Kamis, 24 Maret 2022

Nasi Kuning Cempaka, Nasi Kuning Favorit di Banjarmasin

 

Nasi Kuning Cempaka

Seperti ceritaku tentang menikmati nasi kuning Cempaka di Banjarbaru, kali ini aku berkesempatan untuk menikmati nasi kuning Cempaka di Banjarmasin. Saat mudik kemarin, aku menginap satu malam di Banjarmasin. Sebelum berangkat ke Balikpapan pada sore harinya.

Aku kan tipe perencana banget orangnya, jadilah ketika rencana nginap di Banjarmasin mengemuka, aku langsung menyusun rencana apa saja yang mau kucicipi di Banjarmasin. Nasi kuning Cempaka ada di daftar teratas untuk sarapan pagi. Walaupun aku sempat ngerasa bimbang juga ketika teman-teman menyarankan aku untuk mencicipi nasi kuning di rumah makan Bunda.

Nasi Kuning Cempaka di Jalan S Parman Banjarmasin


Apakah nasi kuning Cempaka atau nasi kuning Bunda?

Akhirnya pilihan jatuh ke nasi kuning Cempaka dengan pertimbangan :

1.      Merupakan nasi kuning favoritku. Rasanya tidak perlu diragukan lagi.

2.      Ketika aku googling nasi kuning Banjarmasin yang keluar nasi kuning Cempaka.

3.   Cukuplah nasi kuning Cempaka yang bikin aku merindu sedemikian rupa. Coba kalau aku ketagihan nasi kuning Bunda, ada dua dong naskun yang kurindukan di Banjarmasin. Sementara kesempatan ke Banjarmasin sedikit. Lagian, naskun Cempaka ada di Banjarbaru tiap hari minggu di lapangan Murjani. Jadi, kalau aku nginap di Banjarbaru masih bisa menikmati. Kalau nasi kuning Bunda? Kan kudu ke Banjarmasin.

4.  Dalam perjalanan, kami sarapan pagi dan iparku mesan nasi putih dengan lauk masak habang. Kata iparku, ini masak habangnya mirip dengan naskun Bunda. Pas kuicip, oh gini ya. Ya udah deh aku putuskan naskun Cempaka saja.

5.      Aku penggemar nasi karau alias nasi pera dan naskun Cempaka memenuhi syarat untuk itu.

Minggu Pagi Mendung tapi Ceria…

Hari minggu saat di Banjarmasin, aku menginap di rumah ipar alias mertua kakakku. Pagi-pagi, mertua kakak sudah heboh nanya aku mau sarapan apa? Padahal shalat subuh pun belum saat itu. Wkwkwk… Iparku bilang aku mau nasi kuning Cempaka. Aku mau dianterin ke pusatnya langsung.

Persimpangan Jalan S Parman - Belitung Banjarmasin

Jadi, nasi kuning Cempaka itu ada pusatnya di Pasar Baru kalau aku cek di google. Yang pernah aku datangin dulu di Jalan S Parman, dekat sekali dengan rumah iparku. Hanya berjarak 1,5 km. Akhirnya aku putuskan ke Jalan S Parman saja dan aku pengin jalan kaki saja. Kan enak ya sembari menikmati suasana pagi di Banjarmasin, jalan kaki kemudian menikmati nasi kuning Cempaka.

Suasana Pagi Minggu di Belitung

Akhirnya aku pun berjalan kaki sendiri. Menyusuri jalanan Belitung kemudian belok kiri ke jalan S Parman. Pas sampai di sana, langsung nanya apa lauk dendeng ada? Ternyata habis. Oh sedih sekali…

Bungkus-bungkus kelezatan

Namun aku tanya lagi, bakalan datang lagi kan? Yang jual pun kemudian menelpon menanyakan apa stok nasi kuning akan datang lagi? Ternyata sudah di jalan dan ada lauk dendeng. Lega deh. Aku juga kemudian dikasih tahu kalau lauk dendeng itu hanya ada di hari minggu dan hanya ada di Banjarmasin. Pantas saja sewaktu aku mau beli di Banjarbaru tidak ada. Dendeng itu ternyata juga merupakan daging menjangan yang didatangkan dari Samarinda. Wah jauh sekali ya.

Tak perlu menunggu lama, datanglah motor yang membawa nasi kuning Cempaka. Banyak sekali yang dibawa. Katanya ada lauk telur, haruan, dendeng, daging, sambal goreng hati, dan ayam.

Aku pun langsung memesan nasi kuning Cempaka dengan lauk dendeng. Juga membungkus untuk orang rumah dengan lauk dendeng, sambal goreng hati, dan telur.

Naskun Cempaka my love

Nasi Kuning Cempaka ini sudah berbungkus dengan bungkus full daun pisang. Aku selalu berpikir, berapa banyak daun pisang dari berapa pohon pisang per hari yang naskun Cempaka butuhkan untuk membungkus semua produknya?

Naskun Cempaka, kelezatan berbungkus daun pisang

Lauk dendeng dimasak agak kering, tapi tidak kering sekali. Ada beberapa ruas kentang yang ditemukan di sana. Dagingnya tidak alot sama sekali dan pas dikunyah dengan nasi kuning. Nasi kuningnya pun karau alias pera, khas nasi dengan beras Banjar. Ada sedikit serundeng dan bawang goreng sebagai pelangkapnya.

Di warungnya juga disediakan kerupuk sebagai peneman menikmati nasi. Ada juga sambal yang pedas dan agak manis. Pas sekali juga ditambahkan ke nasi kuning untuk menambahkan sensasi pedas yang membuat kelezatan nasi kuning menjadi mengkuadrat.

Harga 24 ribu pada bulan Maret 2022

Harga nasi kuning Cempaka sama semua untuk apapun lauknya. 24 ribu rupiah. Porsinya tidak sebanyak dulu, tapi sungguh sangat cukup buat saya. Kenyang sekali. Alhamdulilllah.

Saya pun pulang dengan menenteng tiga bungkus nasi kuning Cempaka untuk orang rumah. Berjalan kaki lagi dengan wajah ceria. Mengucap syukur pada Sang Maha Pencipta untuk rezeki di pagi minggu itu. Semoga di lain kesempatan bisa mencicipi nasi kuning Cempaka lagi.

 

x

2 komentar:

  1. sepertinya enak, pa lagi di bungkus dengan daun pisang menambah daya nikmatnya

    BalasHapus
  2. Hemm menggugah selera apalagi lauknya, jadi lapar pagi-pagi. Sayangnya jauh di Banjarmasin, agak mahal ya kalau nasi kuning tapi memang enak. Jadi pengin buat sendiri, ah waktunya makan sebentar lagi.

    BalasHapus

Terima kasih sudah memberikan komentar di blog saya. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menyaring komentar spam ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...