Jumat, 22 Januari 2016

Perjalanan Kemarin

Kemarin saya menempuh perjalanan antar provinsi Kalimantan Selatan ke Kalimantan Timur untuk kesekian kalinya. Karena perjalanan kali ini lewat udara, jadi sebelumnya saya mempersiapkan barang-barang yang akan dibawa dalam tiga tas.

Tas pertama adalah tas besar yang akan berisi pakaian dan beberapa barang lainnya. Tas besar ini rencananya akan ditaruh ke dalam bagasi pesawat. Jadi, barang-barang yang berharga tidak ditaruh di dalamnya. Tas kedua berupa ransel berwarna hitam. Ransel ini akan saya bawa ke dalam kabin pesawat. Isinya berupa laptop, tablet, dan beberapa barang lainnya. Termasuk mukena. Tas ketiga adalah tas tangan tempat saya menaruh dompet dan ponsel. Di dalamnya juga ada parfum wanita.

Selasa malam saat saya berada di rumah nenek saya dan ada beberapa anggota keluarga yang berkumpul di sana, saya pun berpamitan ke nenek.

"Berangkatnya malam ini, Nek (Selasa malam). Sampai rumah nanti hari kamis sore," pamit saya pada nenek.

Mendengar perkataan saya pada nenek, salah satu om saya terperangah. Beliau kaget karena perjalanan yang saya lakukan sangat lama dan panjang. Saya tertawa mendengar reaksi om. Hihihihi...

Selama itu kah perjalanan yang akan saya tempuh? Iya. Tapi.... Banyak mampirnya. Hehehee...

Jadi, saya memang berangkat selasa malam. Itu pun karena saya ingin nebeng dengan mobil om yang mau pulang ke Banjarmasin. Jadi, sekalian saja saya ikut serta buat nginap di rumah kakak saya di Banjarbaru. Karena untuk ke bandara Syamsuddin Noor lebih dekat dari Banjarbaru dibanding dari Banjarmasin. Jarak antara Barabai ke Banjarbaru sekitar 130 km atau kurang lebih 3 jam perjalanan.

Setelah menginap di rumah kakak saya semalam, apakah saya langsung bertolak ke bandara esok harinya? Jawabnya tidak.

Tiket yang saya beli untuk hari kamis, jadi hari rabu itu adalah kesempatan saya buat jalan-jalan di Banjarbaru. Banjarbaru adalah salah satu kota yang menjadi bagian penting dalam hidup saya. Selain karena kakak saya tinggal di sana, saya juga pernah menghabiskan waktu empat tahun untuk meraih gelar sarjana di kota tersebut.

Pada hari rabu saya janjian dengan seorang kawan baik di sebuah kedai ayam goreng. Kemudian sore harinya nongkrong cantik dengan kakak dan kakak ipar saya di sebuah cafe. Menikmati menu sabu-sabu yang baru pertama kali saya coba dan ternyata enak banget. Sabu-sabu makanan Jepang itu loh...

Saat nongkrong cantik itu, kakak ipar saya nyelutuk pengin nonton film di bioskop. Yang langsung saya setujui. Jadilah rabu malam kamu meluncur ke Banjarmasin buat nonton film karena di Banjarbaru belum ada bioskop. Setelah nonton kami pun ke satu daerah di Banjarmasin yang bernama Sungai Mesa. Menikmati wisata kuliner malam yaitu lontong orari. Setelah itu kembali ke Banjarbaru.

Esok harinya yaitu hari kamis barulah saya naik pesawat menuju Balikpapan. Membawa tiga tas yang sudah saya persiapkan. Salah satunya tas tangan yang berisi parfum wanita.

Di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan ada suami yang menjemput saya. Kami kemudian makan siang di salah satu rumah makan, membeli bebek goreng di salah satu rumah makan kemudian pulang ke Handil Muara Jawa, salah satu kota kecamatan di kabupatan Kutai Kartanegara. Dan akhirnya perjalanan mudik saya memang baru finish pada kamis sore. Jadiii... Perjalanan yang lama itu karena banyak mampirnya. Hehehe....

Sebenarnya kalau berangkat langsung tanpa nginap dan jalan-jalan dulu bisa ditempuh hanya dalam beberapa jam. Seperti perjalanan suami tahun kemarin dari Handil Muara Jawa menuju Barabai. Dia memulai perjalanan dari jam 6 pagi menuju bandara. Naik pesawat jam 9 pagi. Sampai di Banjarbaru sekitar jam 10 pagi. Mampir sebentar di Banjarbaru kemudian melanjutkan perjalanan lagi. Pukul 4 sore, suami sudah sampai di rumah mertuanya alias rumah orang tua saya. Tapi saya lebih suka perjalanan yang panjang dan mampir sana sini dulu sih. Karena bisa sembari jalan-jalan :D