Jumat, 29 Desember 2017

Tips Penting Bagi Kamu yang Hobi Pakai Jam Tangan Kayu

Jam tangan adalah aksesoris must have baik buat laki-laki ataupun perempuan. Selain buat menunjukkan waktu, benda ini juga menjadi bagian dari fashion. Kalau kamu penyuka hal-hal klasik dan unik, pasti udah nggak asing dengan jam kayu. Sesuai namanya, arloji ini terbuat dari kayu.

Aksesoris ini banyak digemari karena penggunanya akan terlihat elegan pada tangan. Selain itu, kayu yang dijadikan sebagai bahan dasar pun aman bagi tangan berkulit sensitif. Kalau kamu berminat menambah koleksi, cobalah pilih barang handmade. Alasannya, barang handmade lebih awet sebab dibuat satu persatu melalui ketelitian tingkat tinggi. Bisa juga dibilang, kualitas kontrolnya lebih baik.
Jam tangan kayu. Cakep ya..
Sumber gambar di sini

Alasan utama kenapa banyak yang suka dengan jam tangan kayu

Ada banyak alasan mengapa jam tangan kayu (qlapa) kian diminati, diantaranya:

Ramah Lingkungan. Saat ini, produk ramah lingkungan atau eco friendly semakin banyak dicari. Tentunya seiring meningkatnya kesadaran masyarakat akan lingkungannya. Kamu pasti sering melihat bagaimana limbah plastik bertebaran dan sulit didaur ulang. Sehingga orang-orang yang konsen akan hal ini banyak menyarankan untuk mengurangi penggunaan plastik. Dengan memilih produk berbahan dasar limbah kayu, artinya kita ikut berkontribusi mengurangi penggunaan plastik.

Aman untuk kulit tangan sensitif. Kalau tangan kamu sering mengalami ruam atau gatal-gatal saat menggunakan aksesoris berbahan logam. Ada baiknya beralih pada item berbahan kayu. Produk ini lebih aman untuk tangan berkulit sensitif, asal dirawat secara baik.

Eksklusif, Unik & Timeless. Jam kayu mampu menunjang penampilanmu agar tetap tampil eksklusif. Benda ini juga bersifat timeless, jadi bisa kamu pakai kapan saja. Tak diragukan lagi, kalau arloji bahan kayu akan membuatmu tampil unik dan menarik.

Berkarakter. Karena kekhasan warnanya, cocok dipakai ketika ingin tampil klasik dan berkarakter. Selain itu, jam kayu juga menunjukkan karakter orang anti mainstream yang biasanya berpenampilan beda dari orang pada umumnya.

Tips Tetap Stylish Pakai Jam Tangan Kayu

Memakai aksesoris berbahan dasar kayu seperti jam tak melulu membuatmu terlihat kuno kok. Kamu bisa tetap stylish dan kekinian. Ingin tahu bagaimana caranya? Simak tips berikut ya:

·          Padu padankan bersama pakaian yang kamu kenakan. Tentunya pakaianmu pun harus sesuai kondisi dan situasi aktivitasmu.
·          Hindari keadaan lembab. Sebab kayu akan lebih cepat rusak jika tenggelam dalam air.
·          Rawatlah jam kesayanganmu baik baik agar warnanya tidak kusam dan mengganggu penampilan.
·          Pilih jam kayu yang dipadukan dengan tali kulit untuk tampil elegan di acara formal.
·          Coba produk handmade lokal. Kualitasnya tak kalah bagus dibandingkan produk impor tapi harganya bisa lebih bersahabat.

Cara merawat jam tangan handmade agar tetap awet

Keawetan jam tangan handmade tergantung dari cara kita merawatnya ya, guys. Kalau nggak dirawat, apapun barangnya, apapun mereknya, tentu akan cepat kusam bahkan lapuk. Pastinya, nggak mau kan item kesayangan berumur pendek. Nah berikut beberapa tips agar tetap awet:
·          Hilangkan debu dan kotoran. Gunakan kuas atau sikat lembut untuk membersihkan bagian arloji yang memiliki lekukan atau detail tertentu. Pastikan kuasnya bersih ya.
·          Pakai Jeruk nipis. Jeruk nipis dipercaya mampu membuat permukaan jam menjadi mengkilap. Caranya campurkan jeruk nipis ditambah segelas air serta dua sendok minyak goreng. Celupkan lap bersih pada larutan tersebut lalu gosokkan pada permukaan alroji. Mudah banget kan?
·          Gunakan kemiri. Kemiri sangat bermanfaat untuk membuat tekstur produk lebih halus. Caranya cukup dihaluskan kemudian dibungkus dengan kain dan gosokkan pada jam.

Tata cara menyimpan jam tangan kayu handmade agar tetap terlihat estetik

Selain perawatan, penyimpanan jam tangan kayu handmade juga harus kamu perhatikan ya. Selain berfungsi untuk menjaga ketahanan juga bisa berfungsi secara estetis, misalnya sebagai berikut:
·          Menghindari dari terik matahari. Cahaya matahari bisa membuatnya mudah retak dan patah. Jadi simpanlah di tempat kering tapi nggak di bawah sinar matahari banget ya.
·          Gunakan kotak penyimpanan. Pastinya penjual menyertakan kotak sebagai tempat penyimpanan. Tapi pastikan kotaknya sering dibersihkan biar nggak kotor ataupun lembab.
·          Gunakan penyerap kelembaban. Kalau kamu tinggal pada daerah dingin atau lembab. Sebaiknya letakkan penyerap kelembaban seperti silica gel dalam kotak penyimpanan.

Kesimpulan setelah saya memakai jam tangan kayu dari marketplace handmade Indonesia

Kini ada banyak kemudahan untuk mendapatkan produk handmade hasil para pengrajin lokal. Salah satunya lewat marketplace online, Qlapa. Saya menemukan keunikan dari jam kayu ini dan senang bisa dengan mudah mendapatkannya lewat online.

Selain buat dipakai tangan sendiri, bisa banget dijadikan sebagai hadiah juga lho. Bahkan di beberapa tempat ada yang menjual custom tulisan atau pesan jam tangan couple bersama pujaan hati. Saat berbelanja online, kamu harus lebih berhati-hati ya. Pilih marketplace yang terpercaya dan melakukan kurasi secara teliti mengenai produk yang dijual seller. Akan lebih baik kalau produknya dijual langsung oleh pengrajinnya, agar harganya lebih bersahabat di kantong.



5 komentar:

  1. Temenku ada yang jualan jam tangan dari bambu. Unik bentuknya. Iya, qlapa memang jualan barang-barang buatan tangan unyu. Tapi harus hati-hati kalo lihat barangnya. Gampang tergoda barang lain yang keren-keren. Salam kenal, kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asli menggoda banget itu qlapa. Apalagi lihat segala tentang batik. Aduududu... bagus2 semuaaaaa... belum lagi tas2 kulit. Duh.. mupeeeng...

      Hapus
  2. corak serat kayunya itu yang bikin jam tangan kayu itu stylish banget
    belum pernah punya jam seperti ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbak Monda. Cakeeep yaaa. Saya juga suka banget nih lihatnya..

      Hapus
  3. Coba hobi jam tangan, dah langsung beli aja..hehe

    BalasHapus

Terima kasih sudah memberikan komentar di blog saya. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menyaring komentar spam ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...