6 Hal yang Bisa Dilakukan Anak Kos Saat Idul Adha

Berbeda dengan lebaran Idul Fitri yang mempunyai jangka waktu libur yang cukup panjang, lebaran Idul Adha hanya memiliki waktu libur sekitar 1-3 hari. Bagi yang sedang merantau untuk kuliah atau bekerja, pasti berpikir berkali-kali untuk mudik atau sekedar pulang kampung.

Tak hanya jarak yang cukup jauh dan menyita waktu, tetapi biaya transportasi yang cukup mahal. Apalagi bagi yang diharuskan menaiki transportasi udara untuk pulang kampung, besarnya biaya yang harus dikeluarkan tentu menjadi bahan pikiran juga. Oleh karena itu, tidak heran banyak anak rantau yang tetap merayakan Idul Adha di tempat rantau. Bagi anak kos yang jauh dari kampung dan ingin merayakan Idul Adha di perantauan, ada beberapa hal yang bisa dilakukan saat Idul Adha, seperti :


1.      Menghubungi Orang Tua
Tidak seperti saat Idul Adha dimana waktu berlibur lebih lama dan diharuskan untuk mudik, lebaran idul Adha lebih singkat dan mengharuskan untuk merayakan idul Adha di tempat rantau. Perasaan sedih dan rindu kampung halaman biasanya menghampiri ketika Anda pergi ke masjid untuk solat dan kemudian kembali ke kosan dengan kondisi tidak ada siapa-siapa. Dalam kondisi seperti ini, Anda memiliki orang tua yang bisa Anda telepon dan sampaikan maaf padanya.

2.      Shalat Ied
Pastikan Anda tidak telat menghadiri momen sekali dalam setahun, yakni solat Ied. Pasang alarm dan sediakan baju dan alat solat lainnya agar tidak terburu-buru saat berangkat. Anda juga harus sudah menentukan, masjid mana yang akan Anda datangi.

3.      Berkumpul dengan Teman
Biar Anda tidak kesepian, Anda bisa berkumpul dengan teman-teman Anda seperjuangan. Anda juga bisa berkumpul dengan teman-teman dari kampung Anda dan bakar sate bersama. Tak hanya itu, Anda juga bisa melaksanakan takbir bersama di masjid-masjid.

4.      Bantu Proses Penyembelihan Hewan Qurban
Anda juga bisa mencari aktifitas lainnya seperti membantu proses penyembelihan hewan qurban di dekat tempat kos. Jadikan hal ini kesempatan untuk bersosialisasi dengan warga sekitar. Anda bisa membantu membagikan daging-daging ke rumah warga dan menikmati hidangan yang disajikan.
Qurban Kambing 

5.      Berkunjung ke Rumah Saudara atau Teman
Bagi Anda yang benar-benar merindukan keluarga dan makanan khas idul Adha, Anda bisa mengunjungi rumah saudara dan teman Anda. Di rumah teman atau saudara Anda yang merayakan Idul Adha, pasti menyediakan makanan khas Idul Adha.

6.      Wisata Religi
Bagi Anda yang tidak mau berdiam diri di kosan setelah melahap makanan-makanan khas Idul Adha, Anda bisa melakukan wisata religi brsama teman-teman Anda. Anda bisa mengunjungi masjid-mesjid bersejarah dan masih banyak lagi

Nah, bagi Anda yang merantau dan lagi menyelesaikan masa kuliah, momen ini bisa jadi pelecut semangat untuk cepat menyelesaikan studi Anda. Sedangkan bagi yang sedang bekerja, momen ini juga jadi pelecut semangat untuk semangat kerja dan bisa kembali ke kampung halaman saat Idul Fitri nanti.

Bagi yang sudah mampu berkurban, berkurbanlah karena Allah akan memberikan pahala sebanyak bulu yang ada pada hewan ternak Anda.  Bagi yang tidak memiliki lahan yang cukup untuk proses penyembelihan, Anda bisa membeli hewan Qurban di Bukalapak.

Saat ini Bukalapak berkolaborasi dengan ACT dan Global Qurban untuk proses berkurban yang lebih simple. Anda cukup membeli hewan Qurban yang tersedia di Bukalapak dan kemudian ACT akan mendistribusikan hewan Qurban untuk disembelih di tempat-tempat yang membutuhkan. Anda akan memperoleh Sertifikat Pengqurban dan tentunya laporan mengenai hewan kurban Anda baik sebelum dan sesudah di sembelih.

Jadi tunggu apalagi, yuk beli hewan Qurban di Bukalapak!

16 komentar

  1. Mba Yanti. Kalau dulu waktu aku kos lebaran ied ini waktunya jelajah kuliner ke rumah teman. Hihi.. biasnaya di jkt banyak rumah yg bakar2 sate pas idul adha. Hihi.. ke rumah saudara juga bisa. Pokoknya wisata rasa deh... hihi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seru ya, Mbak Ira. apalagi kalau Idul Adha biasanya pada masak daging ya. Banyak yang nyate juga :D

      Hapus
  2. Harganya pake harga normal atau harga idul adha ya..:p

    BalasHapus
  3. Wah, bisa beli ol..tentunya nggak dipaketin dong, hihihi *apaan sih*
    Sekarang udah di lapangan2 dekat rumah mulai berdatangan calon korbannya mbak. Btw, selama nge kost baru sekali idul adha nggak mudik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah.. Udah pada datang ya mbak. Kalau mudik ke Balikpapan menjelang Idul Adha biasanya sepanjang jalan juga banyak aroma sapi. Hehehe...

      Hapus
  4. Yantiiii...
    Setiap Idul Adha, si Abah pasti jadi panitia kurban jadi gak bisa pergi kemana-mana, paling siangnya sih hehe...

    Untunglah orang tua kita semuanya di Banduuung, jadi gak pernah mudik hehehe...*tapi semacam sedih yah gak pernah mudik sama sekali*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aih... Enak itu, Bi. Pada dekaaat dan ga perlu mudik. Ini kadang bingung membagi diri. Juga perlu pengeluaran tambahan. Hehehe...

      Hapus
  5. Idul Adha jarang berkunjung, paling2 istirahat di rumah or jalan2. Berapaan ya qurban lewat bukalapak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sih biasanya ke rumah nenek kumpul2 sama keluarga. Bisa klik link-nya mbak buat tau harganya ;-)

      Hapus
  6. kaya nya lebih asyik berkunjung kerumah teman..sekalian bisa bikin sate rame2 he2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya. Seru ya mbak. Gpp deh baju aroma sate. Hehehe...

      Hapus
  7. Kalo dulu pas masih kuliah setiap Idul Adha pasti sepi banget, tukang makanan pada tutup. Akhirnya aku ke tempat sodaraku aja, numpang makan, hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau dekat rumah saya ada bikin sate bareng2 mbak. Dagingnya seger banget ya abis disembelih langsung dimasak. Hihihihi

      Hapus
  8. Waah bisa ya Qurban lewat bukalapak

    BalasHapus

Terima kasih sudah memberikan komentar di blog saya. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menyaring komentar spam ^_^