Kamis, 14 September 2017

Saya (Malas) Ngeblog Lagi

Belakangan, saya sudah tidak terlalu sering lagi menulis di blog ini. Kenapa? Entah. Saya juga tidak tau persis apa penyebabnya. Bosan mungkin iya. Tapi mungkin alasan yang paling tepat saya tidak berusaha terlalu keras untuk membuat postingan baru di blog (Baca : Malas). Ya ampun, mau bilang malas aja berbelit-belit.

Sebenarnya dari pertengahan sampai akhir bulan kemarin, saya disibukkan dengan mengejar satu target tulisan. Pada saat itu godaan ngeblog sedemikian besarnya tapi saya tahan. Saya bilang ke diri sendiri, "Ayo fokus dulu." Dan setelah semua selesai, eh, ya kok ngeblognya tidak jalan-jalan juga.

Kehabisan ide? Saya rasa tidak. Ada banyaaaak sekali yang ingin saya tulis.

Ada beberapa yang sudah saya tulis. 
Mulai menulis, tapi kurang bahan, tulisan tidak selesai.
Sudah menulis, namun tidak ketemu finishing yang oke, urung diposting.
Tulisan selesai, tapi foto yang mendukung tidak ada, dan batal juga ditaruh di blog.
Tema-tema yang mau ditulis sudah di-list, tapi menulisnya tidak dimulai.


 Itulah beberapa hal yang saya alami. Seharusnya, saya menulis postingan tentang buku solo pertama saya yang terbit di akhir bulan kemarin. Judulnya Qiya dan Risha, si Detektif Cilik. 
Buku Solo Pertama Saya

Novel itu sudah bisa dipesan di penerbit, dan juga ada di IIBF kemarin.
Foto Qiya dan Risha di IIBF
Foto dari Kak Santi Artanti

 Dan insyaAllah tak lama lagi ada (atau mungkin sudah ada) di toko buku. Untuk pemesanan secara online bisa hubungi nomor WA : 081904715588. Saya menulis cerita di balik pembuatan novel itu tapi ada sesuatu yang membuat saya masih ragu buat mempublikasikannya. 

Beberapa waktu belakangan, di wall muka buku saya bertebaran ajakan untuk menulis setiap hari. Tergabung di satu grup dan menulis setiap hari. 

Pengin ikut? Iya. Tapi kemudian sadar diri kalau saya orangnya moody sekali dan tidak mau memaksakan diri menulis setiap hari. Iiih... bilang aja malas :p

Belakangan saya juga suka jalan di subuh hari. Saat hari gelap dan kemudian berubah terang. Sembari menikmati dinginnya udara pagi saya memikirkan banyak hal. Di satu kesempatan saya berpikir tentang blog ini. Kenapa tidak saya rutinkan saja menulis di blog ini? Tidak usah ikut grup tapi mendisiplinkan diri sendiri. 

Saya pun kemudian membuat rencana. Senin bicara tentang bulutangkis atau buku, selasa untuk ngobrolin tentang makanan, baik resep atau catatan wisata kuliner. Sementara di hari rabu, saya berniat memposting cerita bersambung dan akan ada setiap hari rabu. Siapa tahu ntar jadi novel. Di hari Kamis, akan ada sesi curhat. Jenis tulisan yang paling saya sukai karena laksana menumpahkan isi pikiran. Dan tiap jum'at, supaya berkah saya ingin menulis tema religi (walau pribadi jauh dari kesan religius).
Rencana Ngeblog

Akan ada banyak hal yang saya dapatkan jika bisa konsisten menulis seperti yang saya khayalkan itu. Tiap senin misalkan katika saya menargetkan menulis tentang buku atau bulutangkis, itu artinya saya akan 'memaksa' diri saya buat selesai membaca buku dan mengulasnya. Atau kalau tidak bicara tentang buku, maka saya ingin belajar menulis artikel tentang olahraga bulutangkis yang saya gemari (menontonnya).

Hari selasa ketika bicara masakan, kalau tidak ada bahan tulisan untuk wisata kuliner, maka saya akan memgusahakan ada resep yang saya coba. Membuat tampilan yang bagus di masakan tersebut agar layak fotonya ditampilkan di blog.

Sementara hari rabu, tentang cerita bersambung... itu keinginan yang sangat lama sekali. Berawal dari cerita Nurilla Iryani ketika saya membaca kisahnya menulis cerbung setiap rabu di blog. 

Kamis, saya bisa bebas curhat. Sementara jum'at, seperti mbak Nova, saya ingin menulis tema religi. Saya pribadi jauh dari sikap religius, tapi dengan menulis tema tersebut, saya ingin merajinkan diri untuk terus meng-upgrade ilmu agama saya yang sangat minim sekali ini. 


Tapi itulaaah... semua rencana itu masih berupa rencana. Saya tidak berani menjamin atau tidak berusaha terlalu keras untuk mewujudkannya (Baca : Malas). Walaupun saya memulai sesi curhat di hari ini dengam posting tulisan ini :D 

18 komentar:

  1. Emang ada masanya yach mbak. Tapi si mbak sudah nerbitin buku sendiri itu berarti sudah keren bangat mbak hehehehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak. Bener. Ada masa untuk segala kalau kata teman saya ngutip dari buku :-)
      Alhamdulillah, Mbak. Walaupun itu tulisan 2 tahun yang lalu baru diterbitkan :D

      Hapus
  2. aku pun sedang masa malas dan juga emang waktunya serta kondisi tak memungkinkan mba hahaha *alasan :p
    senangnya uda nentuin schedule blognya mba aku blm bisa masih malasss :D
    tapi mba uda kece badai menelurkan buku, tulisannya masuk majalah terus TOP bgt lah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu cuma rencanaaaa mbak. Hihihi... kenyataannya ya tetap aja malas. Hiks. Hiks... sekarang juga udah jarang karya dimuat mbak. Hiks.

      Hapus
  3. lanjut aja mbak, jangan berhenti nulis. Memang sih rasa malas itu adalah kendala terbesar bagi setiap kegiatan tapi jangan sampe nyerah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener. Malas itu musuh terbesar :-)

      Hapus
  4. Selamat buat bukunya ya, dan sama sih aku juga moody-an kalau mau nulis di blog dan rasanya sulit buat mendisiplinkan diri menulis tiap hari tapi kalau kita bisa melakukannya bener apa kata kamu, bisa bikin cerita bersambung itu menjadi sebuah novel. SEmoga rencana nulisnya tercapainya dan schedulenya bisa dijalankan...SEmangat terus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kenyataannya schedule nya hanya rencana mbak. Hiks.. hiks... tetap aja malas. Yuk kita semangat mbak :-)

      Hapus
  5. Kalau saya fokus nulis buku, kayaknya bakalan malas ngeblog mbak.
    Semiggu sekali ajalah ngurus blog itu (udah diniatin :P)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seminggu sekali udah syukur kalau saya bisa update, Mbak. Hihihi... ayo mbak Lidha. Nulis buku :-)

      Hapus
  6. Hahaha.. sama mba. Saya juga moody. Semoga ga berkelanjutan malasnya ya^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Iya nih mbak. Moody banget saya ini :-)

      Hapus
  7. Semangat ya mba.. Jadi mau nyari buku hehehehe.. Saya tertarik sekali menulis buku anak-anak hehehehe.. Salam kenal ya mba ☺☺

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal, Mbak. InsyaAllah bukunya ada di Gramedia :-)

      Hapus
  8. Duh, aku kalau bikin postingan bertema belum pernah dan kurang yakin bakalan konsisten. Apalagi kalau pas ada event maupun job review.
    Selamat untuk buku barunya ya Yanti :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasiiih Ivon.. aku pun itu hanya rencana, Von . Hihihi.. nyatanya tetap malas. Hiks

      Hapus

Terima kasih sudah memberikan komentar di blog saya. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menyaring komentar spam ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...