Senin, 24 Februari 2020

Keliling Balikpapan dengan Bus City Tour

"Apa yang kita inginkan bisa saja terwujud lebih lambat dari yang kita duga, atau seperti yang kita duga, atau juga bisa saja lebih cepat dari dugaan kita."
Bus City Tour Balikpapan di Gedung Parkir Klandasan
Sumber foto : teman-teman blogerbalikpapan.id

Beberapa kali saya melihat informasi di sosial media tentang Balikpapan yang punya Bus City Tour. Sebuah bus berwarna biru dan sangat menarik yang digadang-gadang bisa membawa warga kota atau pun wisatawan berjalan-jalan keliling Balikpapan. Bus ini merupakan CSR dari Bank KALTIMTARA yang diserahkan saat Balikpapan berulang tahun ke-123 pada tanggal 10 Februari 2020. Saya pun langsung berucap dalam hati, suatu hari nanti jika sudah benar-benar beroperasi, saya mau merasakan naik bus keliling kota Balikpapan.

Ternyata keinginan saya itu terwujud lebih cepat dari yang saya bayangkan. Masih di bulan Februari, bulan kelahiran kota minyak ini saya sudah bisa merasakan keliling kota dengan Bus City Tour Balikpapan. Apalagi saya dan teman-teman yang tergabung dalam komunitas Blogger Balikpapan menjadi masyarakat pertama yang naik Bus City Tour tersebut. Wah, senang sekali rasanya.
Balikpapan City Tour

Hari Sabtu, 22 Februari 2020, saya dan teman-teman komunitas Blogger Balikpapan memang 'dijamu' keliling kota Balikpapan. Kami berkumpul di Gedung Parkir Klandasan pada pukul 9 pagi. Saat saya datang, bus berwarna biru itu sudah terparkir dengan manis di halaman. Ketika semua peserta sudah berkumpul, kami pun bergegas menaiki bus.
Suasana akrab
Sumber foto : teman-teman blogerbalikpapan.id

Bus City Tour Balikpapan berkapasitas 20 penumpang dengan satu sopir dan tour guide dari DISPORAPAR (Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata) Kota Balikpapan. Bus ini sendiri memang dikelola oleh Disporapar. Bus yang tempat duduknya berhadap-hadapan ini bisa membuat suasana akrab antar penumpang. Dilengkapi AC, bus itu pun mampu meng-adem-kan tubuh-tubuh di tengah kota Balikpapan yang kalau cuaca cerah sungguh menguras keringat. Fasilitas lain yang bisa kita dapatkan adalah adanya televisi, tempat charger, juga bisa buat karaoke. Kurang WIFI aja sih. Hehehe…
Semangat Keliling Kota dengan Bus City Tour

Bus ini sendiri beroperasi tiap hari Jum’at – Minggu, dari pukul 09.00 – 14.00 WITA. Start dari Gedung Parkir Klandasan, dengan tarif free alias gratis. Untuk prosedurnya bisa langsung menunggu di Gedung Parkir dengan konfirmasi dulu ke Disporapar melalui surat. Bus ini mulai beroperasi pekan ini atau pekan terakhir bulan Februari 2020.

Ada dua rute yang menjadi tujuan, ke rute timur Balikpapan atau barat. Perjalanan kami kemarin ke wilayah Timur kota Balikpapan. Mulai dari Gedung Parkir Klandasan, Mbak Siska, yang hari itu bertugas jadi tour guide kami menjelaskan tentang sejarah Klandasan.

Klandasan sendiri adalah nama sebuah wilayah di Balikpapan. Katanya dulu orang-orang yang ditanya ketika akan ke wilayah tersebut akan menyebut “Ke Landasan”, disebut Landasan karena jalannya cendrung rata dibanding jalan lain di Balikpapan yang berbukit-bukit. Hingga kemudian wilayah tersebut dikenal dengan nama Klandasan.
Dengan Bus City Tour Balikpapan di BSCC Dome. Mon maap itu yang nyender-nyender sudah halal.
Sumber foto : teman-teman blogerbalikpapan.id

Bus melaju melewati Taman Bakapai, taman di tengah kota yang ramai dikunjungi warga kota. Kemudian menyusuri wilayah kota Balikpapan sampai mampir ke Balikpapan Sport and Convention Center (BSCC) Dome. Dome ini adalah Gedung kesayangan dan kebanggaan warga kota Balikpapan, beragam acara pernah diselenggarakan di sana di antaranya BigBad Wolf dan turnamen bulutangkis IndonesiaMaster GPG pada tahun 2016.
Di stadion Batakan

Setelah dari BSCC Dome, bus menuju Stadion Batakan Balikpapan. Stadion Batakan merupakan stadion bertaraf internasional yang siap digunakan untuk pertandingan-pertandingan besar. Dengan kapasitas 40 ribu orang, stadion ini berdiri megah di salah satu kawasan bernama Batakan. Jika naik pesawat yang akan mendarat di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan, kita juga bisa menyaksikan megahnya stadion ini dari jendela pesawat.

Berbatasan langsung dengan laut, membuat Balikpapan punya garis pantai yang panjang. Karena itulah tak afdall rasanya jalan-jalan di Balikpapan tanpa ke pantai. Dengan Bus City Tour Balikpapan, kami dibawa ke dua buah pantai yaitu Pantai Manggar dan Pantai Seraya.
di Pantai Manggar
Sumber foto : teman-teman blogerbalikpapan.id

Pantai Manggar terletak di Kelurahan Manggar, pantai bersih dengan beragam spot menarik yang bisa dijadikan tempat buat berfoto. Sementara Pantai Seraya terletak di Kelurahan Sepinggan Raya, karena letaknya dekat dengan Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan maka pantai ini menjadi tempat paling strategis buat melihat pesawat yang mau mendarat atau lepas landas. Buat para fotografer pantai ini juga tempat yang sangat pas buat memotret pesawat dengan latar belakang laut.
Di Pantai Seraya

Setelah dari Pantai Seraya, bus melaju ke tengah kota yaitu ke Kampung Pinisi atau kampung wisata peduli inflasi.  Kampung Pinisi ini terletak di Kelurahan Klandasan Ilir ini merupakan inisiatif warga menjadikan pemukiman sebagai destinasi wisata. Di Kampung Pinisi ini kita bisa menyaksikan pemandangan laut yang indah serta adanya beragam mural atau lukisan dinding. Ada dermaga berbentuk kapal yang merupakan tempat instagramable buat berfoto. Kampung Pinisi adalah destinasi terakhir yang Bus City Tour yang kami singgahi.
Kampung Pinisi
Sumber foto : teman-teman blogerbalikpapan.id

Selanjutnya bus pun kembali ke Gedung Parkir Klandasan. Perjalanan selasai, tapi kenangannya membekas di hati kami semua. Perjalanannya sendiri sekitar 3-4 jam. Kami berangkat sekitar pukul 9.30 dan kemudian kembali ke Gedung Parkir Klandasan sekitar 13.30.

Terima kasih untuk pengalaman menyenangkannya. Selamat menikmati Bus City Tour buat warga Balikpapan.