Pesona Wisata Kuliner di Kota Bandung


Dan Bandung bagiku bukan cuma masalah geografis, lebih jauh dari itu melibatkan perasaan, yang bersamaku ketika sunyi - Pidi Baiq

Bandung. Ibukota provinsi Jawa Barat ini menjelma menjadi salah satu kota yang paling banyak menyerap wisatawan. Hanya berjarak 2-3 jam dari Jakarta, juga membuat Bandung menjadi pilihan oleh penduduk ibukota untuk menghabiskan akhir pekan di kota itu. Banyaknya wisatawan yang mengunjungi Bandung juga dibarengi dengan banyaknya hotel di Bandung yang bisa kita pilih.

Bandung memang menawarkan aneka rupa wisata. Wisata Alam ada Kawah Putih, Curug Maribaya, atau pun Gunung Tangkuban Perahu. Untuk wisata religi, Daurat Tauhiid di Geger Kalong bisa kita kunjungi untuk memberikan asupan pada ruhani. Factory Outlet yang menjamur di Kota Bandung juga membuat Bandung menjadi salah satu destinasi wisata Belanja. Selain Factory Outlet, ada beragam tempat lain di Bandung yang bisa dikunjungi untuk berbelanja fashion seperti Pasar Baru Trade Center, Pasar Cibaduyut, Gang Tamim, dan masih banyak lagi.


Bicara tentang kuliner, wuiiih.... Bandung punya banyak aneka rupa pilihan kuliner. Dari sekadar camilan sampai minuman, dari kaki lima sampai sekelas resto bintang lima. Sebagian dari kita mungkin sering menemui Batagor Bandung, Siomay Bandung, Roti Bakar Bandung, Bubur Ayam Bandung, dan aneka rupa jajanan atau makanan lain yang berlabel Bandung. Maka menikmatinya langsung di kota Bandung, tentulah punya sensasi yang berbeda.

Dari sekian banyak wisata kuliner di Bandung, ada lima yang harus dicoba saat ke Bandung.

Pertama, Cuanki Serayu.
Cuanki Serayu

Konon nama Cuanki itu berasal dari kalimat cari uang jalan kaki, karena itulah banyak sekali penjual cuanki yang kita temui di kota Bandung. Tapi yang paling terkenal dengan antriannya yang puanjaaang itu tentu saja harus kita nobatkan pada Cuanki Serayu. Bertempat di Jalan Serayu, satu mangkok cuanki ini termasuk kuliner yang tidak boleh dilewatkan saat berkunjung ke kota Bandung. Perbedaan yang mendasar antara cuanki dengan bakso yang biasa kita temui adalah pada kuahnya. Kuah cuanki terbuat dari rebusan tulang ikan.

Kedua, Kedai Mie Akung.
Mie Akung

Buat para penggemar mie, jangan lewatkan untuk mencicipi mie dari Mie Akung ini. Mie Akung ini semakin terkenal di kalangan generasi milenial dan para penggemar film karena muncul di film Dilan 1990. Salah satu menu favorit di Kedai Mie Akung ini adalah Mie Yamin BPTSC (Bakso, pangsit, tahu, siomay dan ceker).
Satu porsi mie Akung Bandung

Jika memesan satu porsi, maka yang akan datang ke kita adalah dua buah mangkok berupa satu mangkok berisi mie dengan rasa yang manis beserta suwiran daging ayam melimpah di atasnya dan satu mangkok lagi berupa bakso, ceker, sawi hijau, dan teman-temannya dengan kuah bakso yang lezat. Tentu saja, dua mangkok ini porsi jumbo di mana butuh kelaparan ekstra dan kekuatan lambung untuk menyantapnya. Tapi, jangan khawatir, kita bisa memesan porsi setengah atau menyantap porsi penuh untuk berdua. Mie Akung ini terletak di Jalan Lodaya, Buah Batu, Bandung.

Ketiga, Batagor KingSley
Batagor goreng kingsley

Jika teman-teman selama ini menikmati Batagor berlabel Bandung di kota masing-masing, maka jangan lewatkan untuk menikmati Batagor di kota asalnya. Di antara banyak kedai Batagor, batagor Kingsley bisa menjadi pilihan. Batagor Kingsley adalah kedai batagor paling terkenal seBandung Raya. Pengunjungnya selalu rame. Ciri khas dari batagor ini adalan ikan tenggirinya yang begitu terasa serta teksturnya yang juga empuk.
Batagor kuah

Di kedai batagor yang beralamat di Jalan Veteran ini, kita bisa memesan batagor goreng dan batagor kuah. Batagor goreng seperti layaknya batagor yang kita nikmati disajikan dengan saos kacang dan kecap, sementara batagor kuah disajikan dengan kuah dengan aroma seperti kuah bakso. Batagor kingsley ini juga bisa dijadikan sebagai oleh-oleh karena di sana juga melayani pengemasan khusus untuk dibawa dalam perjalanan ke luar kota.

Keempat, Bubur Ayam Pak H. Amid

Yang sering sarapan bubur Ayam Bandung di kota masing-masing, saat ke Bandung, jangan lupa untuk menikmati bubur Ayam di kota asalnya. Bubur Ayam Pak H. Amid ini bisa jadi pilihan. Terletak di Jalan Pajajaran No. 85 kedai bubur Ayam ini selalu ramai pengunjung.
Bubur Ayam Pak H. Amid

Salah satu menu andalan di kedai Bubur ayam ini adalah bubur ayam spesial. Bubur ayam yang kental dipadukan dengan toping yang banyak berupa satu butir telur yang dibelah dua, hati ampela, cekue, dan ayam suir, serta bawang goreng dan daun bawang yang banyak.  Dan tak lupa tambahan semangkok kerupuk semakin memperlengkap sajian bubur ayam tersebut.

Kelima, Sari Sari Aneka Kue Jajan Pasar
Sari sari Bandung

Setelah puas makan aneka makanan khas Bandung, mari kita jajal jajanan pasar yang ada di Sari sari ini. Aneka rupa jajanan pasar ada di sini dan rasanya enak dan lezat. Karena itulah tempat ini juga selalu ramai oleh pengunjung dan mereka sudah antre sejak subuh. Sari sari ini terletak di Jalan Tirtayasa No. 17 Bandung.
Aneka jajan pasar Sarisari

Jenis kue yang dijual di sini banyak sekali, mungkin kalau dihitung bisa mencapai serratus lebih jenis kue. Seperti nagasari, kue lumpur, aneka lumpia, kue apem, ketan srikaya, talam singkong, dan yang terasa asing buat saya yaitu jalabria yang terbuat dari tepung ketan yang diberi gula dan digoreng. Selain yang sebutkan, tentu saja masih banyak lagi jajanan pasar yang bisa kita dapatkan di Sari sari ini. Berkunjung ke Sari sari akan membuat kita lebih mengenal aneka jajanan Nusantara.
Aneka jajanan pasar di Sarisari Bandung

Itulah lima kuliner di antara sekiaaan banyak kuliner yang ada di Bandung. Kalau berwisata ke Bandung, tentunya harus diatur sedemikian rupa tempat mana saja yang akan kita kunjungi termasuk masalah transportasi lewat darat atau udara, dan juga menentukan hotel di Bandung. Kita bisa memilih penginap murah di Bandung, hotel murah di Bandung, hotel bintang lima di Bandung, atau guest house.
Ada 949 hotel di Bandung di Pegipegi

Di aplikasi Pegipegi ketika mengetik Bandung di pencarian hotel maka ada 949 hotel yang bisa kita pilih. Wah, banyak sekali. Tapi tenang saja, banyaknya pilihan itu bisa kita filter berdasarkan kisaran harga, hotel bintang berapa yang kita inginkan, serta fasilitas apa saja yang ingin kita dapatkan. 
Bisa difilter agar mendapat penginapan di Bandung yang kita inginkan

Kita juga bisa memilih tipe akomodasi, mau hotel, villa, guest house, atau yang lainnya. 

Mau mewah, favorit, untuk keluarga, atau pun yang hemat juga bisa kita filter. Dengan begitu, pilihan akan semakin mengerucut ke opsi yang benar-benar kita butuhkan. 
Dengan filter semakin mengerecut untuk pilihan hotel di Bandung yang kita inginkan.

Selamat memilih hotel atau penginapan yang tepat di Bandung. Enjoy Bandung!


5 komentar

  1. Sesekali kayaknya harus coba ke sana ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayuuuk kapan. Cari harjipnas trus ajukan cuti. Hahaha...

      Hapus
  2. Kangeen banduuung, pengen batagornya... mau batagor kuah belum pernah coba.. veteran tuh deket hotel best western ga ya? Hehehe

    BalasHapus
  3. Kalau sayah mah... Tetep aja kuliner daun muda alias lalapan yg ngangenin. Beda segernya... apalagi daun pohpohan

    BalasHapus
  4. Batagor Kingsley enak tapi mahal :( duh jadi kangen Bandung.

    BalasHapus

Terima kasih sudah memberikan komentar di blog saya. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menyaring komentar spam ^_^