Mengunjungi Perpustakaan Kota Balikpapan


Perpustakaan Daerah selalu menarik perhatian saya. Masih teringat dengan jelas saat SD saya suka melihat perpustakaan dari balik kacanya. Karena dulu perpus di daerah saya sering tutup. Ketika PEMDA mulai memberdayakan perpustakaan daerah, saya pun menjadi rajin ke sana untuk membaca dan meminjam buku. Cerita tentang perpustakaan daerah pernah saya ceritakan di buku kedua saya : Terima Kasih Allah.
Perpustakaan Kota Balikpapan


Setelah pindah ke Balikpapan, kemarin adalah pertama kalinya saya ke Perpustakaan Kota Balikpapan. Walaupun sebenarnya itu bukan kali pertama banget saya ke sana tapi merupakan kali ketiga. Pertama kali saat dulu ada acara workshop menulis, dan yang kedua saat ada bazaar buku. Untuk dua kesempatan itu, saya sempatnya ya cuma menghadiri hal itu. Bukan meminjam atau meng-eksplore perpustakaannya.
Parkiran 

Kemarin, saya janjian dengan seorang teman. Kami pun menetapkan tempat di Perpustakaan untuk bertemu. Wah, pas banget, pikir saya. Karena saya juga ingin ke perpustakaan dan mendaftar jadi anggota.

Saat masuk perpus, saya langsung ke bagian untuk mendaftar menjadi anggota. Serahkan KTP dan mengisi formulir. Kemudian diambil foto, kartu anggota pun langsung jadi. Semuanya gratis. Setelanya saya diberitahu kalau di lantai 3 adalah ruang baca dan sekaligus bisa meminjam buku untuk umum.
Ada lift

Perpustakaan Kota Balikpapan dilengkapi lift buat naik atau turun ke lantai 2 atau 3. Jadi, yang takut kalorinya terbakar jangan sedih. Ada lift. 
Ruang Baca

Saat masuk ke ruang buku, saya pun takjub dengan banyaaaak sekali koleksi bukunya. Trus ke bagian favorit saya yaitu bagian fiksi. Dan saya senang sekaligus lega melihat banyaknya koleksi di sana. Senang, ya senang dong lihat banyak buku yang bisa saya pinjam. Lega, karena saya insyaAllah tidak akan kekurangan buku setelah melepaskan banyak koleksi buku saya pasca pindah ke Balikpapan.

Saya pun berjalan-jalan melihat-lihat buku, ada koleksi komik, ada meja baca yang sangat kondusif buat membaca, dan kalau melihat di salah satu sudut, ada danau yang menyegarkan mata. Sungguh suatu tempat yang nyaman apalagi ditambah dengan AC ruangan yang sejuk. Bukunya ada, ruang bacanya ada, tinggal kita yang mau baca atau enggak.
Area Anak-anak

Walaupun bukan anak-anak lagi tapi saya punya ketertarikan pada buku bacaan anak. Dan buku bacaan anak ada di lantai 2. Bersama Kak Fitri, teman yang janjian dengan saya saat itu, kami pun ke lantai dua. Di sana ada ruang bermain untuk anak-anak dan juga ruang baca yang nyaman buat anak-anak.
Area Baca anak-anak

Picture Book lengkap, buku-buku cerita anak banyak, dan yang menjadi favoritku adalah majalah Bobo lengkap yang sudah dibundel. Wah, langsung deh buka-buka dan cari cerpenku yang dimuat di sana. Alhamdulillah nemuuuu... Hihihi....
nemu cerpenku

Hari itu cuma melihat-lihat saja, dan tidak meminjam apa-apa karena buku di rumah yang belum dibaca juga masih banyak. Huhuhu... Tapi senang sudah jadi anggota Perpustakaan Balikpapan, jadi sewaktu-waktu bisa pergi ke sana dan meminjam buku.
Area yang menyenangkan

Letak Perpustakaan Kota Balikpapan ini di sekitaran Area Kampung Pelajar Gunung Pasir, dekat dengan sekolah-sekolah. Dari dalam perpustakaan, kita juga bisa melihat adanya danau.
Pemandangan Danau

Semoga dekat dengan area sekolah ini membuat para pelajar senang ke Perpustakaan. Hari sabtu dan minggu perpustakaan ini juga buka. Bisa menjadi pilihan buat para orangtua mengajak anak-anaknya buat ke perpustakaan di hari libur.

Teman-teman sudah jadi anggota perpustakaan daerahnya belum?

Perpustakaan Kota Balikpapan
Area Kampung Pelajar Gunung Pasir
Jl. Kapten Piere Tendean No. 66 Gunung Sari Ilir Balikpapan





7 komentar

  1. Wah keren nih perpustakaan balikpapan. Ada lift dan ruang bermain anak juga. Kalau aku di banjar pernahnya ke perpus yang di muka menara pandang tu kalau yang di km 6 belum pernah

    BalasHapus
  2. Wah, saya jadi ingin mengunjungi perpustakaan Kota Balikpapan juga, Mbak.

    BalasHapus
  3. Moderen sekali ya Mbak perpustakaanya, dilengkapi dengan lift juga heheh.

    BalasHapus
  4. Kalau suasananya nyaman banget seperti itu pasti bakalan betah nih yang baca buku di sana hehe.

    BalasHapus
  5. Pasti seru banget soalnya dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang membuat pengunjung merasa nyaman dan betah.

    BalasHapus
  6. Buat ibu-ibu yang ingin membaca buku tapi terhalang anaknya pas banget nih, karena dilengkapi juga dengan beberapa mainan untuk anak hehe.

    BalasHapus
  7. Lokasinya juga tepat banget dekat dengan sekolahan, dihari libur pun tetap buka ya Mbak.

    BalasHapus

Terima kasih sudah memberikan komentar di blog saya. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menyaring komentar spam ^_^