Tema Favorit di Blog


Blogku gado-gado. Yak, ketika ramai orang-orang menentukan tentang niche blog atau tema yang menjadi khas dalam blognya, saya bingung kudu gimana. Karena ya nulis suka-suka. Kalau lagi abis baca buku, review buku. Abis makan di mana trus suka, nulis tentang wisata kuliner. Abis ngalamin sesuatu seperti pindah paket Indihome, ya ditulis juga. Jadi, ya blog ini itu. Temanya suka-suka. 
tema blog yang gado-gado seperti buku yang bertumpuk

Lalu apa tema blog yang kusukai? 


Pertama, Resensi. Sebenarnya tentang resensi ini sudah lama tak hadir di blog ini. Ataupun kalau hadir, sudah jarang. Tapi mungkin karena dulu kebanyakan isinya resensi, jadi tetap postingan dengan label resensi yang paling banyak. 

Sehabis membaca biasanya ada hal-hal terkait buku tersebut yang ingin kusampaikan. Menulis resensi buku juga membuat aku mengikat ingatan akan buku tersebut. Mencatat bagian-bagian yang kusuka, yang berkesan, juga kutipan-kutipan. Bertahun kemudian, ketika ingatan akan buku itu tergerus waktu, aku tinggal membuka apa yang kutulis di waktu silam untuk menyegarkan kenangan akan buku tersebut. 

Kedua, aku juga paling suka menulis tema tentang kepenulisan. Baik tentang tips atau apapun apalagi kalau bercerita tentang karya yangdimuat. Bisa tiga postingan sendiri buat satu cerpen aja yang dimuat. Pertama, ngabarin kalau ada karya yang dimuat. Kedua, ngobrolin tentang proses kreatif dibalik karya itu, kemudian yang ketiga tulisan yang dimuat itu. Hahaha... 

Aku juga suka tema tentang kuliner karena memang doyan wiskul. Bercerita tentang kuliner ini juga dengan semangat ingin membantu memperkenalkan kuliner yang aku suka. Baik itu kuliner daerah atau pun rumah makan yang mungkin belum banyak yang tahu. Seseorang pernah mengusulkan agar aku punya blog khusus tentang kuliner ini, tapi mungkin karena aku belum terlalu rajin ngeblog jadi masih belum terealisasikan hal tersebut. 

Tema lain yang kusukai untuk kutulis adalah resep. Tapi, ini belum banyak dan aku punya impian untuk memperbanyaknya. Aku suka sekali baca postingan Mbak Endang Just try and taste yang suka cerita-cerita sebelum menuliskan resepnya. Membaca postingan Mbak endang itu membuat aku ingin menulis hal yang sama, menceritakan kilas balik saat aku mencoba sebuah resep. Tapi ini belum, mungkin nanti saat aku rajin memasak. Hahaha... 

Dan yang paling aku suka adalah juga tema curhat. Menumpahkan perasaan, kegelisahan, dan apa yang dirasakan oleh hati pada sebuah tulisan akan menghasilkan sebuah kelegaan. Lega karena sudah tertumpahkan sehingga mengurangi sesak yang ada. Walaupun untuk ini aku kudu berhati-hati. Khawatir apa yang kutulis bisa menyinggung perasaan orang lain. Aku takut akan hal itu walau kadang kala emosi, aku tak berpikir lagi tentang itu. Hahaha... Tapi sekarang kudu hati-hati terus yak. 

Itulah tema-tema yang kusukai untuk kutulis di blog. Ada yang sama?



1 komentar

  1. Aku kangen baca resensi buku versi Yanti di blog, soalnya rasanya beda sensasinya juga luar biasa

    BalasHapus

Terima kasih sudah memberikan komentar di blog saya. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menyaring komentar spam ^_^