Hari Blogger Nasional bersama Blogger Balikpapan


              Saya selalu mengingat kalau 27 Oktober adalah Hari Blogger Nasional, seperti mengingat 10 November adalah hari Pahlawan. Mungkin karena tanggalnya tepat sehari setelah ulang tahun kakak saya, jadi saya menjadi mudah mengingatnya. Tanggal itu pulalah pada tahun 2015 saya jadikan tanggal di mana saya memperkenalkan blog saya dengan domain sendiri yaitu hairiyanti.com di media sosial.

              27 Oktober dicanangkan sebagai Hari Blogger Nasional karena pada tanggal tersebut di  tahun 2007, Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Bapak Muhammad Nuh membuka Pesta Blogger, suatu kegiatan di mana para blogger berkumpul. Pada saat itu MENKOMINFO juga mencanangkan hari tersebut sebagai Hari Blogger Nasional.


            Setiap tanggal 27 Oktober, saya selalu merayakan Hari Blogger Nasional dengan cara saya sendiri. Bisa dengan mengenang kembali perjalanan ngeblog saya dari bikin blog di Friendster, Multiply, hingga kemudian punya domain sendiri. Bisa juga dengan menuliskan postingan atau status tentang perjalanan ngeblog tersebut. Walaupun sudah menghasilkan dua buku solo, dan beberapa tulisan saya terbit di media cetak, tapi saya lebih percaya diri menyebut diri blogger ketimbang penulis.
Rooftop Hotel Platinum Balikpapan

            Di tahun 2019 ini, perayaan Hari Blogger Nasional menjadi lebih spesial. Pak Bambang Herlandi, selaku Ketua Blogger Balikpapan, menginisiasi kegiatan untuk para Blogger Balikpapan di ‘hari raya’ para Blogger itu. Perayaan pun menjadi istimewa karena diadakan di Terrace Rooftop Lantai 11 Hotel Platinum Balikpapan. Selain memperingati Hari Blogger Nasional, kami juga diberi kesempatan untuk melakukan hotel tour. Menjelejahi setiap tipe kamar dan fasilitas lainnya di Hotel Platinum Balikpapan. Jadi, bisa lah kiranya acara hari itu bertajuk ‘Platinum Balikpapan Blogger’

          Setelah acara Hotel Tour selesai, para Blogger Balikpapan pun berkumpul di Terrace Rooftop Hotel Platinum Balikpapan, salah satu rooftop Balikpapan yang mempunyai pemandangan menakjubkan. Terletak di lantai 11, lantai tertinggi Hotel Platinum, sekaligus bangunan tertinggi sekitarnya membuat pemandangan kota Balikpapan disajikan begitu menawan memanjakan mata. 

Melihat Balikpapan dari ketinggian selalu membuat saya teringat akan kebesaran Allah dan betapa yang disampaikan lewat lirik lagu Hymne Balikpapan pada lirik ‘Terbentang indah dan menawan, antara hutan, bukit, dan lautan’ benar-benar sesuai dengan kenyataan.

              Acara di hari tersebut, selain kumpul-kumpul dan ajang pertemuan dengan sesama Blogger Balikpapan, juga dihadiri oleh Ibu Hj. Arita Rizal Effendi, yaitu istri dari walikota Balikpapan Bapak Rizal Effendi sekaligus Ketua DEKRANASDA Koa Balikpapan. Selain Ibu Arita, acara juga dihadiri oleh Kepala DISKOMINFO kota Balikpapan, Bapak Sutadi, S. Sos, MM dan Bapak Istia Budi, Kepala DILO Balikpapan.
Sambutan Dari Ibu Arita Rizal Effendi

           Pak Bambang Herlandi, dalam sambutannya memperkenalkan pada para tamu wajah-wajah para Blogger Balikpapan. Dengan kesibukan masing-masing, kami memang jarang sekali berkumpul kecuali pada event tertentu. Ke depannya, Pak Bambang berharap para Blogger Balikpapan bisa dilibatkan dalam memperkenalkan pariwisata, program-program kota, atau pun diadakannya lomba blog untuk memacu kreatifitas para Blogger Balikpapan. Apalagi ke depannya Balikpapan akan menjadi tetangga atau kota penyangga IKN (Ibu Kota Negara).
Bersama para Blogger Balikpapan

       Sebagai warga Balikpapan, khususnya sebagai seorang blogger, bagaimana kita mempersiapkan diri saat IKN atau Ibu Kota Negara berada di depan mata kita, yaitu di kota tetangga. Meningkatkan skill dan kreatifitas agar tak kalah bersaing dengan para pendatang yang nantinya akan menghuni Ibu Kota Negara.
Dinner di Rooftop Balikpapan

              Setelah shalat maghrib berjamaah, para blogger Balikpapan kembali berkumpul di Rooftop Hotel Platinum untuk sharing session. Sharing Session kali itu tampak meriah tapi santai karena sembari menyantap makan malam lezat dilatari pemandangan yang sangat indah dari lantai 11 Hotel Platinum Balikpapan.

Jumlah Blogger Balikpapan yang tercatat sebenarnya ada ratusan blogger, namun, maraknya media sosial beberapa tahun belakangan membuat para blogger jumlahnya semakin menyusut, atau blognya lama tidak di-update. Adanya acara-acara kumpul bersama ini diharapkan dapat memacu semangat lagi para blogger untuk lebih rajin dan semangat dalam ngeblog.
Sampai jumpa di event selanjutnya

             Acara hari itu ditutup dengan saling bersalam-salaman dan berpamitan antar peserta, beberapa di antaranya juga menyempatkan mengabadikan momen saat berada di Rooftop salah satu hotel bintang 4 di Balikpapan. Untuk menutup tulisan ini, walau sudah lewat satu minggu, izinkan saya mengucapkan : Selamat Hari Blogger Nasional ke-12 dari kami Blogger Balikpapan.

1 komentar

Terima kasih sudah memberikan komentar di blog saya. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menyaring komentar spam ^_^