Prasangka lagiii...

Syafiyyah binti Huyai adalah salah satu istri Rasulullah. Saya suka sekali dengan nama Syafiyyah ituuuu.... :)

Yang paling saya ingat tentang cerita Syafiyyah adalah saat beliau bersama Rasul di mesjid. Dan setelah saya googling lagi ceritanya ternyata itu adalah salah satu hadist yang dirawikan oleh beliau. Hadistnya berbunyi :

ia berkata, “Suatu malam, Nabi beriĆ­tikaf di masjid, lalu aku datang mengunjungi Beliau. Setelah selesai mengobrol, aku berdiri dan hendak pulang. Beliau pun berdiri untuk mengantarku. Tiba-tiba dua laki-laki Anshar lewat. Tatkala mereka melihat Nabi, mereka mempercepat langkah mereka. “Perlambatlah langkah kalian! Sesungguhnya ini adalah Shafiyah binti Huyai,’kata Nabi. “Maha suci Allah, wahai Rasulullah, kata mereka. Beliau mengatakan, ‘Sesungguhnya setan itu berjalan pada aliran darah manusia. Sebenarnya aku khawatir, kalau-kalau setan membisikkan tuduhan dusta atau hal yang tidak baik dalam hati kalian.” (HR. Al-Bukhari).


Jadi  saat Rasul berjalan dengan Syafiyyah kemudian ada dua laki-laki Anshar, Rasul memberitahu kepada dua laki-laki Anshar itu kalau yang bersama beliau adalah Syafiyyah, istri beliau. Walaupun kata dua laki-laki Anshar itu mereka tak mungkin berprasangka buruk pada Rasul. Dan Rasul bilang : ‘Sesungguhnya setan itu berjalan pada aliran darah manusia. Sebenarnya aku khawatir, kalau-kalau setan membisikkan tuduhan dusta atau hal yang tidak baik dalam hati kalian.'

Seorang teman pernah mengatakan pada saya ketika mengetahui hadist ini : Islam itu sungguh ajaran yang menyeluruh dan sempurna. Ketika kita diajarkan untuk tidak boleh berprasangka buruk, kita juga diminta untuk tidak membuat orang lain berprasangka buruk terhadap kita.  Seperti yang dicontohkan Rasul.

*NtMS*

2 komentar

  1. Ada yang mengatakan begini: Lebih baik kau berbaik sangka lalu menyesal daripada berburuk sangka tapi menyesal juga.

    Tfs untuk pengingatnya Yan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar banget mbak.. Kekuatan baik sangka itu sungguh dahsyat walau tau begitu ynt juga tertatih buat bisa selalu berbaik sangka. Hiks.

      Hapus

Terima kasih sudah memberikan komentar di blog saya. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menyaring komentar spam ^_^