Tempat Wisata Alam di Yogyakarta Yang Tak Banyak Orang Tau



Sesuai Namanya, kota Yogyakarta adalah kota yang benar-benar istimewa. Yogya seperti menempati tempat yang special, bukan hanya buat yang lahir dan besar di sana tapi juga buat para wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta.

Saya masih ingat saat sepupu saya yang kerap dibawa orangtuanya berlibur ke berbagai kota di Indonesia, ketika ditanya ke mana dia ingin kembali? Dia menjawab Yogyakarta. Padahal sepupu saya itu masih kecil. Masih usia tujuh tahun dan Yogya telah memesona hatinya.


Pergi berlibur ke Yogyakarta seolah tak pernah berujung pada kata puas. Selalu ingin dan ingin kembali. Tidak mengherankan jika hal itu terjadi, karena banyak tempat wisata di Yogyakarta yang sukses memanjakan wisatawan yang datang. Bahkan adanya film Ada Apa dengan Cinta 2 membuat banyak penggemar Cinta dan Rangga ingin ke Yogya. Film itu memang sukses memperkenalkan beberapa tujuan wisata di Yogyakarta yang sebelumnya tak terlalu dikenal oleh orang.

Tapi Yogya tidak hanya punya wisata kota yang romantis yang membuat hati nyaman. Wisata alam Yogya pun tak kalah menariknya dan terus berbenah agar menarik minat para wisatawan. Jika kamu adalah jiwa muda yang haus akan keseruan demi melepas penat kehidupan sehari-hari, coba kunjungi tempat wisata di Jogja berikut ini deh.

Air Terjun Kedung Kandang
sumber foto: swaragamafm.com


Air terjun Kedung Kandang adalah salah satu tempat wisata yang jarang orang tau. Letaknya yang berada di tengah persawahan membuat hawa sejuk semakin terasa ketika kamu sampai di sana. Air terjun ini memiliki enam tingkat dengan air yang sangat jernih. Air terjun Kedung Kandang ini terletak di daerah Nglanggeran Patuk, Gunung Kidul. Siapkan alas kaki yang nyaman dan tidak licin ya, karena untuk menuju ke sana kamu harus melakukan trekking terlebih dahulu.

Watu Giring
sumber:dreamgedejogja.blogspot.com

Mau tau gimana rasanya duduk di kuil suku Maya? Datanglah ke Watu Giring. Tempat ini sebenarnya adalah sebuah tebing batu kapur namun memiliki bentuk seperti reruntuhan kuil suku maya. Tempat ini sangat indah dan cocok dikunjungi di siang hari. Ada juga goa yang membuat pengunjung seperti berada di dalam sebuah kuil kuno. Jika langit sedang cerah, kamu bisa mendapat bonus pemandangan puncak Merapi dari sini. Cobe deh kunjungi Watu Giring di Villa Jelok, Pacarejo, Semanu, Kabupaten Gunung Kidul.

Curug Setawing
sumber:marikitadolan.wordpress.com


Curug Setawing adalah salah satu air terjun dengan pemandangan cantik yang ada di Jogja. Tempat ini belum terlalu ter-ekspose karena letaknya yang agak nyempil. Untuk menuju ke sini kamu harus berjalan kaki agak jauh dan medan yang terjal menanjak. Namun perjalanan tersebut tidak akan terlalu terasa karena kamu akan didampingi oleh indahnya pemandangan sawah dan segarnya udara yang ada di sana. Namun tempat ini hanya bisa dikunjungi saat musim penghujan saja. Karena air terjun setinggi 45 meter ini akan mengering saat musim kemarau tiba.

Luweng Sampang
sumber:mapio.net

Tempat ini sering disebut Grand Canyon-nya Yogjakarta. Lekuk bebatuan yang ada di Luweng Sampang memang mirip dengan Grand Canyon, hanya beda di warnanya saja. Lebih serunya lagi, di tengah-tengah tebing tersebut terdapat sungai dengan air yang jernih dan menyegarkan. Kamu bebas untuk berenang atau sekedar duduk santai di sana. Tempat ini juga belum banyak yang tau karena letaknya yang cukup tersembunyi. Kamu bisa langsung datang menuju ke Desa Sampang, Gedangsari, Gunung Kidul ya. Karena masih belum ada penunjuk arah, jangan ragu untuk tanya ke warga lokal di sana.

Masih banyak lagi lho tempat wisata di Jogja yang masih tersembunyi seperti ini. Yakin nih tidak segera merencanakan liburan ke Yogyakarta? Kalau saya sih pengiiiin sekali bisa ke Yogya. Kamu?



3 komentar

  1. Jogja emang keren deh kalau soal pariwisatanya apalagi daerah Gunung Kidul malah banyak banget. Gak salah kalau jogja beneran istimewa gak cuman budaya tapi juga wisatanya.

    BalasHapus
  2. air terjun semua?
    ingin sekali kembali lagi ke jogja, kuliah dan ke rumah mbah.. :(

    BalasHapus

Terima kasih sudah memberikan komentar di blog saya. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menyaring komentar spam ^_^