Inspirasi Blogger Rumahan


Tertarik dengan tweet yang tiba-tiba muncul di timeline saya kemarin, tentang blogger yang banyak di rumah. Dari mana inspirasi atau sumber tulisan dia ngeblog kalau tidak pernah ke mana-mana? Jawabannya banyaaaak sekali hal yang bisa ditulis dari rumah. Saya mencoba menuliskan beberapa hal yang bisa ditulis walau kita tidak ke mana-mana dan hanya di rumah.

1.        Baca buku, bikin ulasan buku atau review buku. 
Review buku ini bisa banget jadi bahan buat postingan di blog. Membaca buku juga bisa dilakukan di rumah, kan? Selesai membaca langsung bikin ulasan buku. Ulasan buku ini juga bisa membantu kita lebih memahami isi dari buku yang kita baca dan juga mengikat ingatan akan isi buku tersebut.

Sudah sering banget saya alami ketika disebut judul sebuah buku dan saya rada-rada lupa sama isi buku tersebut. Padahal saya sudah pernah membacanya beberapa tahun yang lampau. Jika lupa, saya akan mencari review yang saya tulis sendiri dan itu sangat membantu untuk menyegarkan ingatan akan buku tersebut. 
 
Baca buku, nulis review
2.        Nonton. Bisa film, drama, atau acara TV.
Sama halnya dengan membaca buku, menulis ulasan atau review sesuatu yang kita tonton, juga untuk mengikat ingatan kita. Kalau apa yang kita tulis bisa bermanfaat buat pembaca itu akan bagus sekali. Kita bisa menulis resume acara talkshow yang menurut kita bermanfaat atau ceramah agama. Asal jangan gosip yang ujungnya bakal terjadi gibah aja yang ditulis. 

Di blog lama, saya pernah menulis tentang acara Kick Andy yang waktu itu ngebahas tentang orang gemuk yabg berhasil langsing. Banyak lho pengunjung postingan tersebut. 

3.        Masak atau mencoba resep baru.
Wah ini inspirasi tak bertepi. Apalagi kalau bergabung dengan grup masak. Ada saja resep baru yang menarik buat dicoba. Dulu booming puding telor ceplok, kemudian leker holland, trus pie susu teflon, besok entah apalagi.

Postingan tentang resep ini selalu banyak yang mencarinya, terlebih saat Ramadan tiba. Berdasarkan pengalaman, biasanya saat Ramadan, postingan tentang resep atau masakan jadi timbul ke permukaan. Memasak atau mencoba resep ini tentu saja bisa dilakukan di rumah. Kita tidak perlu nyewa dapur di resto ternama atau hotel berbintang buat nyoba resep baru, kan?

4.        Review produk yang dipakai di rumah.
Ada tidak barang yang kita pakai bertahun-tahun dan awet banget? Kita juga sayang sekali sama benda itu karena memberi kemudahan dalam hidup kita. Misalkan mikser P yang udah berusia lebih dari sepuluh tahun, mesin cuci L yang membantu kita mencuci, setrika P yang ringan dan enak digunakan dan lain-lain 

Meski tidak dibayar, tak ada salahnya kita mengapresiasi barang-barang itu dengan menceritakannya di blog. Ini bisa berguna buat mereka yang sedang nyari info produk, lho. Setidaknya buat saya yang suka googling kalau mau beli barang elektronik atau peralatan rumah tangga lainnya. Dan rekomendasi dari para blogger yang sudah memakai lama biasanya lebih terpercaya. Bisa juga postingan itu dilengkapi dengan tips menjaga keawetan benda tersebut.

5.        Menulis tentang kegiatan rumah.
Mengapa tidak? Karena justru ini yang paling dekat dengan keseharian kita. Bagi orang lain mungkin sepele, tapi buat para emak mereka akan merasa senasib sepananggungan membaca postingan tentang kegiatan rumah. Tinggal kita saja bagaimana berkreasi dalam menuliskannya.

Misalkan kita padukan kegiatan rumahan dengan tips ala kita. Seperti : menulis tentang tips menjaga lemari agar tetap rapi, tips menyimpan buku agar tidak kena rayap, tips merapikan isi kulkas, tips memasak lezat dalam waktu singkat, tips menyimpan sayuran, dan masih banyak lagi. Hal-hal yang kita lakukan setiap hari, bisa jadi berguna buat orang lain.

6.         Parenting
Kabarnya tema parenting juga tema yang tidak lekang dimakan zaman. Menulis tentang tingkah laku anak-anak di rumah juga bisa banget jadi bahan postingan. Apalagi kalau dalam postingan itu ada solusi yang diberikan, siapa tahu itu bermanfaat buat para emak lain yang membaca yang merasa punya teman senasib. Misal, ada anak yang malas sekolah, trus gimana cara emaknya agar si anak rajin sekolah lagi. Atau cara mengurangi penggunaan gadget buat anak-anak dan banyak hal lagi yang bisa ditulis. 

7.        Tutorial
Postingan tentang tutorial juga bisa banget dijadikan bahan postingan di blog. Tak perlu jauh-jauh, dari aplikasi yang kita pakai di ponsel pintar bisa kita bikin tutorialnya. Terkadang kita berpkir 'Ah, kayak gini doang yang lain pasti bisa', tapi... Siapa tahu ada satu dua orang yang belum tahu dan terbantu banget dengan postingan kita. 

Seperti tutorial tentang make up. Buat saya yang butaaaa banget tentang rias merias wajah, tutorial tentang make up ini membantu banget. Di blog ini, saya pernah mengulas tentang menggunakan aplikasi IJak, sang perpustakaandigital. 

8.        Mengulas tempat belanja online. 
Tidak ke mana-mana tapi bisa belanja online dari rumah, kan? Kalau kita puas dengan satu tempat belanja tidak ada salahnya menuliskan tentang tempat belanja tersebut. Siapa tahu itu bisa bermanfaat buat para pembaca blog jika mereka butuh rekomendasi buat belanja online. Apalagi jika lapak belanja online itu milik orang yang kita kenal, sahabat sendiri misalkan. Kita bisa bantu promo juga. Seperti misalkan kita bikin postingan tentang lapak-lapak belanja buku online. Eh, kapan-kapan saya mau nulis deh tentang lapak belanja buku secara daring ini. Dulu pernah nulis di blog lama :D

9.        Salon di rumah, Kebun di rumah.
Bisa banget jadi bahan tulisan. Misalkan ada yang suka merawat wajah dengan bahan-bahan yang tersedia di rumah, seperti masker dari kopi, membersihkan wajah dengan sisa teh, rutin keramas dengan bahan alami, dan lain sebagainya. Ayo jadikan itu bahan tulisan di blog. Siapa tahu ada pembaca yang terinspirasi.

Berkebun dengan menggunakan lahan yang sempit juga bisa jadi inspirasi walau kita tidak ke mana-mana. Cukup hanya di halaman rumah, berkebun, jepret-jepret dan jadikan sebuah tulisan. Kita bisa cerita tentang bagaimana cara menanam, di mana memperoleh bibit, cara memanen, dan lain sebagainya. Selain salon dan kebun, tentu banyak hal lagi yang bisa dilakukan walau cuma di rumah.

10.    Menulis untuk media, dimuat, cerita tentang dibalik layar tulisan tersebut. 
Ini malah bisa double keuntungannya. Kita bisa berkarya dan kalau dimuat bisa dibayar atau dikasih honor juga. Setelahnya kita bisa menceritakan proses kreatif di balik karya tersebut. Siapa tahu cerita proses kreatif kita itu menginspirasi pembaca blog kita. 

11.    Ikut Giveaway atau Lomba.
Ada banyak kok giveaway atau lomba yang bisa kita ikuti tanpa harus pergi ke mana-mana. Misal beberapa waktu yang lalu ada GA tentang kenangan pada masa putih-abu-abu, kita tinggal menyelam sebentar ke masa lalu untuk mendapatkan kenangan kemudian menuliskannya.


Nah, itu saja sudah ada 11 poin inspirasi buat para blogger rumahan. Selain itu, tentu banyak sekali yang bisa kita tulis di blog walaupun kita tidak ke mana-mana. Kalau bisa piknik atau jalan-jalan menikmati dan mengagumi belahan bumi ciptaanNya yang lain Alhamdulillah banget ya. Tapiii... Jika kita belum bisa ke mana-mana bukan berarti kita tidak bisa ngeblog, dong? Teman-teman ada ide apa lagi buat postingan di blog walau kita hanya di rumah? 

7 komentar

  1. Kayaknya formula2 excel yg jarang dipake ini perlu dituliskan di blog, jadi bisa diliat kapan aja kalo diperlukan yaa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya banget. Ayo ditulis, Yang. Perlu GW kah? Hahaha... Tapi bini ga suka excel :p

      Hapus
  2. Wah ... sebenarnya ada banyak hal yang bisa kita tulis, tetapi seringnya kita nggak sadar aja berarti ya Mba. Makasih banyak infonya Mba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbak. Banyak banget. Inspirasi ada di sekitar kita :-)

      Hapus
  3. Iya, jarang jalan2 bukan alasan untuk tidak punya konten buat ditulis. semua kembali pada passion kita, mau nulis atau enggak. semua bisa dijadikan bahan tulisan. cerita tentang kelakuan kucing sehari2 yang gemesin juga bisa menjadi favorit.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah. Satu lagi. Cerita tentang hewan peliharaan ya. Bisa ditambahin tips-tips juga gimana merawatnya. Bisa jadi postingan menarik :-)

      Hapus
    2. Nah. Satu lagi. Cerita tentang hewan peliharaan ya. Bisa ditambahin tips-tips juga gimana merawatnya. Bisa jadi postingan menarik :-)

      Hapus

Terima kasih sudah memberikan komentar di blog saya. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menyaring komentar spam ^_^