Senin, 22 Agustus 2022

Berapa Biaya Listrik Satu Bulan?

 


Hal yang bikin saya penasaran ketika pindah ke rumah baru adalah berapa biaya listrik sebulannya. Dulu pas masih tinggal di Handil Muara Jawa, kontrakan kami sudah termasuk dengan listrik. Jadi pengeluaran listrik tiap bulan 0 rupiah.

Saat pindah ke Balikpapan, saya kaget juga karena listrik sekitaran 400 ribuan sebulan. Malahan bisa lebih kalau AC lama tidak di-service. Jadi, di kost itu pakai AC yang dalam 3 bulan itu kudu di-service. Kalau enggak ya enggak dingin. Tapi biasanya karena agak malas minta tukang AC datang. Jadi deh AC nyala di suhu minimum trus dibantu kipas angin pulak. Dalam situasi ini, listrik jadi lebih deh dari 400 ribu sebulan.

 

Bagaimana dengan rumah yang baru kami tempati ini? Berapa Biaya Listrik Sebulan?

Sebelumnya saya rincikan dulu alat listrik apa yang biasa saya pakai.

 

Lampu

Untuk luas ruangan lebih luas daripada di kost. Jadi, pemakaian lampu juga lebih banyak. Kami memakai lampu LED dari Philips dengan rincian : dua lampu di kamar, dua lampu di teras, dua lampu di ruang tamu dan ruang makan, satu lampu dapur, satu lampu kamar mandi, satu lampu di bagian halaman belakang.

Yang selalu menyala kamar mandi. Sering lupa matiin kalau siang. Yang lain sebagian besar mati saat siang hari. Atau untuk kamar sesekali menyala kalau cahaya matahari terlalu silau, jadi gorden kututup dan lampu menyala kala butuh penerangan.

 

Rice Cooker

Rice cooker masak nasi mungkin 5 kali dalam sepekan, karena biasanya kalau weekend saya dan suami makan di luar. Tapiiii... Saya tipikal orang yang menyalakan rice cooker pas mau makan aja. Jadi, kadang kalau udah selesai jam makan saya cabut dan colok lagi 1-2 jam sebelum makan.

 

Setrika dan Mesin Cuci

Setrika dipakai hanya untuk baju yang dipakai di luar. Untuk pakaian yang dipakai di rumah, tidak saya setrika. Mesin cuci 2 tabung merek LG, saya gunakan 3-4 kali dalam sepekan.

 

Kulkas

Kulkas saya menggunakan merek LG, sudah Inverter kapasitas 500an liter. Menyala tentu saja tiap waktu denga nisi mungkin sekitar 70% dari kapasitas yang tersedia. Saya anak kulkas banget soalna, apa-apa masuk kulkas. Jadi, walaupun Cuma berdua, tetap perlu kulkas gede.

 

AC

AC LG dual inverter yang tiap hari nyala. Kadang nyala 24 jam, kalau hari dingin bisa dimatikan dari subuh sampai menjelang siang.

 

Biasanya digunakan buat bikin bakso, dimsum atau mau iris bawang

Blender dan Food Processur

Blender lumayan sering saya gunakan untuk menghaluskan bumbu. Tapi tersisa blender kecil aja buat bumbu. Bagian besarnya, sudah raib termakan usia. Blender yang saya gunakan merek Miyako. Pengin upgrade nunggu budgetnya tersedia. Hehehe…..

Food Processur Philips kalau lagi bikin dimsum, bakso, atau mau serut atau potong sesuatu. Dalam sebulan belum tentu saya pakai. Tapi pas lagi rajin, bisa dipakai 2 kali dalam seminggu.

 

HP dan Tablet

Hape ada 2 dan tablet 1. Pemakaian normal lah. Sehari bisa 2 kali charge untuk hape. Sementara tablet dalam 2-3 hari bisa sekali charge.

 

TV

TV Samsung 43 inch. Sering menyala. Dalam satu hari mungkin 12 jam lebih menyala. 

 

Treadmill

Beberapa hari ini suami lagi rajin treadmill. Treadmill yang digunakan adalah Kingsmith Walking Pad. Mungkin 4-5 kali dalam seminggu dengan durasi 30-40 menit sehari.

 

Laptop

Laptop hanya saya gunakan saat posting blog. Kalau ngetiknya, biasanya di hape dulu. Baru deh mau posting saya edit dan posting lewat laptop.

Laptop kantor suami nyala kurleb 3-5 jam dalam sepekan. Kecuali pas dia WFH. Laptop dan tv ukuran 29 inch hidup pas jam kerja, bahkan bisa lebih dari jam kerja tetap nyala. Dalam kurun waktu bulan ini, suami satu Minggu WFH. Oh iya, ada bawaan modem WIFI juga dari Indihome. 

 

Kipas angin

Jarang sekali menyala kecuali pas saat laki WFH atau memang cuaca hot sekali dan kami sedang berada di ruang tamu / ruang tengah. Beli kipas angin pun saat itu karena mau ada selamatan rumah. Supaya tamu merasa lebih nyaman.

 

Itulah alat listrik yang saya gunakan. Listrik di rumah kami 1300 Watt dengan sistem pembayaran prabayar atau token. Saya biasanya beli token per 200 ribu. Dalam satu bulan ini, saya beli di tanggal 21 Juli dan beli lagi di tanggal 8 Agustus. Pas di tanggal 21 Agustus, sisa listriknya 19 Watt.

 

Kalau 200 ribu dapat 125,9 Watt jadi per wattnya kena di Rp. 1588,56,-. Dikalikan 19 dan dikurangi 200 ribu jadi kurang lebih 170 ribu. Ditambah dengan pembelian sebelumnya 200 ribu. Jadi, dalam sebulan ini listriknya 370 ribu. Lebih hemat sih daripada di kost dulu tapi juga enggak drastis banget turunnya. Kata suami ya sekitaran 400 ribuan juga kalau dibulatkan. Hehehe....

 

Kalau teman-teman, berapa bayar listrik per bulan?

6 komentar:

  1. Aku 200 ribu kayaknya per bulan. Ada ac tapi jarang banget digunakan makanya irit. Hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. AC dasar pengaruh banar ka lah. Dulu jua di Handil kada pakai AC. Makanya ditanggung ampun rumah listriknya :')

      Hapus
  2. Kalo sering di rumah, kayaknya listriknya lebih cepat habis jg..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pastinya ya. Tapi gapapa deh boros asal WFH. Hehehe...

      Hapus
  3. Nah dalam memperhitungkan biaya listrik dalam satu bulan memang penting untuk merinci penggunaan apa saja. Wah sebanyak ini memang agak boros sih memang, jadi harus menyiasati sendiri biar hemat hehe. Terima kasih sharingnya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga boros kok, Mbak. Malah lebih hemat daripada yang sebelum2nya. Hehehe...

      Hapus

Terima kasih sudah memberikan komentar di blog saya. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menyaring komentar spam ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...