5 Kuliner Lezat Belakang Plaza Kebun Sayur Balikpapan


              Plaza Kebun Sayur terletak di kecamatan Balikpapan Barat. Kalau saya harus memilih salah satu kecamatan di Kota Balikpapan sebagai tujuan untuk berwisata kuliner, maka tak ragu saya akan menjawab Balikpapan Barat. Karena di sana tersimpan beragam kuliner unik dan menarik tapi juga lezat yang sebagian malah menjadi ciri khas kuliner Kota Balikpapan.

              Tidak perlu jauh-jauh, di area belakang Plaza Kebun Sayur saja bisa kita temukan banyak kuliner yang udah bisa mewakili kuliner Balikpapan pada umumnya. Teman-teman bisa parkir di Plaza Kebun Sayur, kemudian jalan kaki saja untuk menjelajahi semua kuliner tersebut karena letaknya yang sangat berdekatan. Berikut ini lima kuliner di belakang Plaza Kebun Sayur yang sangat layak untuk dicoba.

1.      Nam Min

kopi susu nam min
Kopi susu Nam Min Balikpapan


Sebagian teman-teman pasti tahu lah betapa saya ketagihan sama kedai yang satu ini. Apalagi dengan kopi susu-nya. Saya sudah mencoba aneka kopi susu di beragam cafĂ© di Balikpapan, tapi tetap kopi susu Nam Min yang terbaik. Selain kopi susu, di sana juga banyak menjual kuliner enak. Seperti roti-rotian, baik roti yang bisa langsung disantap, seperti favorit saya roti kelapa. Atau pun roti yang kita pesan dulu. Favorit saya roti goreng telur-nya itu. Waaaah… Enak banget deh.

Roti Bakar Telur Nam Min
Roti Bakar Telur

                                                

Di Nam Min kita juga bisa menyantap beberapa kuliner yang ada outletnya di sana. Enak semua juga. Baik itu Mpek-mpek Bunda Aminah atau pun nasi kuning dan lontong sayur saat pagi hari.

2.      Nasi Kuning Tante Lena

Ini adalah nasi kuning terdebes versi saya di Balikpapan Kota. Belum ada yang mengalahkan nasi kuning ini walaupun saya udah coba beberapa rekomendasi nasi kuning lain yang disebut orang enak. Pilihan beras dengan kualitas yang bagus, telur bebek yang sintal, serta bumbu yang dimasak sempurna membuat nasi kuning ini menyuguhkan rasa yang wah.

Memang agak lebih mahal dibanding nasi kuning lain di sekitarnya, tapi setara sih harganya dengan kualitas dan rasa yang ditawarkan.  Contohnya di lain masih memakai telur ayam, sementara di sana memakai telur bebek. Begitu pun dengan ayam yang menggunakan ayam kampung.

Sebagai penyuka telur bebek, saya benar-benar candu sama telur bebek yang ada di Nasi Kuning Tante Lena ini. Telur bebeknya itu sintal karena direbus lama sehingga setiap ke sana, nasi kuning dengan lauk telur adalah pilihan saya.

Letak nasi kuning Tante Lena ini ada di depan Gang Bhakti, di belakang Plaza Kebun Sayur. Buka sekitar setengah tujuh pagi sampai habis. Habisnya sekitar setengah Sembilan biasanya. Harga per bungkus dengan lauk telur 15 ribu rupiah. Lauk lain selain telur seperti ikan, daging, dan ayam 20 ribu rupiah.

 

3.      Pisang Gapit Nenek Bahari

Pisang Gapit Balikpapan
Pisang Gapit
                                                         

Pisang Gapit Nenek Bahari adalah kuliner legendaris yang tak boleh dilewatkan oleh para wisatawan saat ke Balikpapan. Letaknya bukan di belakang sih, tapi di samping Plaza Kebun Sayur. Gapit dalam Bahasa Banjar artinya jepit. Jadi, ini pisang yang dibakar, kemudian dijepit di alat khusus, kemudian dibakar lagi baru deh disiram dengan kuah santan dengan gula merah. Ada juga potongan Nangka di kuahnya.

Rasanya tentu saja enak sekali. Walau bahannya mungkin sama dengan kolak, tapi percayalah pisang gapit menyuguhkan rasa yang berbeda karena ada sensasi dan aroma bakaran dari pisang yang dibakar. Harga per porsi 12 ribu rupiah.

 

4.      Sup Singkong dan Mageli

Pernah mencoba yang namanya Sup Singkong? Seperti sup ayam biasa tapi disuguhkan dengan singkong di dalamnya. Biasanya dipadukan dengan ceker jadi namanya sup singkong ceker. Sebelumnya saya tidak terlalu berminat sama kuliner satu ini. Kemudian, suatu hari suami membawakan sup singkong ini dari kantornya. Eh, kok enak. Suka dong saya.

sup singkong
                                                                        sup singkong

Kemudian saya cerita-cerita kan kalau suka sup singkong. Kak Aisyah Dian kemudian ngasih tahu saya kalau ada sup singkong enak di Gang Socklay. Belakang Plaza Kebun Sayur juga, ada gang itu masuk ke dalam sedikit. Sebelah kiri jalan, ada tuh warung kecil yang menjual sup singkong.

Pas ke sana, ternyata penjual sup singkong itu juga menjual mageli yang menurut saya merupakan mageli paling enak se-Balikpapan Raya. Mageli adalah penganan yang terbuat dari kacang ijo yang ditumbuk kemudian digoreng. Ada pedas-pedasnya juga karena biasanya kita temukan potongan cabe rawit di dalamnya.

mageli
                                                                      Mageli

Mageli ini dulu saya temukan di nasi kuning Tante Lena dan saya baru tahu kalau ternyata pembuatnya di Gang Socklay itu. Yang jual nasi kuning itu. Banyak sekali yang menjual mageli di Balikpapan dan itu yang terlezat menurut saya. Pernah satu kali suami bawa mageli itu ke kantor, temannya udah bilang tidak terlalu doyan mageli, tapi pas nyoba mageli yang dibawa suami langsung bilang kalau mageli itu berbeda dengan mageli yang pernah ia coba. Jadi, kuliner sup singkong dan mageli juga jangan sampai dilewatkan saat ke Balikpapan ya.

 

5.      Nasi Kuning Haruan dan Buras Banjar Kak Sahdi

Di Balikpapan lumayan banyak perantau dari Kalimantan Selatan alias Banjar. Nah, pasti dong buat para urang Banjar kangen sama nasi kuning yang Banjar banget juga buras Banjar alias lapat dengan bumbu kacang. Di belakang Plaza Kebun Sayur ada yang jual. Masih info dari Kak Aisyah Dian, kalau yang jual namanya Kak Sahdi. Hehehe… Info sekitaran Plaza Kebun Sayur ini memang banyak saya terima dari Kak Aisyah Dian karena beliau punya toko di Plaza Kebun Sayur.

Untuk nasi kuning terenak emang nasi kuning Tante Lena, tapi untuk nasi kuning yang membuat saya mengobati kerinduan pada nasi kuning di tanah kelahiran maka nasi kuning Kak Sahdi ini lah pilihannya. Berbeda dengan Tante Lena, bumbu masak habang di Kak Sahdi ini tidak pedas dan ada manis-manisnya karena begitulah bumbu masak habang Banjar. Kalau mau pedas, tambah sambal pedas lagi. Lauk haruannya dimasak dengan sempurna, memang tak seenak lauk haruan di Banjar sih, tapi untuk daerah Balikpapan ini yang paling enak dari beragam nasi kuning haruan yang pernah saya coba di Balikpapan.

Letaknya persis di belakang Plaza Kebun Sayur. Berdekatan dengan nasi kuning Tante Lena. Seberang Mushalla Nurul Iman Plaza Kebun Sayur. Kalau pagi biasanya dua nasi kuning itu yang berjejal dengan pembeli. Harga nasi kuning haruan 15 ribu rupiah.

Buras Banjar Balikpapan
                                                        Buras Banjar dengan saos kacang

Selain nasi kuning juga ada buras atau lapat kalau dibilang di Balikpapan. Berbeda dengan buras-buras di Balikpapan, buras di sini Banjar banar karena memakai bumbu kacang. Seperti sambal sate kalau di Banjar. Rasanya seperti melemparkan kenangan saat masa kecil dulu makan buras atau lapat pada saat bulan Ramadhan. Nasi kuning Kak Sahdi buka di pagi hari sekitar setengah tujuh pagi sampai habis. Harga buras per tangkup 5 ribu rupiah sudah komplit dengan sambal kacangnya.


Itulah lima kuliner enak di belakang atau sekitaran Plaza Kebun Sayur di Balikpapan. Selain itu masih banyak lagi kuliner enak di sekitaran sana, karena itulah Balikpapan Barat selalu menjadi pilihan saya saat mencari kuliner. Apalagi kalau pagi nyari sarapan, wah, motor saya seperti selalu mengarah ke sana karena bisa sekalian ke Pasar Pandan Sari juga untuk belanja sayur mayur.

3 komentar

  1. Thats why aku malas beli-beli kuliner yang jauh-jauh karena sepanjang jalan bunsay penuh kuliner yang biar tiap hari dibeli nggak ngebosenin wkwkwk. Ini belum masuk bakso mini, bakso mriki echo, pangsit jakarta, pempek, tekwan, haur gading, nasi padang, bakwan malang, bubur samarinda, coto makasar hahahaha entah kapan dietnya.

    BalasHapus
  2. Nasi goreng yg di dekat nam min gak masuk ya?

    BalasHapus
  3. Melihatnya membuatku ingin menelan ludah. Tampilannya menggugah selera banget terutama untuk orang yang doyan kuliner semacam aku. Liat makanan dikit udah ngiler. Kebayang lidah udah berselancar kesana kemari menikmati setiap gigitan yang masuk. aduh alamat gagal diet nih, padahal udah niat diet sejak satu jam yang lalu. Eh sepertinya gagal lagi deh, padahal kemaren udah gagal, kemaren lusa juga sih.

    BalasHapus

Terima kasih sudah memberikan komentar di blog saya. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menyaring komentar spam ^_^