Yonna Kairupan dan Dunia MakeUp

            Apa yang menjadi hal kekinian yang sering dibahas sekarang?
            Lebaran? Iya sih.
            Mudik? Iya juga.
            Valak? Nah ini!

Walaupun dijadikan meme lucu, tetap aja saya lihatnya serem. Namun, di balik wajah serem si Valak itu sebenarnya wajah pemerannya tidak serem. Apa yang menjadikan Valak menjadi sesuatu yang menakutkan gitu kalau dilihat wajahnya? Yup. Makeup. Dan saya pun kemudian mengenal seseorang yang menekuni dunia tersebut.

            Adalah Yonna Kairupan, seorang ibu dari 4 buah hati yang tampan dan cantik. Dari kecil, semanjak usia 3 tahun ketertarikannya pada dunia Makeup sudah terlihat sekali. Bahkan untuk bermain ke lapangan dan berkumpul dengan anak-anak seusianya, Mbak Yonna make up dulu. Kelopak mata beliau pun sewaktu masih kecil beberapa kali biru lebam karena kejepit penjepit bulu mata.
Mbak Yonna dan keluarga


            I can do evertything that everybody can do, itulah yang menjadi prinsip Mbak Yonna. Sehingga ia selalu memandang dirinya bisa melakukan sesuatu kalau ia mau. Hasilnya beragam prestasi ia raih. Dari SD hingga SMP selalu masuk 10 besar. Saat SMA, Mbak Yonna sudah merasa ada ketertarikan yang amat kuat pada dunia seni dan hal itu terus beliau geluti hingga masa kuliah.

            Menyanyi adalah hal yang dilakoni Mbak Yonna saat kuliah. Bahkan Mbak Yonna pernah ditawari menjadi teman duet Maia di grup Ratu. Sewaktu menjalani profesi sebagai penyanyi ini juga lah yang mempertemukan Mbak Yonna dengan seorang pria yang menjadi suaminya sekarang.

            Mbak Yonna juga mengalami spiritual journey yang membuat beliau memutuskan untuk berhijab. Saat beliau mendalami agama, beliau berpikir kalau beliau tidak ingin laki-laki yang beliau cintai dalam hidup (suami, ayah, dan anak-anak) menanggung azab karena beliau tidak berhijab. Maka, beliau pun mulai berhijab.

            Pada tahun 2009, Mbak Yonna tergabung di perusahaan kosmetik asal Swedia, dan akhirnya beliau mulai bersentuhan lagi dengan Make Up setelah sempat beberapa tahun tidak menyentuh Makeup sama sekali. Suami Mbak Yonna punya komunitas zombie terbesar di Indonesia, dan di sanalah Mbak Yonna berperan serta dengan menjadi Special Effect Makeup (kalau di Indonesia disebutnya makeup karakter). Itu loh bagian nge-makeup orang-orang sampai punya wajah serem. Tadinya saya mau kasih contoh hasil make up Mbak Yonna, tapi keburu serem saya lihatnya jadi kasih contoh yang lain aja. Hihihi…. Maklum penakut :p Jadi, yang mau lihat hasil tangan Mbak Yonna, sila meluncur ke IG beliau ya : @yonnakairupan
Hasil makeup Mbak Yonna. Aduh, jadi pengin dimakeup juga.
Makeup aku, Mbak. Makeup aku. Hahaha...
            Mbak Yonna juga seorang blogger, http://www.thekairupan.com/ untuk cerita keseharian dan cerita tentang keluarga beliau. Serta http://www.yonnaandmakeup.com/ blog khusus tentang segala hal beraroma makeup.

            Channel youtube beliau yokairupan juga banyak sekali tutorial tentang make up yang bisa jadi panduan buat yang tidak bisa makeup macam saya. Suara renyah Mbak Yonna dan bahasa Inggris beliau yang fasih akan menemani kita saat menonton video youtube beliau. Ada lho di sana Mbak Yonna praktek buat makeup cuma lima menit. Takjub saya lihatnya. Selain tentang make up, Mbak Yonna juga mendokumentasikan tentang keluarga beliau di sana. Baik tentang liburan atau celoteh anak-anak beliau.

            Saya juga sempat bertanya ke Mbak Yonna, sebagai seorang pemula yang buta sama sekali tentang make up, apa sih alat makeup minimal yang harus kita punya? Jawab beliau untuk pemula yang penting punya :
1.      Moistruriser
2.      Foundation / BB Cream / CC cream + bedak
3.      Mascara
4.      Lipstik
5.      Blusher


Apakah teman-teman punya kelimanya? 

Untuk lebih mengetahui tentang Mbak Yonna, sila berkunjung ke blog, instagram, channel youtube beliau yaa… 

10 komentar

  1. pensil alis jua kayaknya wajib, yan. soalnya banyak yang kada mau keluar rumah kalau belum bepensil alis. heuheuheu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah bujur ka. Berapa kali ulun malihat status urang yang kada kawa keluar rumah jar bila alis kada rapi :D

      Hapus
  2. sama mbak Yanti pengen juga belajar make up dari mbak Yonna deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbak. Apalagi saya buta banget sama yg namanya makeup :D

      Hapus
  3. hi..hi..aku jadi ketawa baca komen di atas, soalnya ada temanku yang nggak mau main games balon berpasangan yang ditaruh di dahi, takut alisnya terhapus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahahaha... Aduh.. Alis saya ini ga pernah diapa2in. Jadi ya ga ngerasain gimana orang takut alis kenapa2. Hihihi

      Hapus
  4. Makasih banyak tulisannya mbak.. jadi penyemangat untuk belajar dan menjadi lebih baik lagi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2, Mbak Yonna. Ditunggu tutorial makeup yang simpel2 :D

      Hapus

Terima kasih sudah memberikan komentar di blog saya. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menyaring komentar spam ^_^