Toilet Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan

            “Kamu ke Derawan, Ti?” Tanya kakak saya di satu siang yang membuat saya melongo sesaat, kemudian menggelengkan kepala. Saya memang tidak ada memesan tiket pesawat ke Berau sebagai tujuan jika ingin ke Derawan.

            “Itu foto kamu,” ujar kakak saya lagi yang kemudian membuat saya ketawa. Saya sudah bisa menebak foto yang dimaksud kakak saya.

            “Itu di toilet bandara, Kak,” jawab saya ketika sudah mulai nyambung dengan pembicaraan kakak saya.

            Foto yang dimaksud kakak saya adalah foto di salah satu toilet di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan. Kabar tentang toilet bandara ini sudah saya dapatkan beberapa waktu yang lalu. Tadinya saya pikir, saya akan berkesempatan mendatanginya saat mudik lebaran nanti, tapi siapa sangka ternyata ada perjalanan dadakan yang harus saya lakukan. Jadilah saya punya kesempatan mengunjungi toilet tersebut. Ceileee… berkunjung ke toilet. Hahaha…
Toilet di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan
Toilet di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan

Tapi, ini toilet bukan sembarang toilet. Toilet ini didesain khusus sehingga para pengunjungnya seperti berada di tepi laut. Ada awan biru, ikan, kura-kura dan jembatan kayu buat meniti hingga ke tepian. Asli? Ya enggak lah. Boongan kok. Itu wallpaper dan keramik 3D. Tapi, emang desain seperti itu membuat suasana toilet menjadi berbeda.
Toilet Bandara
Itu bukan air sungguhan kok

            Sewaktu kabar toilet itu mulai tersebar, ada yang berniat buat datang ke bandara sekadar buat foto-foto di toilet tersebut. Sayangnya masuk ke toilet itu harus punya tiket pesawat, karena memang letaknya di ruang tunggu keberangkatan sehingga hanya mereka yang memiliki tiket pesawat yang bisa masuk ke sana.

            Sebelum masuk ruang tunggu terminal keberangkatan, saya masuk ke toilet yang ada di luar ruang tunggu. Di sana toilet biasa saja dengan dinding dan lantai putih. Kemudian masuk ruang tunggu, saya masuk ke toilet di Gate 11, dan lagi-lagi saya hanya mendapati toilet dengan dinding dan lantai putih.

            Jadi, di mana toilet itu berada?

       Ada di Gate 10 ruang tunggu terminal keberangkatan. Letaknya emang agak jauh ke ujung. Lebih jauh lagi dari reading corner di Gate 7 yang saya ceritakan di sini. Di Gate 10 ini juga ada mushalla. Sepertinya satu-satunya mushalla yang ada di ruang tunggu keberangkatan. Kalau di luar ruang tunggu ada beberapa mushalla lagi. Jadi, kalau mau shalat di mushalla sini, bisa deh sekalian nengok ke toiletnya. Hehehe….

           Sewaktu ke sana, saya memang tidak punya keperluan apa-apa di toilet. Cuma ingin melihat toilet kekinian itu. Jadi, sesampai di sana, saya hanya jepret sana sini dan merekam dengan video buat dijadikan stories di instagram. Hahaha… Setelahnya, saya bersiap meninggalkan toilet, eh, malah disapa sesembak penjaganya.

       “Tidak mau foto diri sendiri juga?” Tanyanya. Kemudian beliau menawarkan untuk memotret saya. Dan kesempatan itu tidak saya lewatkan. Ketika saya bingung harus bergaya bagaimana, sesembak itu kemudian bilang.

      “Coba fotonya sambil pura-pura megang air, Mbak,” ujarnya. Saya pun menuruti dan jadilah foto ini. Hihihi…

       Ketika saya benar-benar melangkah keluar, saya mendengar perbicanangan petugas-petugas bandara yang bilang ada stasiun TV yang meliput toilet tersebut. Benar saja, waktu saya di rumah orangtua di Barabai, suatu pagi menjelang siang, kakak saya memanggil saya.

         “Ti… Ti… Ini foto di instagram ikam,” seru kakak saya. Saya pun bergegas ke depan TV dan mendapati ada liputan tentang toilet tersebut di layar kaca.


            Jadi, buat teman-teman, yang punya tiket pesawat dari Balikpapan, dan bosan menanti jadwal penerbangan, mungkin toilet di Gate 10 bisa menjadi alternatif buat ditengok sebentar. Tapi hati-hati ketinggalan pesawat. Selain itu ada reading corner juga di bandara yang sama tempat kita untuk membaca santai sembari menunggu pesawat.  

15 komentar

  1. Salam kenal mbak, wah emang bagus ya, saya juga kemarin lihat di diberitakan di tv ☺

    BalasHapus
  2. Waaaa. Saya gak sempat ke toilet ini.

    BalasHapus
  3. ih lucu banget mba 3D hahaha jadi penasaran setealh ada reading corner ternyata ada toilet lucu begtu :D

    BalasHapus
  4. Wahhhh Toiletnya bisa jadi spot foto, kece banget ini toiletnya

    BalasHapus
  5. Itu toilet padahal di bandara ya tempatnya. Tapi bagus. Jarang2 bandara memperhatikan yang seperti ini.

    BalasHapus
  6. Indahnya dan bersih. Bikin krasan di bandara dong Mbak hehehe

    BalasHapus
  7. bandara Balikpapan keren...punya ide kreatif seperti ini..
    kayak beneran ya seperti main air di pinggir laut

    BalasHapus
  8. sempat baca juga di berita online bbrp waktu lalu...ah kalau dindingnya kayak gini siapapun bakalin manfaatin buat selfie-selfie... termasuk aku hihihi

    BalasHapus
  9. Idenya keren, jadi pengen ke Balikpapan neh sekalian selfie di toilet nya

    BalasHapus
  10. wah toiletnya kok bisa gitu ya... Kreatif bener,

    BalasHapus
  11. Ada-ada aja nih... Tapi bagus sih, jadi sedikit memperindah pemandangan...hehe

    BalasHapus
  12. bagus banget toiletnya... wah, bisa2 betah nih lama2 di sini hihi

    BalasHapus
  13. Desainnya bagus ya, brasa kek ada airnya hahahaha.
    Belum pernah nih keliling ke Bandara Sepinggan yg baru, pdhl kalo ke Tarakan transitnya ke sini dulu :D

    BalasHapus
  14. hihihi..itu toilet apa toilet yaak! unyu-unyu banget..:) Lupa kalo mau pipis liat toiletnya..langsung cekrek cekrek dah!

    BalasHapus
  15. Wah mba, enak kalo ada yang motoin sesama cewe. Kalo aku biasanya berdua sama suami, gak mungkinkan suami masuk hiks.. Padahal pengen narsis juga

    BalasHapus

Terima kasih sudah memberikan komentar di blog saya. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menyaring komentar spam ^_^