Rabu, 03 Juli 2019

Menikmati Petang di Ocean’s Resto Balikpapan

Sebenarnya ini rencana lama, ingin wisata kuliner di sebuah resto yang cukup terkenal di Balikpapan ; Ocean’s Resto. Tapi selalu saja ada hal yang menundanya. Terlebih saat masih belum pindah ke Balikpapan. Kendala untuk makan-makan di sini makin besar. Dulu, sebelum pindah ke Balikpapan, saya dan suami punya list rencana apa saja yang ingin dilakukan di Balikpapan, rencananya banyak, waktunya singkat. Jadilah Ocean hanya rencana di angan-angan.

Ketika pindah ke Balikpapan, kami pun memasukkan kembali rencana wisata kuliner ke resto di tepi laut itu. Dan beberapa hari yang lalu….

“Bagaimana kalau tanggal 29 aja ke Ocean-nya?” Tanya saya ke suami.

Tanggal 29 Juni adalah hari sabtu, suami libur kerja. 29 Juni juga hari yang tertulis di KTP dan tanda pengenal lainnya sebagai hari kelahiran saya. Di 29 Juni pula saya dipersunting suami.

“Boleh juga,” jawab suami. Maka jadilah menjelang petang di 29 Juni kami beranjak ke Ocean’s Resto.
View Laut dari Ocean's Resto

Ocean’s Resto terletak di Ruko Bandar, berdampingan dengan laut. Untuk masuk Ruko Bandar kita harus masuk portal dulu dan langsung bayar 3000 untuk roda dua. Ada beberapa pilihan restoran yang ada di sana, dan tentu saja kami langsung mengarah ke Ocean’s Resto.

Petang itu, suasana di Ocean’s Resto tidak terlalu ramai. Mungkin karena kami datang di jam nanggung. Sebentar lagi waktu maghrib menjelang. Untuk waktu ini, saya pun memikirkannya dengan seksama. Saya ingin dapat suasana malam, tapi juga ingin melihat mentari kembali ke peraduan. Jadilah, kami datang sekitar 30 menit menjelang maghrib dengan membawa mukena dan bersiap shalat maghrib di sana.

Ada beberapa pilihan tempat untuk makan di Ocean’s Resto itu. Ada meja dan kursi kayu yang tersedia tepat di tepi laut.
meja makan tepat di tepi laut

Ada juga yang agak panjang dan banyak, biasanya untuk rombongan. Ada yang di dalam ruangan dan ada yang di gazebo-gazebo kecil dengan penerangan yang syahdu.

Tadinya, saya sudah berencana mengambil tempat tepat di tepi laut. Enak kan makan malam sambil ditemani suara gemuruh ombak dan sekaligus menikmati pemandangan laut yang menyegarkan apalagi saat sunset. Tapiiii…. Angin bertiup sangat kencang petang itu.

Ombak pun nampak bergulung lumayan besar. Di beberapa sudut restoran Nampak basah akibat tempias dari ombak yang bergulung. Karyawan restoran tidak menyarankan kami duduk di sana, dan tidak memungkinkan juga. Emang mau basah-basahan sambil makan? Wkwkwkwk…. Bisa-bisa ikan bakar jadi sup ikan karena dikuahin air laut, mana asin pulak kan air laut. Hihihi….

Jadilah kemudian kami memilih sebuah gazebo untuk tempat dinner malam itu. Oya, sebelumnya karyawan yang menemani kami bertanya, untuk berapa orang? Ketika saya jawab untuk dua orang dan menunjuk gazebo sebagai tempat yang saya pilih, ia tidak protes dan mempersilakan dengan sopan. Padahal tempat itu untuk lima orang.
Dinner di sini

Hal ini jadi mengingatkan saya pada suatu ketika pernah ingin makan di satu tempat, ketika ingin menuju meja, saya ditanya untuk berapa orang? Saat menyebut dua orang, karyawan tempat makan itu menunjuk tempat untuk dua orang dan memerintah “Di sana duduknya.”, Saya yang sudah ingin duduk di tempat yang dipilih pun urung dan beranjak ke tempat untuk dua orang itu. Di pojokan. Maka, sikap karyawan yang mempersilakan saja saya duduk di tempat untuk lima orang memberikan kesan tersendiri buat saya.

Kesan baik kedua dari karyawan Ocean’s Resto adalah saat buku menu diserahkan dan ia meninggalkan kami. Memberikan ruang buat saya dan suami untuk memilih dan berdiskusi. Hal ini tentu lebih nyaman ketimbang dia tetap berada di sisi saya dan menunggu saya memesan apa.

Di buku menu, seperti tempat dan tagline-nya ; The Fish Connection, resto ini memang banyak menawarkan makanan laut. Ada beberapa seafood yang tidak ada harganya dan ditulis harga tergantung musim. Hal ini bisa saya maklumi kok. Hehehe…

menu ikan kotak

ada menu baby shark du du duk

Setelah berdiskusi saya dan suami akhirnya memesan gurami telur asing, kerapu bakar rica, pare telur, nasi putih, orange juice, dan es campur. Setelah memasan, saatnya ke tepi laut lagi buat foto-foto. Hahaha….
Best View

Untuk menu yang saya pesan tidak perlu waktu lama sudah datang, setelah shalat maghrib semua menu sudah tersaji. Dan inilah yang membuat saya bertambah kesan bagusnya pada restoran ini. Masakan yang disajikan lezat-lezat semuaaaa….. Karena pernah nih saya makan di resto mahal tapi rasanya standar. Krik… krik… krik… Kalau Ocean’s Resto enggak ding. Semuanya terasa lezat dan disajikan alias platting-nya juga kece punya. Satu hal lagi yang saya suka adalah menu ikan yang kami pesan tidak terlalu besar, pas untuk ukuran personal.
Kerapu Bakar Rica

Pare Telur

Gurami Ikan Asin

Sepertinya memang diperhatikan yang mesan untuk berapa orang, jadilah dipilihkan ikan ukuran kecil yang cukup buat satu orang. Hal ini menambah kesan positif saya terhadap restoran ini. Tidak ujug-ujug mengambil kesempatan datang ikan segede gaban misalkan, padahal yang makan cuma berdua. Oh iya, kita juga bisa milih ikannya sendiri, tapi kemarin enggak milih sih… Tapi pas datang, pas deh ukurannya.

Selain itu untuk nasinya juga membuat kesan tersendiri buat saya apalagi suami. Kami memesan dua porsi nasi putih dan nasinya disajikan dalam bakul nasi yang lumayan banyak sih isinya (Tapi habis juga. Hahaha….) Bukan nasi secentong kecil yang cuma disajikan dalam satu piring.

Setelah selesai menyantap makanan, hari sudah gelap. Dan saatnya bayaaaar. Hahaha…. Saya pun menuju kasir dan saat kembali ke meja, ada senyum di wajah saya. Alis suami berkerut, gesture-nya bertanya-tanya kenapa saya senyum-senyum? Hihihi… Karena apa yang saya bayar kurang dari budget yang saya anggarkan. Dan saya sekali lagi puas menikmati petang 29 Juni di Ocean’s Resto itu.
Indah banget. MasyaAllah

“Nanti kita ke sini lagi, InsyaAllah,” bisik suami dan saya mengangguk setuju. Untuk makan malam atau siang dengan view yang bagus, makanan yang lezat, dan pelayanan yang oke punya.