Selasa, 03 Agustus 2010

Ada Harga yang harus dibayar?

Semenjak jadi hantu kuis, dan mendapati berbagai buku kemudian terbang ke rumah, saya mersa riang gembira dan selalu ingin mengikuti setiap kuis. Terlebih kalau syaratnya gampang banget, misalkan tinggal ganti PP atau cuman upload cover buku tersebut dan ngetag teman2. Simpel. Tinggal nunggu pengumuman.

Namun, di suatu ketika saya tergugu, dan mempertanyakan. Benarkah ada harga yang harus dibayar? maksudnya gini.. waktu saya ikutan salah satu kuis dan ngetag teman2, ada satu teman yang bilang ga mau ikutan kuis tersebut karena menang di kuis terdahulu dan belum sempat ngereview bukunya.

Saya pun mempertanyakan, bertanya pada diri sendiri sih.. apa memang harus di review? saya menyadari kalau pihak yang mengadakan kuis memang ingin promo buku tersebut dengan mengadakan kuis. Yah, itu dengan cara upload foto cover, dan ngetag teman2, itu kan juga bagian dari promo. Termasuk juga yang ganti foto PP itu. Tapi, ketika buku itu sudah di tangan kita, apakah kita juga harus atau setangah wajib ngereview buku tersebut?

Tak mendapat jawaban yang memuaskan dari diri sendiri saya pun bertanya kepada seorang teman :
"emang ada diminta review ya yan?" tanya teman saya itu.
"ya gak ada sih." jawab saya.
"ya sudah. Kalau ga ada ya enjoy aja yan. kalau bisa di review ya direview. kalau ga ya ga masalah."

Mendapat masukan dari teman itu, saya pun kembali riang gembira jadi hantu kuis. Dan Alhamdulillah... berhasil dapat beberapa buku. Di salah satu paket buku yang saya dapatkan, kemudian saya menemukan surat pengantar. Dan dalam surat pengantar itu ada kata-kata seperti begini : "Kami harap saudara dapat memberikan ulasan terhadap buku yang kami kirim."

Wadoh... artinya.. apakah memang ada harga yang harus di bayar, meski dapat gratis?

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Terima kasih sudah memberikan komentar di blog saya. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menyaring komentar spam ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...