Minggu, 21 Mei 2017

Merencanakan Liburan dengan Mudah

Kenangan itu muncul begitu saja. Saat membuka memories di facebook, saya menemukan foto-foto beberapa tahun yang lalu kala berkunjung ke Singapura. Bisa ke Singapura di bulan Mei 2011 saat itu sungguh tak terbayangkan oleh saya. Bagaimana tidak, saya hanya seorang gadis kampung yang jarang sekali berpiknik atau sekadar jalan-jalan. Kemudian, ada sebuah hadiah yang membuat saya bisa menjejak Pulau Tumasik. Negeri maju yang sebenarnya sangat dekat dengan negara kita. 
Singapura. Capture dari film Merry Riana

        Menjejak Singapura bukan hanya tentang saya bisa jalan-jalan di luar negeri. Tapi lebih dari itu saya ingin memaknai lebih sebuah perjalanan, tentang saya yang bisa menikmati hamparan ciptaanNya di luar negara, bisa melihat keteraturan sebuah negeri, beragam arsitektur bangunan, dan orang-orang yang melangkah dengan bergegas seperti tak ingin melewatkan waktu dengan sia-sia.

        Di Singapura, entah keberanian didapat dari mana saya justru berani berjalan-jalan hanya berdua dengan adik sepupu saya. Belajar membaca peta dari tempat yang ingin kami kunjungi, juga naik MRT dan terus mendengarkan pengumuman agar stasiun yang ingin kami tuju tak terlewati. Tiga hari di Singapura saat itu sungguh tak cukup, saya ingin kembali lagi. Kali ini saya ingin kembali ke Singapura bersama suami.

      Sebelum berangkat liburan, semua perlu perencanaan. Saya pernah membaca sebuah artikel yang menyebut merencanakan liburan saja sudah akan memberi pengaruh positif pada kita, sebab itu saya mencoba merencanakan liburan ke Singapura. 

Bagi saya ada tiga hal penting selain waktu dan budget yang perlu direncanakan, yaitu :
1.     Tujuan wisata
2.     Tiket Pesawat
3.     Penginapan

Tujuan wisata sudah ditetapkan yaitu Singapura. Untuk tempat yang ingin saya kunjungi di Singapura saya ingin menjelajah semuanya. Tapi tentu saja waktu tiga hari yang direncanakan tidak akan mencukupi. Jadi, ada prioritas. Beberapa tempat yang menjadi prioritas kunjungan kala ke Singapura adalah :

1.     Pulau Sentosa
Salah satu bagian di Pulau Sentosa

Di Pulau Sentosa ada Universal Studio yang sangat terkenal itu. Pulau ini terpisah dengan Pulau Tumasik yang menjadi daratan Singapura. Tapi, banyak sekali yang bisa dilihat dan dirasakan di sana. Selain Universal Studio, arsitektur bangunan-bangunan di Pulau ini juga bikin berdecak kagum. Belum lagi pantai yang ada di pulau ini. Saya ingin satu hari penuh menyusuri pulau ini. Konon katanya, satu hari pun tak cukup. Tapi tak mengapa setidaknya ada bagian-bagian pulau Sentosa yang berhasil dijelajahi.

2.     Merlion Park, Esplanade, dan Orchard Road.

Konon ada yang mengatakan kalau belum ke Singapura jikalah belum berfoto di Merlion Park dan di Orchard Road. Ini memang tujuan wisata kebanyakan wisatawan dan saya rasa saya juga tak ingin melewatkannya. Saya masih ingat saat menuju Merlion Park dengan hanya bantuan peta dan bertanya. Dengan kemampuan bahasa Inggris yang pas-pasan bisa menemukan Merlion Park saat itu seperti memenangkan sesuatu. Dan saya ingin mengulanginya lagi. Kalimat andalan saya saat ingin bertanya di Singapura adalah "Bisa cakap Melayu?" Hahaha.....

3.     Singapore Flyer
Menatap Singapore Flyer

Bianglala terbesar di Singapura itu juga menjadi salah satu bianglala terbesar di dunia. Lewat Singapore Flyer ini kita bisa menikmati keindahan Singapura dari ketinggian. Beberapa tahun yang lalu saya menonton film Merry Riana yang berlatar Singapura. Di sana, ada beberapa adegan di Singapore Flyer ini. Termasuk adegan yang paling baper versi saya saat Alva bilang “See how much I like you” pada Merry, juga adegan pada ending di tempat yang sama.

4.     Mesjid-mesjid di Singapura
Mesjid Haji Muhammad Salleh di Palmer Road Singapura

Kakak saya pernah bilang, jika berkunjung ke suatu kota, jangan lupa datang ke mesjid yang ada di sana untuk shalat. “Biar mesjid itu jadi saksi di akhirat nanti bahwa kamu pernah bersujud di sana,” ujarnya. Karena itu saya memasukkan mesjid sebagai tujuan utama jika berkunjung ke Singapura. Waktu ke Singapura dulu, saya sempat melaksanakan kewajiban saya di Mesjid Sultan. Rasanya adeem dan damai sekali dan ingin mengulanginya lagi. Selain Mesjid Sultan, saya juga berkunjung ke Mesjid Haji Muhammad Salleh di Palmer Road.

           Itulah empat tempat yang menjadi prioritas saya jika suatu saat berlibur ke Singapura. Kemudian saya akan mencari tiket pesawat yang menjadi salah satu bagian penting dalam perjalanan. Selama ini, jika ingin melakukan perjalanan saya selalu menggunakan aplikasi traveloka di ponsel saya. Kali ini pun begitu. Saya akan memulai perjalanan dari Jakarta karena bisa jadi saat itu suami masih ditempatkan oleh kantornya di Jakarta seperti sekarang

Ada beberapa pilihan maskapai. Saya memilih penerbangan menggunakan maskapai Tiger Air yang akan berangkat pukul 11.50 dan mendarat di Singapura pada pukul 14.40. Jadi, ketika mendarat saya bisa langsung check in di hotel dan selanjutnya menyusuri Singapura. 
Berangkat

Sementara untuk pulangnya, saya memilih maskapai Jetstar yang akan mendarat di Jakarta pada pukul 09.10 pagi.  Dengan begitu, mendarat di Jakarta masih pagi dan punya waktu untuk beristirahat sebelum memulai aktivitas lagi di hari senin.
Pulang

Setelah selesai urusan tiket pesawat, selanjutnya memilih hotel. Saya mencoba mengingat-ingat rekomendasi hotel di Singapura yang berseliweran di media sosial. Tapi itu sungguh memakan waktu. Apalagi informasi-informasi itu tenggelam, dan saya juga lupa menyimpan informasi itu di mana.

‘Ah, balik ke traveloka saja kalau begini,’ pikir saya. Dan entah dapat hidayah dari mana, saya tetiba pengin update aplikasi traveloka di ponsel saya dan tercengang ketika menemukan ada pilihan produk tiket + hotel di tampilan depan Traveloka yang baru saya update. Saya coba memasukkan rencana perjalanan saya di sana dan ternyata itu jauh lebih memudahkan.
Ada pilihan flight + hotel

Di sana ada beberapa pilihan yang bisa saya dapatkan. Tiket pesawat pulang pergi dan juga sudah termasuk biaya hotelnya. Saya tinggal memilih di hotel mana ingin menginap. Sekali klik, semua sudah lengkap untuk tiket pesawat dan hotel. Tinggal bayar dan liburan pun akan siap di depan mata. Mudah dan sangat menghemat waktu.

Ternyata dengan memanfaatkan produk tiket + hotel di traveloka, saya tidak hanya menghemat waktu dan tenaga dalam mencari penerbangan dan hotel tapi juga ada penghematan dari budget yang mesti dikeluarkan. Tak tanggung-tanggung hematnya sampai 23% dan penerbangan serta hotel yang bisa saya booking lebih murah Rp. 1.430.066,- . Ini Lebih murah daripada pesan satu-satu atau terpisah. Uang satu juta lebih bisa dibelikan oleh-oleh atau buat berwisata kuliner menikmati masakan Melayu yang halal di Singapura.
Lebih murah satu juta lebih

Wah, asyik sekali ya. Produk tiket + hotel ini emang layak buat dicoba karena memudahkan, menghemat waktu, dan lebih murah pulak. Yuk ah kita liburan dengan paket tiket hotel Traveloka.

Singapura… Tunggu kamiii….


30 komentar:

  1. belum kesampean liat Merlion aku mba doakan y mb bisa nyusul kesana foto dg gaya minum air dr merlionnya 🤣😂
    btw traveloka sediain semuanya y jd ga ribet y mba tgl klik lgsg deh bayar beres aman makasi infonya baru tau aku ☺️

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin... saya juga waktu itu Merlion lagi ada perbaikan, Mbak. Hihihi. Ga kesampaian juga foto spt orang2. Iya mbak... ga ribet pakai traveloka :-);

      Hapus
  2. Mudah - mudahan bisa segera honeymoon ke singapura ya mbak...daaann mudah - mudahan daku pun bisa piknik ke singapura hehehe..gampang ya kalau pake traveloka..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiiiin mbak Widhie... semoga kita bisa ke Singapura yaa... :-)

      Hapus
  3. Aku adalah emak yang berbahagia dengan adanya produk start up yang memudahkan kita dalam merencanakan liburan. Mengurangi keribetan ala emak-emak. Traveloka ini wajib banget ada digadget yaa... Kalau ke Singapura, masukkan aku ke tasmu ya mbak. hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya banget mbak Wid. Waktu ganti ponsel traveloka emang kudu banget sy install. Mau pergi2 ya traveloka yg jadi andalan. Hehehe... jangan di tas dunk mbak. Duduk di samping saya aja :-)

      Hapus
  4. Aku sempet kesana.. Emang enak banget yaa mba. Apalagi kalo udah punya anak, lebih ringan karena transportasinya nyaman dan trotoarnya luas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener. Pejalan kaki dimanjakan ya. Transportasi publiknya juga oke punya :-)

      Hapus
  5. Pingin ke sana, moga2 kesampaian, amin :)

    BalasHapus
  6. Pengen juga nih berlibur langsung dapat diskon pesawat dan hotel ya mba. Untung doubel

    BalasHapus
  7. Ga terlalu mahal juga ya tiket kesana. Jadi pengen :)
    Moga ada kesempatan dan uang juga buat kesanah. Aminn

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Iya. Tiketnya kurleb aja kalau mau ke Kalimantan dari jakarta :-)

      Hapus
  8. Wuaa baru tahu di ingapura masih ada masjid2 teduh kayak itu ya. Kirain semua serba cosmo.. semoga bisa honeymoon ke sana ya mba..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin... ada mbak. Yg di Palmer Road itu di sekitar gedung bertingkat :-)

      Hapus
  9. sha juga rencana taun depan, tapi belom beli tiketnya :D

    BalasHapus
  10. kayaknya emang murah banget ya tiket ke singapura ini. kulihat orang sampai bolak-balik ke sana. he

    BalasHapus
    Balasan
    1. Inggih ka. Murah aja. 600an dri jakarta..

      Hapus
  11. Waduh, jadi pengen kesana juga. Udah lama ini 'bepingit' dirumah. Semoga ada rezeki kesana nanti ya.. Kuliah lagi mungkin.. Hihi.. *ngayal dulu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin... kuliah di Singapore kece ya mbak. Saya pun bapingit aja di Kalimantan. Hehehe...

      Hapus
  12. Aiih beruntung ya sekarang banyak maskapai low cost , kita bisa halan-halan keliling dunia

    BalasHapus
  13. mbaaaak ajak aku dong kalau ke Singapura :D

    BalasHapus
  14. pernah ke singapura waktu masih lajang, gak sempet plesiran kemana2 karena tugas dari kantor padat merayap ... semoga suatu hari bisa ke singapura lagi sama keluarga

    BalasHapus
  15. Salah satu destinasi yang aku inginkan bareng anak-anak ya ke Singapura. Ternyata ada cara buat berhemat ya

    BalasHapus
  16. Padahal negara itu dekat yaaa, tapi berasa "mihil" .. untung aku baca informasi di sini ^^ thankyouuuu

    BalasHapus

Terima kasih sudah memberikan komentar di blog saya. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menyaring komentar spam ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...