Menyerbu Sarang Big Bad Wolf Balikpapan


Kamis, 31 Oktober 2019 dengan resmi Big Bad Wolf Balikpapan dibuka. Dari beberapa hari sebelumnya saya dan teman-teman sudah merencanakan untuk datang di hari tersebut. Selain opening ceremony pada hari tersebut juga ada preview day, yaitu penjualan 1 hari sebelum hari H di mana yang bisa masuk ke sana adalah pemegang preview pass. Berhubung pada saat konfrensi pers BBW saya dan teman-teman diberikan preview pass, maka kami pun bersemangat untuk datang.
Big Bad Wolf hadir di Balikpapan


Buat saya pergi ke Dome Balikpapan Sport and Convention Center (BSCC) sendiri merupakan sebuah tantangan tersendiri. Maklumlah saya ini tipikal orang yang susah hafal jalan. Apalagi Dome yang sangat jarang saya datangi, terakhir ke sana sepertinya tahun 2016 pada saat Indonesia Masters. Jadilah di pagi itu, dengan petunjuk suami saya pergi ke Dome sendiri. Udah senang banget ngelihat Dome di seberang jalan dan poster BBW dari kejauhan, tapi ternyata saya salah ambil jalan  ketika menunggu lampu merah. Harusnya ambil jalan kanan, eh, terus aja. Akibatnya diklaksonin sama pengendara yang lain. Wkwkwkwk…. Akhirnya muter jalan untuk kembali ke jalan benar.

Dome BSCC merupakan tempat diadakannya Big Bad Wolf Book Sale dari tanggal 1-10 November 2019 mulai Pukul 08.00 – 24.00. 31 Oktober kemarin sekalian preview day juga diadakan Opening Ceremony yang dihadiri oleh Presiden Director Big Bad Wolf Indonesia Ibu Uli Silalahi, Bapak Walikota Balikpapan Bapak Rizal Effendi, anggota DPR Komisi X Bapak Ferdiansyah, dan kepala kantor Wilayah XI, PT Bank Central Asia (BCA) tbk Bapak Mingto Purba.
Sambutan dari Bapak Walikota Balikpapan

Suka membaca tapi susah mendapatkan akses buku adalah hal yang tidak diinginkan oleh BBW karena itulah misi BBW menghadirkan buku-buku berkualitas ke tengah masyarakat. Karena kalau kita suka membaca tapi mendapatkan akses buku sulit, itu bisa menggerus minat baca. Hal ini benar banget sih ya, karena aku ingat banget waktu kecil betapa susahnya mendapatkan buku. Perpus ada, tapi malah sering tutup. Jadi, beruntunglah sekarang yang bisa dengan mudah mendapatkan buku-buku berkualitas.
Bersama teman-teman Blogger di Opening Ceremony BBW Balikpapan

Big Bad Wolf juga membuka donasi buku yang tahun ini bekerjasama dengan Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan ABRI dan TNI POLRI (FKPPI) untuk menyebarkan buku bacaan yang berkualitas ke perpustakaan-perpustakaan baik di sekolah, desa, atau pun taman bacaan yang berada di Kalimantan Timur. Bazar Buku Big BadWolf berkomitmen untuk bisa memberikan dampak langsung kepada masyarakat Indonesia.

Mengapa membaca itu penting? Dalam Agama Islam saja perintah pertama itu adalah Iqro yaitu bacalah. Jadi, tentu dong banyak sekali manfaat dari membaca yang bisa kita dapatkan. Sedihnya menurut data UNESCO pada tahun 2012, indeks membaca dan berliterasi masyarakat Indonesia sangat memperihatinkan, hanya 0,001 persen, yang artinya dari 1000 orang Indonesia, hanya 1 yang rajin membaca. Riset lainnya dari Central Connecticut State University pada Maret 2016 lalu dengan tajuk Most Literate Nation in The World, menyatakan kalau Indonesia menduduki peringkat ke-60 dari 61 negara soal minat membaca. Hampir jadi juru kunci. Hiks.

Itulah sebabnya menanamkan kebiasaan membaca sejak kecil itu perlu sekali. Memperkenalkan buku pada anak-anak di zaman gadget sekarang emang perlu tenaga lebih sih. Tapiiii… Di Big Bad Wolf Balikpapan ada banyaaaak sekali buku-buku anak yang bisa kita pilih. Buku-bukunya menarik dan unik sekali. Ada juga buku ajaib yang menggabungkan literasi dan teknologi agar imajinasi anak-anak bisa berkembang.
Buku Ajaib

Saat tahu kalau di Big Bad Wolf itu kebanyakan yang dijual adalah buku berbahasa Inggris, sebenarnya saya agak kurang tertarik sih. Bahasa Inggris saya kan minim sekali, buat membaca dalam Bahasa Inggris itu repoot sekali. Bisa sih kadang, tapi satu halaman aja luamaaaa… Itu pun dibantu kamus dulu. Tapi saya tetap bersemangat datang ke BBW dan ternyata ketidaktertarikan saya sirna tak bersisa.

Ketika masuk ke dalamnya, MasyaAllah saya takjub sekali dengan buku-buku yang saya temui. Rasanya saya terus berpikir, kok bisa sih kepikiran ide nulis kayak gini. Kok bisa sih ada buku keren gini. Mendapati buku-buku luar negeri di depan mata rasanya emang berbeda sih. Sebagai penulis, datang ke BBW juga bisa dijadikan riset lho terhadap buku-buku luar negeri. Apalagi buku anaknya. Wow semuaaa. Baik ide, pewarnaan, kertas, serta tampilan.

Ada buku yang berjudul The Big Book of Giant Animals, buku itu guedeee banget. Di dalamnya kasih info tentang hewan-hewan besar. Tapi, di tengah buku itu ada lagi buku The Small Book of Tiny Animals yang isinya tentang hewan-hewan yang kecil. Saya takjub sekali dengan ide buku itu.

Buku-buku pop up-nya juga menarik. Buku pop up itu kalau kita buka maka dia membentuk benda. Dulu waktu saya kecil Sukanya sama kartu lebaran yang kalau dibuka ada bangunan masjid. Nah, di BBW buku pop up ini banyak sekali pilihannya. Ada buku pop up untuk mengenal angka dan abjad juga, dan buku ini laris sekali. Hari kedua saya datang ke sana, dan stok bukunya habis. Huhuhu… Padahal ada teman juga mau nitip. Semoga stoknya datang lagi deh.

Buku-buku lain juga tak kalah menariknya. Ada buku yang bisa bersuara, buku yang bisa ditarik trus nanti keluar warna beda dari di halaman itu. Belum lagi buku-buku yang menambah wawasan anak tentang banyak hal. Kalau yang ngikutin instagramnya Ibok Retno Hening pasti sering lihat kalau ibu bacain buku buat Kirana atau Rusmaysha, dan buku-bukunya keren-keren kan? Nah, di Big Bad Wolf ada buku-buku tersebut.

Selain buku anak, buku-buku di booth lain juga menarik. Apalagi buat penggemar Marvel, wuiiih komplit aja gitu dari komik sampai kumpulan sejarah. Buku masak juga aneka ragam. Buku tentang fashion, buku sejarah semua ada. Menarik banget sih buat para pecinta buku.

Ibu Uli Silalahi dalam sambutannya juga bilang yang penting datang dulu, baca-baca di sana karena Big Bad Wolf juga seperti perpustakaan. Ada buku-buku sampel yang bisa kita baca. Urusan beli itu nomor 3, kata Ibu Uli. Pekan kemarin saat suami mengajak jalan-jalan dan beliau memberikan pilihan mau ke mall atau BBW? Saya jawab ke BBW dong. 10 hari doang, kalau mall kan bisa kapan aja.
Big Bad Wolf Balikpapan

Pada waktu Preview Day hari Kamis, 31 Oktober itu Dome BSCC penuh sekali dan antrinya panjaaang sekali. Kata teman, sampai 2 hingga 3 jam antrinya. Tapi, hari kedua dan ketiga ke sana, di kasir sudah tidak antri lagi. Di BSCC Dome itu juga ruangannya ber-AC jadi adem gitu kita nongkrong di sana. Apalagi bisa duduk-duduk di lantai duanya sambil foto-foto. Foto-foto di sana kemudian upload ke media sosial bisa berkesempatan menang hadiah juga yang total hadiahnya 30 juta. Mana kesempatan menang juga lumayan besar karena setiap hari ada 10 pemenang yang dipilih. Caranya bisa dilihat di IG @bbwbooks_id
BBW seru 

Datang ke Big Bad Wolf emang bikin ketagihan sih ya. Saya excited sekali. Pada  tanggal 31 Oktober saat preview day aja saya sampai datang dua kali. Pagi sampai siang udah di sana, malam balik lagi ke sana ngajak suami. Begitu masuk ke dalam, saya dan suami pun berpisah karena kami punya genre bacaan favorit yang berbeda.

Sedikit tips buat teman-teman yang mau datang ke Big Bad Wolf Balikpapan di Dome BSCC :
1.  Makan, minum, dan istirahat yang cukup. Biar strong pas di sana. Dan bisa konsen memilih buku.
2.   Pakai pakaian yang nyaman, terutama alas kaki baik sepatu atau sandal. Kan di sana kita muter-muter buat nyari dan lihat buku, kalau alas kaki tak nyaman nanti susah deh.
3.  Kalau baca buku atau ambil buku, kemudian tidak jadi membeli kembalikan ke tempatnya semula. Kalau rapi, kan kita enak juga milih-milihnya.
4.  Bawa minum dalam tumbler sendiri. Sebenarnya tidak boleh makan dan minum di dalam, tapi mungkin habis pilih-pilih buku kita haus, persiapan lah bawa minum sendiri.
5.  Bawa tas sendiri. Di Big Bad Wolf tidak menyediakan plastik ya jadi sedia tas sendiri. Kalau diperhitungkan bakalan banyak sekali borong buku, bawa koper juga boleh.

Nah, itu sedikit tips dari saya kalau teman-teman ke Bid Bad Wolf. Jangan lewatkan deh mampir ke sana, karena tidak setiap saat ada BBW di tempat kita. Mumpung banget kan BBW-nya yang mendatangi kita ke Balikpapan. Dan tinggal 6 hari lagi lho BBW akan pergi… Huhuhu… Kok Sedih ya? Belum pergi, aku sudah rindu.


3 komentar

  1. Balasan
    1. Empat kali. Hahahaa.... Ke sana lagi yuk...

      Hapus
  2. wah gak sabar buat nunggu yang di Jakarta, mau boroooooong :D

    BalasHapus

Terima kasih sudah memberikan komentar di blog saya. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menyaring komentar spam ^_^