kitchen Set Aluminium atau Kitchen Set ACP di Balikpapan

Sebenarnya aku juga galau di bagian ini karena dapurku ini warnanya emang agak tidak matching antara top table, warna lantai, dan keramik dindingnya. Makanya sempat ada opsi mau bongkar total. Warna keramik dindingnya kan bermotif kotak-kotak abu putih gitu, eh top tablenya warna agak creamy gitu. Kompornya warna hitam, sinknya silver. Tabrak-tabrak kan ya.

Bersama suami sepakat kalau tone warna di rumah adalah abu-abu putih, jadi lah penginnya kitchen set warna grey. Udah milih nih dari katalog yang dikasih, eh taunya bahannya kosong. Wadidaw... Akhirnya bahan seadanya aja deh dan dipilihlah warna putih. Agak tidak puas sih karena warna yang diinginkan kosong tapi kata suami enggak papa. Kalau enggak puas kita tempeli stiker. Wkwkwk...

Sewaktu pembuatan kitchen set ini, aku juga menonton youtube-nya Kimbab Family di mana mereka juga merenovasi dapur. Ada satu perbincangan Appa Jay dan Mama Gina kurang lebihnya begini tentang renov dapur yang memakan banyak biaya tapi hasilnya tidak sepenuhnya memuaskan jiwa. Jadilah aku membesar-besarkan hati, tidak apa-apa kalau 100% tidak memenuhi apa yang diinginkan hati. Yang penting rasa syukurnya 100%.

 

Pemasangan Kitchen Set Aluminium atau Kitchen Set ACP di Balikpapan

Proses Pengerjaan dan Pemasangan Kitchen Set


Setelah dua pekan, akhirnya masuklah ke proses pemasangan. Bapaknya sudah datang dari jam 9 pagi. Memulai proses pemasangan. Istirahat jam 12 sampai jam 1 siang kemudian lanjut lagi. Selesai waktu adzan ashar berkumandang atau sekitar jam 15.30.

Seperti yang aku ceritakan di atas, proses pengukuran  agak  ada dramanya sedikit. Jadi, sebenarnya aku sudah menurunkan ekspektasi akan hasilnya. Apalagi pas melihat bongkahan kitchen set itu datang yang bikin menghela napas. Kata suami kaya rombong bakso. Wkwkwk .. aku setuju sih. Tapi pas dipasang Alhamdulillah aku puas sekaliiii....

Hasilnya rapi dan ya enggak jelek-jelek amat dalam pandanganku. Alhamdulillah dah pokoknya bikin aku bersyukur sekali. Rencana buat pasang stiker biar warna senada putih semua pun kuurungkan untjk sementara. Aku puas saja dengan kitchen set rombong bakso ini. Bahan ACPnya bagus dan tebal. Tidak terlalu berisik juga saat di buka tutup.

 

Dari desain awal, rak botol dan bumbu dipindah ke bagian tepi kanan

Berapa Harga Pembuatan Kitchen Set Aluminium atau Kitchen Set ACP di Balikpapan?

Waktu aku tanya perdana, bapaknya bilang kalau harganya 1,2 meter. Tapi kalau untuk laci katanya 250. Mungkin per laci kena 250. Intinya sih aku ngasih ukuran dan desainku kemudian bapaknya hitung hingga keluarlah angka 4,3 juta buat keseluruhan. Sudah termasuk rak piring dan lain-lain. Terima beres di angka 4,3 juta itu. Aku pun langsung setuju.

 

Pengalaman Memasang Kitchen Set Aluminium Balikpapan

Di Mana Bikin Kitchen Set Aluminium atau Kitchen Set ACP di Balikpapan?

Aku bikin di Asgar Aluminium. Lokasi showroom-nya di Kampung Timur. Cari aja di google Asgar Aluminium. Dari google map juga ketemu nomor hape bapaknya yang fast respon saat dihubungi.

 

Jadi, itulah cerita kitchen set. Masih menyisakan PR buat kabinet atas. Aku masih menimbang mau bahan ACP lagi atau yang finishing HPL. Mau yang full sampai plafon, atau perpaduan dengan ambalan di beberapa sudut. Yang harus pertama dilakukan sembari memikirkan hal-hal yang kugalaukan itu adalah ngumpulin duitnya dulu. Wkwkwk….

4 komentar:

  1. Kitchen set itu bikin dapur rapi dan praktis, tapi untuk pemasangannya ini yang agak rumit. Banyak orang menggunakan jasa pemasangan atau memanggil tukang untuk ini. Ternyata ini bisa dipasang sendiri dan mudah caranya. Terima kasih informasinya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak. Bikin dapur rapi dan praktis. Tapi ini ga masang sendiri, pakai tukang juga dan pemasangannya cukup ribet. Ga mudah. Hehehe...

      Hapus
  2. Mau tanya kak, untuk warna pinggiran lemarinya memang warna aluminium alias silver gitu ya? gak bisa di request warna gitu misalnya putih juga biar disamakan dgn warna pintu lemarinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga ada stok warnanya kemarin itu, Kak :') Padahal emang mau sewarna aja :')

      Hapus

Terima kasih sudah memberikan komentar di blog saya. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menyaring komentar spam ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...