2016 Reading Challenge

Berapa target buku yang ingin dibaca di tahun 2016?

Pertanyaan itu selalu hadir di setiap awal tahun semenjak saya bergabung di Goodreads. Beberapa hari yang lalu, saya juga menerima email notifikasi tentang hal ini. Kalau saya diminta menentukan target membaca saya di tahun 2016.

Tahun kemarin saya menargetkan membaca 75 buku. Tidak tercapai versi goodreads. Entahlah apakah tercapai atau tidak karena ada beberapa buku yang saya baca dan tidak saya laporkan ke Goodreads. Juga ada buku yang mau saya laporkan eh ternyata belum terdaftar di Goodreads. Pengin daftarin kalau lagi malas ya malas. Kalau lagi rajin ya saya daftarin.

Lalu, berapa target buku tahun ini?

Saya pun kemudian memutuskan 60 buku saja. Jangan memasang target terlalu muluk tapi akhirnya tak tercapai. Mending yang kira-kira bisa terwujud saja.


Mengapa 60 buku?

Asumsinya gini... Setahun ada 52 minggu. Jadi targetnya adalah membaca buku satu minggu satu buku. Tapiii... Ada beberapa buku dengan genre anak yang ingin saya baca. Di mana seperti yang kita tahu sebagian buku anak itu tipis, tulisannya tidak terlalu banyak karena ada ilustrasinya juga. Mengambil asumsi dari situ, jadi ada kemungkinan saya bisa membaca lebih dari satu buku dalam satu minggu. Ya sudah digenapkan saja jadi 60 buku.

Sebenarnya tahun ini saya pengin mengurangi membaca fiksi, pengin memperbanyak non fiksi. Err… dari tahun kemarin-kemarin sih penginnya gitu. Namun, di tahun ini, semoga saja bisa melahap buku-buku non fiksi di timbunan.

Duh, gara-gara nyebut timbunan jadi ingat timbunan buku juga. Ahahaha... Semoga tahun ini juga bisa memangkas timbunan secara signifikan. Juga mengurangi timbunan. Agak-agak tidak yakin saat bicara tentang mengurangi timbunan ini karena saya sedang dalam proses memesan 9 buku di tobuk OL langganan dan sedang ingin memesan beberapa buku lagi. Belum lagi ada buku yang datang ke tempat teman yang belum saya ambil. Artinya timbunan saya semakin tinggiiiiii….. Belum lagi buku-buku yang belum saya baca alias masih di timbunan. Jadiii... Mari semangat pangkas timbunan :D

 Ngarepnya sih bisa lebih dari 60 buku yang dibaca tahun ini. Semoga saja bisa ya. Untuk memotivasi target membaca tahun ini saya sengaja posting tentang target ini di laman khusus. Biar bisa diupdate buku apa saja yang sudah saya baca dan semoga ada reviewnya juga. Jadiii, bisa sekalian kasih link di laman ini biar tidak tenggelam oleh postingan lain.


Semangat Membaca ^_^

Tidak ada komentar

Terima kasih sudah memberikan komentar di blog saya. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menyaring komentar spam ^_^