Belajar Ngeblog bersama Anisa Ae

            Di era digital sekarang keberadaan blog bukan hanya sebagai tempat untuk menuangkan tulisan, lebih dari itu, blog juga bisa jadi jalan untuk mendapatkan pendapatan. Namun, hal itu juga tidak terjadi secara instant, bukan ujug-ujug bikin blog kemudian mendapatkan penghasilan. Ada hal-hal yang harus ditempuh dulu dan sering kali kita memerlukan tips untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah atau dolar dari blog.

            Adalah Anisa Ae, pemilik dari blog www.anisae.com yang beberapa kali menuliskan tentang tips ngeblog di blognya tersebut. Tips yang diberikan Mbak Anisa ini mudah dipahami karena menggunakan bahasa yang sederhana. Walaupun bahasanya sederhana tapi manfaatnya luar biasa. Ketika membaca satu demi satu tips yang beliau berikan, saya pun tergugah untuk lebih memperbaiki apa yang disajikan di blog saya ini.


            Mbak Anisa mengaku tidak mengenyam pendidikan formal yang tinggi. Namun, pelajaran tidak hanya bisa diraih lewat jalur pendidikan formal. Kegemaran Mbak Anisa semenjak kecil pada dunia baca dan tulis membuat ia mendirikan usaha penerbitan, kemudian ia juga mulai aktif ngeblog yang dimulai pada akhir tahun 2013. Di tahun 2014, Mbak Anisa mulai serius menekuni dunia blogging dan kemudian mulai aktif memberikan tips-tips ngeblog ala Mbak Anisa yang mudah untuk dipahami.

            Seperti pada postingan 5 tips agar dilirik Agency Blogger. Untuk ‘pekerjaan’ di blog, biasanya ada agency yang menghubungi para blogger untuk menawarkan kerjasama. Menanti para agency ini lumayan bikin deg-degan juga jika kita mengharapkannya. Dan Mbak Anisa punya tips bagaimana agar blog kita dilirik para agency tersebut yaitu dengan cara nama blog, template, tulisan, lengkapi, dan optimasi. Apa saja penjabaran dari kelima hal tersebut. Silakan lebih jelasnya baca di blog Mbak Anisa di sini.

            Job review buat para blogger adalah salah satu sarana untuk mendapatkan penghasilan lewat blog. Namun, tidak serta merta setelah membikin blog kita mendapatkan job review. Salah satu cara yang dikemukakan Mbak Anisa adalah bergabung dengan komunitas blogger karena biasanya agency suka bekerja sama dengan komunitas untuk memberikan pekerjaan buat para blogger. Dengan bergabung di komunitas, kita juga bisa mengetahui seluk beluk dunia blogger juga fee yang harusnya kita dapat saat mengerjakan pekerjaan tertentu.

            Bergabung dengan komunitas hanyalah salah satu cara dari delapan cara mendapatkan job review yang dituliskan Mbak Anisa. Cara lainnya adalah Optimasi blog. Banyak brand yang mengutamakan blog yang punya rank tertentu. Nilai Alexa sekian, juga DA dan PA sekian-sekian. Alexa, DA, dan PA juga bisa menjadi tolak ukur nilai sebuah blog. Untuk melakukan optimasi ini, Mbak Anisa lewat blognya juga memberikan beberapa tips. Seperti cara merampingkan rank Alexa yang dibuat Mbak Anisa menjadi 6 point. Cara ini sendiri sudah dipraktikkan oleh beliau di mana blog beliau bisa mencapai alexa di bawah satu juta hanya dalam waktu tiga bulan. Semakin ramping nilai Alexa, semakin bagus.

            Jumlah pengunjung pada blog juga hal yang harus diperhatikan oleh para blogger yang ingin mengoptimasi blognya. Mbak Anisa juga memberikan tips tentang hal ini lewat postingannya yang berjudul 15 cara menaikkan traffic blog.

            Selain tips ngeblog ala Mbak Anisa, lewat blog beliau kita juga bisa mendapatkan banyak artikel-artikel menarik karena Mbak Anisa sendiri sangat rajin dalam ngeblog. Bahkan yang membuat saya takjub adalah Mbak Anisa masih sempat ngeblog saat sudah pembukaan 1 menjelang melahirkan. 
Mbak Anisa
Artikel-artikel lain yang bisa ditemukan di blog beliau antara lain : resensi buku, resensi film, traveling, aneka tips kecantikan dan kesehatan, dan masih banyak lagi. Yuk, berkenalan dengan blogger penuh semangat yang satu ini.

            

7 komentar

  1. Kalau nama blog ternyata pengaruhi juga y mba biar kelirik ? mmm saya mah dilirik suami aza deh hahaha *lgsg menyusut*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi... Iya, Mbak. Yang penting dilirik suami ya. Katanya gitu, Mbak. Saya juga nama blog pakai nama sendiri aja :D

      Hapus
  2. AKu dulu awal baca blognya Mbak Nisa soal merampingkan alexa hehe

    BalasHapus
  3. Aku juga suka mampir di blog Anisae, bahasanya mudadh dipahami dan bisa langsung praktik, thanks sharingnya Yanti.

    BalasHapus

Terima kasih sudah memberikan komentar di blog saya. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menyaring komentar spam ^_^