Tips Menyetrika Berbagai Bahan Kain dengan Setrika Uap


Pejuang setrika mana suaranya? Hihihi…. Bagaimana hari ini sudah menyetrika atau belum?

Menyetrika adalah kegiatan yang hampir setiap hari kita lakukan atau paling tidak seminggu 3 kali. Menyetrika itu seperti kerjaan yang tidak ada habis-habisnya, selesai satu tumpukan, eh, besoknya ada lagi. Namanya juga pakaian dipakai setiap hari. Walaupun saya tipe penganut tidak semua pakaian kudu disetrika. Hahaha…. Begitu seringnya kita menyetrika baju tidak lepas dari banyaknya pakaian kotor yang menumpuk di rumah, yang berasal pakaian yang dipakai diri sendiri dan keluarga setiap hari.
pejuang setrika
Sumber : pixabay


              Kalau musim hujan pakaian mudah kotor karena kecipratan air hujan. Sementara saat musim kemarau, pakaian mudah berbau karena kita berkeringat. Jadi, ya sama saja ya Bu Ibu, mau musim hujan atau kemarau, cucian mah segitu juga. Paling tidak kalau musim kemarau pakaian jadi cepat kering dan siap untuk disetrika.

Ibu rumah tangga saat ini sebagian besar masih lebih suka menggunakan setrika konvensional yang menggunakan listrik dibandingkan dengan setrika uap (steamer). Padahal, jika dibandingkan (head to head) antara manfaat dan kelebihan yang dimiliki oleh masing-masing setrika tersebut, setrika uap memiliki kelebihan yang jauh lebih banyak.

Apa saja sih beberapa kelebihan setrika uap dibandingkan dengan setrika konvensional. Yuk, kita simak satu-satu.

  Lebih cepat. Waktu yang dibutuhkan untuk mencarikan menggunakan steamer jangan lebih singkat jika dibandingkan dengan setrika konvensional yang menggunakan listrik. Setrika jenis ini bisa jadi pilihan bagi Anda yang terbiasa bangun kesiangan dan terpaksa harus menyetrika secara terburu-buru di pagi hari sebelum berangkat ke kantor atau bekerja.

    Tidak hanya bisa diandalkan karena cepat. Steamer juga bisa memberikan hasil setrikaan yang rapi dan bagus.

    Steamer juga bisa digunakan untuk menyetrika berbagai macam busana mulai dari batik, kain songket, hingga sprei dengan model rumbai.

   Tersedia model setrika gantung dan berdiri yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. Setrika model gantung misalnya, sangat cocok apabila digunakan untuk menyetrika jas dan kemeja yang tidak perlu dilipat-lipat lagi. Dengan sendirinya, steamer ini akan bekerja merapikan serat-serat pakaian yang kusut

 Sangat hemat. Jika kamu membutuhkan setrikaan yang hemat misalnya untuk usaha laundry atau usaha gosok. Mempertimbangkan steamer sebagai senjata utama untuk menjalankan bisnis tersebut bukanlah pilihan yang salah. Karena setrikaan jenis ini sangat hemat. Pasalnya, energi yang digunakan berasal dari gas dan bukannya listrik.

 Tersedia model portable yang praktis dan ergonomis membuatnya mudah dibawa kemana-mana, sangat cocok untuk kegiatan travelling.
Kalau pakaian rapi jadi happy
sumber : pixabay

Tips menyetrika berbagai bahan kain


Menyetrika pakaian yang sulit licin dan rapi. Sesekali, kita menemukan pakaian yang sudah digosok berkali-kali namun tetap saja terlihat kusut dan tidak licin-licin. Pada umumnya, bahan pakaian yang agak susah disetrika adalah yang terbuat dari katun yang agak tebal. Cara menyetrika pakaian seperti ini adalah:

      Mulailah dari kegiatan mencuci. Langkah pertama, jangan merendam baju terlalu lama.
      Hindari memeras baju terlalu keras saat akan dijemur
   Saat baju sudah kering dan siap di angkat, pastikan baju tersebut tidak ditumpuk tak beraturan melainkan, cobalah mengaturnya dengan rapi sehingga baju tidak akan kusut setelah kering dan diangkat
 Apa hukuman segera lipat baju-baju yang sudah kering tersebut sebelum kemudian disetrika nantinya
      Untuk menyetrika baju yang sulit licin, gunakan steamer
   Jangan lupa menyemprotkan pewangi dan pelicin pada pakaian untuk membantu agar pakaian tersebut lebih mudah diatur lalu setrika lah secara perlahan atau lebih lambat dibandingkan dengan biasanya.

Tips menyetrika batik


 Terlebih dahulu kenali bahan batik yang akan disetrika serta modelnya. Setelah bisa diidentifikasi, selanjutnya batik tersebut bisa disetrika dengan cara
    Letakkan lapisan kain tipis di bagian atas baju batik yang akan disetrika agar permukaan setrika tidak langsung menempel pada kain
 Jika listrik menggunakan steamer, batik sebaiknya diangin-anginkan terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke dalam lemari

Cara menyetrika kain songket


      Gunakan steamer untuk menjaga agar benang benang emas kain songket tidak rusak
      Gunakan suhu yang paling rendah
    Jika menggunakan setrika konvensional, gunakanlah lapisan kain tipis di bagian atas agar permukaan setrika tidak menempel langsung pada kain songket yang dapat membuat kain songket terlihat lebih mengkilap jika terkena panas berlebihan dari setrikaan


4 komentar

  1. aku paling ogah menyetrika mba hahhaa..dulu bangets sih waktu jadi tim strika uda incer banget setrika uap :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama, Mbak. Hahaha... Malas banget nyetrika. Setrika uap sambil berdiri itu bagus ya..

      Hapus
  2. Balasan
    1. Buat traveling ya. Bisa dibawa kalau dinas. Eh, kalau ngekost kan ada laundry. Wkwkwk...

      Hapus

Terima kasih sudah memberikan komentar di blog saya. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menyaring komentar spam ^_^