Rabu, 21 Juli 2021

Explore Cara Belajar di Pembelajaran Jarak Jauh

 


Tahun ajaran baru sudah dimulai per tanggal 12 Juli 2021 kemarin. Qadarullah, pandemi masih mengepung negeri ini bahkan sedang parah-parahnya. Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) pun masih diberlakukan karena rasanya terlalu berisiko jika membiarkan Sekolah Tatap Muka dilaksanakan. Bagi sebagian orang, PJJ ini tentulah menjadi sebuah tantangan sendiri.

Tantangan buat anak murid, atau pun buat orangtua, karena dengan anak PJJ perhatian dan energi orangtua harus benar-benar disiapkan untuk mendampingi anak belajar. Oh iya, tentunya tantangan buat tenaga pendidik alias para guru juga.

Namun, tak semua orang mengeluhkan tentang pembelajaran Jarak jauh ini. Nyatanya ada juga yang merasa enjoy dengan adanya sekolah online. Udah pada nonton enggak video yang viral saat Pak Jokowi bertanya ke seorang murid perempuan.

“Senang sekolah online atau sekolah tatap muka?”

Kemudian sang murid perempuan itu bilang, kalau ia lebih suka sekolah online. Katanya dengan sekolah online, dia bisa lebih meng-explore macam-macam cara belajar. Kalau sekolah tatap muka, ya sudah biasanya gurunya seringnya ngasih tugas dan kerjain di buku tulis dan tulis tangan.

“Udah gitu aja,” katanya mengakhiri jawabannya.

Memang pro kontra terjadi atas jawaban murid tersebut. Namun, kenapa gitu ya enggak kita ambil sisi positifnya saja. Dengan kondisi sekarang, yang memang lebih amannya untuk anak-anak di rumah saja dulu, mari kita sama-sama berjuang menghadapi Pembelajaran Jarak Jauh ini agar bisa enjoy kayak si murid perempuan tersebut. Salah satunya bisa dengan cara bergabung di Ruangbelajar by Ruangguru.


Di ruang belajar, kita bisa mendapatkan puluhan ribu video belajar beranimasi agar bisa memahami pelajaran dengan lebih mudah. Materi-materinya pun disesuaikan dengan kurikulum. Selain animasi yang menarik juga ada infografis agar proses belajar anak-anak jadi lebih mudah.

Dalam proses belajar, tentu masing-masing murid pemahamannya tidak seragam. Ada yang cepat, ada juga yang perlu waktu lebih lama. Pernah enggak sih ngalamin kita belum paham nih, tapi tiba-tiba udah berganti topik pembelajaran aja karena teman yang pintar sudah paham. Atau sebaliknya, kita sudah paham, tapi pembelajaran masih berkutat di situ-situ saja karena menunggu teman yang lain paham. Nah, di ruang belajar by ruang guru ini pembelajarannya disesuaikan secara otomatis dengan pemahaman siswa. Pilihan jawaban yang akan menentukan arah kelanjutan video belajar. Serasa jadi punya guru privat gitu deh.

Bank Soal

Di Ruang Belajar juga ada yang namanya bank soal. Wah, jadi ingat nih dulu waktu masih sekolah suka banget cari-cari bank soal untuk menguji pemahaman akan mata pelajaran terkait. Di ruangbelajar bank soal ini berlimpah-limpah. Ada ratusan ribu soal untuk mengasah kemampuan. Selain bank soal ada juga Latihan bab, cek kemampuan, dan kuis supaya memastikan para murid benar-benar paham denga napa yang dipelajari. Yang lebih memudahkan lagi, semua materi belajar di ruangguru dapat didownload dan diakses secara offline.

Ada juga yang namanya RuangGuru adventure dan teman belajar. Ini fitur gamification gitu loh agar anak-anak lebih semangat dalam belajar. Semakin rajin pakai fitur ini, semakin banyak juga hadiah yang bisa dikumpulkan.

Sebagai orangtua, tentu dong pengin tahu perkembangan belajar anak-anak kita. Ini pun mudah banget di ruang belajar karena cukup ketik “Rapor Anak” dan whatsapp Ruang Guru di nomor 081578200000, langsung deh akan dapat laporan perkembangan belajar sang buah hati.

Rapor Anak Ruang Belajar bu Ruang Guru

Di awal tahun ajaran baru tahun 2021 ini, ruangbelajar by ruang guru juga akan ada fitur-fitur baru yang tentunya akan membuat anak-anak lebih bersemangat lagi. Seperti tes minat bakat, adapto, subtitle video, fitur pencarian, pet mission, dan playlist belajar. Emang cuma hospital playlist aja yang lagi nge-hits, buat masa depan yang lebih baik, bisa juga dong punya playlist belajar.

Explore Cara belajar dalam PJJ 2021

Banyak juga ya fitur-fitur di ruangbelajar by ruang guru yang bisa membuat anak-anak kita explore cara belajar yang lebih banyak dalam menghadapi pembelajaran jarak jauh. Selain itu, di ruangbelajar juga didukung oleh para kakak-kakak master teacher yang berkualitas. Lebih asyik belajarnya, lebih mudah memahami pelajaran. Semoga hasil baik yang akan didapatkan dan bisa melalui PJJ di tahun ajaran 2021 dengan lebih baik.

             

 

 

1 komentar:

  1. Hemm saat pembelajaran daring seperti ini butuh banget bimbel online untuk memudahkan bunda mengajari si kecil.

    BalasHapus

Terima kasih sudah memberikan komentar di blog saya. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menyaring komentar spam ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...