Rabu, 01 Desember 2021

Akhirnya Vaksin

 

Sebenarnya niatan untuk mendapatkan vaksin udah sejak lama. Beberapa bulan yang lalu pas awal-awal vaksin digalakkan. Di kantor suami ada pendataan gitu buat karyawan dan keluarga inti. Berapa kali update data. Eh, pas dapat panggilan vaksin cuma suami aja. Hehehe...

Akhirnya batal deh vaksin ikut di kantor suami. Vaksin umum yang diadakan Pemkot Balikpapan juga ada sih, tapi aku enggak pernah daftar. Karena ya itu, udah ikut daftar di kantor suami. Tapi selang beberapa bulan nih enggak ada kabar lagi, suami bilang kalau ada pendaftaran vaksin, daftar aja.

September kemarin aku sempat mudik. Lumayan lama. Tiga pekan di kampung halaman. Ada sih niatan vaksin di sana. Kali aja lebih sedikit gitu antrenya. Tapi ya batal. Biasalah kalau di kampung halaman kaya adaaa aja yang dikerjakan. Enggak sempat ngurusin vaksin.

Pas balik ke Balikpapan juga ada niatan mau vaksin. Aku emang butuh vaksin,  namanya juga perantau. Kalau pan kapan butuh naik pesawat, kan aman yak udah vaksin gitu. Syarat perjalanan kan di mana-mana kudu vaksin. Tapi karena baru mudik, jadi rencana vaksinnya entar-entar aja. Apalagi kemudian aku sempat sakit demam gitu terus batuk dan flu, jadi istirahat dulu sekitar 2 pekanan di rumah.

Beberapa hari yang lalu aku lihat pengumuman, ada vaksinasi massal buat 2000 orang gitu. Di hotel Maxone Balikpapan. Wah boleh nih pikirku. Kasih tahu suami, dia juga dukung banget aku buat vaksin di sana.


Trus 26 atau 27 November nih ada pengumuman kalau masuk mall kudu ada sertifikat vaksin. Waduh... Gawat nih. Aku kudu cepat vaksin kalau gitu. Bagaimana aku bisa mencicipi Pepper Lunch favoritku kalau belum vaksin. Apalagi ada niatan mau ke UNIQLO di Big Mall Samarinda. Hehehe....

Menjelang 28 November, aku menyiapkan diri buat vaksin. Sehari sebelumnya enggak banyak konsumsi kopi biar bisa tidur banyak pas malamnya. Jangan begadang walau banyak pertandingan bola yang seru-seru.

Pagi 28 November, eh Balikpapan diguyur hujan. Untunglah sekitar jam 9an sudah reda. Aku dan suami kemudian berangkat pergi. Sebelumnya kami makan dulu di warung prasmanan SHM. Kan kudu makan dulu sebelum vaksin.

Makan sebelum vaksin

Btw, kalian kalau ke warteg gitu pilihan menunya apa sih? Aku biasanya hati / ikan asin. Trus pas sayur pare. Ini agak kemaruk ya jadi aku ambil banyak. Wkwkwk.. kan kudu strong mau vaksin.

Setelah makan langsung ke hotel Maxone. Kaget juga sih sama situasinya yang ramai. Aku langsung ke meja buat ngambil kertas buat diisi. Di kertas itu juga dikasih nomor antrean. Dikasih masker juga. Alhamdulillah.

Sebenarnya di pengumuman vaksin udah dikasih tahu kalau bawa :

- KTP / KK

- Pulpen

- Sarapan sebelum vaksin

Nah lho aku malah lupa bawa pulpen. Gubrak deh. Jadi suami jalan nyari pulpen di sekitaran situ. Aku tetap berada di sana memantau kondisi. Orangnya buanyaaaak banget dan pasti lama nih antreannya.

Saat itu waktu menunjukkan pukul 10.20 dan antrean baru nomor 250. Sedangkan nomor antreanku 846. Masih jauh bener. Aku ajaklah suami buat ngupi ke Dunkin sekalian aku mau ngisi ini lembaran kertas buat data-data. Kan enak kalau ngisi di Dunkin ada meja gitu. Wkwkwkwk... Alasan aja... Lalu meluncurlah kami ke Dunkin. Ambil 2 donat dan pesan 2 es cappucino ukuran besar. Ya ampun perutku jadi penuh sekali. Hahaha....

Ngupi sebelum vaksin

Setelah selesai mamam mamam, aku dan suami kembali ke tempat vaksin. Loh kok sepi ya? Kerumunan pada melonggar. Aku pun kembali duduk manis buat dipanggil. Tapi kok lama enggak ada panggilan? Trus petugas di depan pada lepas APD.

Ternyata oh ternyata lagi istirahat dan beroperasi kembali jam 1 siang. Kata pengantre di dekatku, antrean terhenti di angka 700. Jadi nanti yang pertama dipanggil nomor 701.

Aku kan nomor antreannya 846, eh, enggak deng. Aku dapat kertas bernomor 746 di kursi. Sepertinya ditinggalkan peserta vaksin entah siapa. Ya udah deh aku ambil aja. Kan mayan 100an nomor.

Saat itu waktu menunjukkan pukul 11.45. sementara waktu Dzuhur kan jam 12an. Jadinya aku dan suami pulang dulu buat shalat Dzuhur. Aku bilang sama suami, aku sendiri aja ke tempat vaksin. Biar suami enggak usah ikut. Istirahat di rumah, mumpung libur.

Tapi dia keukeuh mau antar. Katanya reaksi vaksin tiap orang beda, khawatir aku lemes atau apa gitu. Jadi, berangkat lagi sama suami. Pukul 1 lewat dikit sampai di sana. Aku langsung menuju tempat antrean sementara suami markir motor. Enggak lama nomorku dipanggil. Langsung deh registrasi.

Jadi Langkah-langkahnya gini :

Meja Registrasi

Pertama ke meja registrasi. Dicocokan data yang kita isi dengan fotocopy KK / KTP yang kita punya.

Kedua, tensi dan ukur suhu.

Ketiga, kayak pengecekan hasil tensi dan ukur suhu gitu. Diberitahu kalau kudu banyak minum air putih gitu.

Keempat, ke meja vaksin. Di sini ada beberapa kursi kosong gitu. Aku langsung gercap ngambil kursi yang petugas vaksinnya ibu-ibu. Cepat banget ini proses suntiknya. Enggak berasa. Wkwkwkwk. Aku awalnya bilang mau sebelah kanan, kata ibunya kalau enggak kidal kiri aja. Ya udah deh kiri aja.

Kelima, ke meja terakhir buat dapat kertas yang isinya barcode gitu, eh, maksudnya kartu vaksinasi covid. Trus di sana dikasih tahu juga kapan vaksin dosis kedua.

Sudah deh. Semua selesai. Alhamdulillah...

 

Pakai baju apa?

Nah ini nih yang sempat jadi bahan pikiran aku. Sampai nanya ke Intagram story dan banyaak banget dapat reply dari teman-teman. Sebagian besar ngusulin pakai baju pendek di bagian dalam, trus pakai cardigan atau jaket atau outer. Ada juga yang bilang, ada kok bilik khusus muslimah pas mau vaksin. Tapi ternyata pas di sana enggak ada.

Aku enggak punya cardigan dan jarang sekali outfit pakai cardigan atau outer gitu. Sempat kepikiran buat beli tapi kalau cuma buat dipakai dua kali kan rasanya gimana gitu. Sayang. Hahaha....

Nah, akhirnya aku putusin pakai baju olahraga lengan pendek yang biasa aku pakai kalau olahraga di rumah plus gamis yang sudah aku punya yang punya resleting depan agak panjang sampai ke perut. Dan ternyata itu tidak masalah. Aman-aman aja pas mau vaksin.

Aku tinggal turunin resletingnya, buka di bagian lengan dikit. Bagian dalam kan pakai baju juga dan tertutup jilbab panjang juga menutup sampai perut. Jadi aman aja ga tersingkap. Apalagi proses suntiknya juga cepat.

Sudah vaksin Bundah

Apa yang dirasakan setelah vaksin?

Sekitaran 20 menitan - 2 jam aku berasa agak kebas sih di lengan. Tapi dikit aja. Ya perasaan ada yang beda aja di lengan yang disuntik. Namun enggak terlalu mengganggu. Kubawa tidur siang, pas bangun udah enggak berasa lagi.

Setelahnya ya normal aja sih. Nafsu makan normal aja... Tidur pun ya biasa aja sih enggak ngantukan gimana gimana.

Vaksin apa? Sinovac. 

Sorenya aku cek di aplikasi peduli lindungi, ternyata sertifikat vaksinnya sudah ada di sana. Cepat juga ya update-nya kirain perlu beberapa hari gitu.

Nah, itulah cerita vaksinku. Man teman sudah pada vaksin belum?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah memberikan komentar di blog saya. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menyaring komentar spam ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...