Rabu, 08 Desember 2021

Ter-Kulidel (Kuliner Bareng Abdel)

Saya itu penyuka nonton acara review makanan di yutub. Tapi kalau dipikir-pikir tak banyak juga yutuber yang suka ditonton. Diantaranya nih Nex Carlos, walau makin ke sini kaya rada bosan sih sama si Nex. Kalau dulu ya tiap Nex ada video baru langsung nonton. Ini enggak menunggu-nunggu. Bisa kapan-kapan nontonnya.

Selain Nex Carlos suka juga dengan Enjoy Aja dan Street Food Villages. Ini content creator-nya sama deh. Kalau Street Food Villages itu dulu mulai sukanya pas ngekos di Benhil, mau cari kan rekomendasi kuliner di sekitar Benhil. Ketemulah yutub Street Food Villages itu dan keterusan sampai sekarang nontonnya.

Kapan hari itu saya tidak sengaja nonton channel youtube Abdel Achrian. Abdel itu loh yang host-nya Mama Dedeh. Video pertama yang saya tonton itu makan Indomie di warkop. Trus Abdelnya bilang kalau dia suka minta tambahin bawang goreng dan ntar penjualnya kasih sama toplesnya. Kayak merajuk gitu... Nih sekalian toplesnya gitu. entah karena saya penyuka bawang goreng atau gimana, saya jadi nonton video Abdel yang lain. Khusus yang Kulidel atau Kuliner Bareng Abdel dengan slogannya No Debat!

Kulidel, Kuliner bareng Abdel

Menonton video Abdel yang lain bikin saya jadi hafal kebiasaan Abdel. Biasanya food vlogger itu kalau makan di satu tempat suka nyoba lauknya macam-macam. Sampai penuh itu piring dan nasi enggak kelihatan. Tapi Abdel ini beda. Dia kalau di warteg nih yang dia pesan cuma nasi sama sambal trus sayur tahu tapi kuahnya aja. Lauknya telur dadar atau tempe goreng. Ga tertarik dia sama ayam goreng, oseng cumi asin atau pun sayur pare.

Sungguh kebalikan sama food vlogger yang lain. Kebalikan juga sama saya. Saya juga tipikal suka penuuuh piring kalau makan di warteg. Suka tambah ini itu, dari yang harga normal 15 ribu bisa jadi hampir dua kali lipat harganya. Kalau kata mama, ada orang yang sedikit makan lauk, ada yang banyak. Saya termasuk yang banyak.

Saya makan di warung : ikan asin, tumis terong, sayur pare, perkedel kentang

Kalau makan nasi uduk, Abdel itu cuma nasi plus bawang goreng kemudian diguyur sambal. Kemudian ditambah tempe goreng atau bakwan. Aduh berasa hampa aja piring Abdel tapi saya suka nontonnya. Abdel juga berasa nikmat banget makannya.

Abdel itu seperti membuka persepsi lain dari makan enak. Makan enak enggak perlu berlimpah-limpah lauk yang penting lidah kita suka. Sesederhana apapun itu. Enggak usah ngikutin apapun itu. Selera adalah selera.

Abdel juga enggak suka seledrri. Kalau pesan apa-apa enggak pakai seledri. Suami saya juga begitu. Wkwkwk..

Kemudian kalau pesan nasi goreng. Abdel minta nasi goreng kering dengan dua telor. Satu telur di sreng sreng alias dikacau sama nasi. Satu telur buat dadar. Kemudian minta nasgornya kering dan pakai emping. Kalau di warung nasgornya enggak ada emping, dia bisa bawa sendiri.

Ada juga nih bubur palapa, bubur paling enak sedunia fana. Saya sama suami kalau nonton Abdel itu menunggu pas bagian menuang sambal, pasti enggak kira-kira banyaknya. Ada nih sampai sambal di teko gitu numpahinnya, bukan disendok lagi. Kalau makan bakso atau mie ayam, Abdel itu standarnya 4 sendok dulu sambalnya. Kalau kurang baru tambah.

Video YouTube Abdel juga no edit gitu. Jadi misal pesan makanan nunggunya 30 menitan jadi selama nunggu itu ya video terus berputar. Jadi ya kemudian obrolan orang nunggu makanan dengan candaan bapack-bapack. Misal nih nanya ke penjual, udah berapa tahun jualan. Dijawab 9 tahun, kemudian dicelutukin wah lebih lama dari 8 tahun ya. Wkwkwkw... Garing sih tapi ya lucu aja.

Ada nih pas di Bali gitu nunggu makanan lama, jadi mengamati kan saya gesture orang nunggu makanan yang nengok-nengok ke dapur dan berharap makanannya keluar. Persis kayak saya. Atau muter-muter mencari warteg, ujung-ujungnya makan di KFC.

 Tiap lihat yutubnya Abdel ini saya juga ngiler, dia makan bakso pengin bakso, dia makan KFC, pengin KFC, dia makan di warteg juga pengin. Wkwkwk... Bikin ngiler. Padahal review makanannya ya gitu-gitu aja dan enggak gimana-gimana. Malah kadang nih makanannya juga ga di-zoom jadi enggak jelas kelihatan. Tapi ya bisa dibilang sekarang channel youtube Abdel itu jadi favorit saya nonton kuliner makanan.

Abdel juga minta izin dulu kalau mau bikin video. Sama orang lain di tempat makan itu, Abdel juga biasanya permisi dulu dan nanya apa enggak apa-apa kalau orang tersebut masuk di video Abdel. Kalau enggak apa-apa ya lanjut ngevideonya.

Man teman punya food vlogger favorit juga enggak? Buat Ncing Abdel kalau baca ini, ayo dong Kulidel di Balikpapan. Nanti saya tunjukin kuliner enak di Balikpapan atau makan KFC yang view-nya Apartemen Pertamina trus nyoba sambalnya apa berbeda dengan di Jakarta, Bandung atau Makassar.


1 komentar:

  1. Aduh, kuliner tradisional kayak gini yang jadi favorit apalagi perginya bareng keluarga. Mantep pol!

    BalasHapus

Terima kasih sudah memberikan komentar di blog saya. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menyaring komentar spam ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...