Kamis, 23 November 2023

Berburu Laptop untuk Pelajar

 

ASUS VivoBook Go 14. Laptop untuk Pelajar



Pernah tidak sudah semangat melakukan sesuatu, tapi ternyata fasilitas yang dipunya ngadat? Kemudian mood langsung anjlok dan bete. Target selesai dalam satu jam, malah molor entah berapa lama. Hal itu tentu saja sangat tidak nyaman apalagi buat pelajar yang membutuhkan laptop untuk pelajar yang bagus dan lancar agar waktunya efektif buat belajar atau pun mengerjakan tugas sekolah.

 

Laptop ngadat itulah yang saya alami beberapa waktu yang lalu. Udah niat suci nih pengin rajin ngeblog biar blog tidak berdebu dan terisi dengan bobot yang lebih berat dari berat badan saya, eh, ternyata laptop yang saya pakai malah lama sekali loading-nya saat dibuka.Bayangkan untuk membuka blog aja perlu waktu setengah jam. Buka buat ngetik perlu waktu lama lagi. Ngetik  satu huruf nunggu beberapa detik buat kebuka. Ya Allah... Sungguh menguji kesabaran. Tak bisa membayangkan jika itu terjadi pada pelajar yang butuh laptop untuk pelajar yang oke.

 

Saya pun ngeluh ke suami dan tipikal suami saya berpikir simpel dia langsung bilang "Beli aja yang baru." Ya Allah Ya Rabbi... Kaya rayanya suamiku (Aamiinkan aja tolooong 😭😭😭).

 

Emang  sih laptop yang saya pakai itu sudah lama. Saya pun sadar diri perlu ganti gadget tak lama lagi. Makanya sejak awal tahun kemarin udah mulai nabung per uang 20 ribuan yang saya dapat. 

 

Eh, selang beberapa hari setelah saya nangis-nangis, ngomel-ngomel karena laptop yang lambat itu, saya kenalan dengan laptop ASUS Go 14 yang merupakan laptop yang cocok untuk pelajar, dan juga sesuai dengan kebutuhan saya buat ngeblog. Apakah ini seperti semesta mendukung buat saya punya laptop baru? Apalagi pas tahu harganya hanya 6 jutaan saja.  Tuhan tolong saya ingin laptop baru. Tepatnya harganya mulai dari Rp. 6.299.000,-

 

Laptop untuk pelajar harga 6 jutaan

Kata orang, tak kenal maka tak sayang. Begitupun masalah laptop. Ada baiknya sebelum membeli, kita menelusuri dulu apa saja yang menjadi spesifikasi dari produk laptop tersebut. Laptop yang membuat saya tertarik dan juga cocok buat menjadi laptop untuk pelajar namanya Vivobook Go 14 (E1404F), laptop yang tipis (thin) dan light entry-level terbaik.

 

-         Tipis dan ringan

Sesuai dengan julukannya kalau laptop Vivobook Go 14 adalah laptop yang thin and light entry-level terbaik maka laptop ini memang tipis dan ringan sehingga memudahkan untuk dibawa ke mana-mana. Ketebalannya hanya 17,9 mm dan bobotnya sekitar 1,3 kg. Dengan dimensi yang seperti ini, sebagai pelajar misalkan jika menggunakan laptop ini, mudah untuk dibawa ke sekolah atau tempat les.

Buat saya yang sering bepergian juga laptop ini menjadi mudah dibawa ke mana-mana. Tinggal masuk tas dan angkut. Tidak memberatkan dan lebih simple karena dimensinya yang ramping dan ringan.

 

VivoBook Go 14

-          Kokoh dan Tangguh

Selain tipis dan ringan, Vivobook Go 14 juga tahan banting. Jadi, kalau kegencet gitu insyaAllah aman karena dia Tangguh dan sudah punya sertifikat uji ketahanan berstandar militer atau Military Grade E1404. Vivobook Go 14 adalah laptop military grade yang paling terjangkau di Indonesia. Vivobook Go 14 (E1404F) telah berhasil melewati sebanyak 26 prosedur pengujian ketat yang mencakup variabel seperti tekanan, temperatur, kelembaban, serta resistensi terhadap benturan. 

 

-         Webcam Shield Fisik

Kalian saat online meeting tim kamera hidup atau mati? Nah, ini akan lebih mudah diatur dengan ASUS VivoBook Go 14 (E1404F) karena laptop ini menyediakan webcam shield fisik supaya tidak ada hacker yang mengintip aktivitas pengguna lewat webcam. Selain itu saat meeting online atau saat belajar online namun tidak ingin mengaktifkan kamera, tinggal geser switch kamera, jadinya aktivitas tidak akan terlihat.

 

-          Fingerprint Sensor

Laptop ini juga dilengkapi dengan fitur fingerprint sensor yang terletak di area touchscreen. Hal ini tentu saja berguna untuk keamanan data dan kemudahan login ke Windows 11. Biasanya fitur ini hanya tersedia pada laptop mid-high. Tapi bisa didapatkan pada Laptop VivoBook Go 14 ini.

 

Laptop Dilengkapi Office Pre-Instaled

-          Dilengkapi Office Pre-Installed

Laptop ASUS hadir dengan dilegkapi dengan Windows 11 Home. Ketika pekerjaan menumpuk, laptop ASUS dengan Windows 11 siap membantu Anda menyelesaikannya. Laptop ASUS dengan Windows 11 yang lebih nyaman di mata, memungkinkan Anda mengekspresikan diri dan cara terbaik Anda. Dan tidak hanya Windows 11 asli, tersedia juga genuine Microsoft Office 2021 untuk menunjang aktivitas kamu sepanjang hari.

 

Dilengkapi Office Pre-Installed

 

Nikmati semua manfaat dengan PC yang lengkap – PC sudah termasuk Office Home & Student 2021. Aplikasi Office versi lengkap (word, Excel dan Power Point) memberikan semua fungsi yang dibutuhkan dan diharapkan oleh penggunanya. Penggunaan aplikasi Office seumur hidup dapat memastikan Anda untuk selalu memiliki akses ke fitur yang Anda kenal dan sukai. Dilengkapi dengan 100% aplikasi Office asli, software juga akan mendapatkan pembaruan keamanan yang rutin untuk melindungi perangkat, program dan data Anda.

 

-          Kemudahan buat pengguna

Ngeblog jadi mudah dengan VivoBook Go 14


Laptop Vivobook Go 14 ini juga didesain dengan desain yang modern. Port yang terdapat pada laptop ini juga sangat lengkap sehingga memudahkan buat penggunanya untuk menghubungkan dengan perangkat lain.. Ada port USB Type-C buat mentransfer daya dengan cepat, ada USB Type-A yang kompetibel dengan aneka perangkat, juga ada HDMI yang bias digunakan untuk presentasi juga hiburan. Serta untuk kebutuhan audio juga terdapat 3.5 mm combo audio jack.

 

bisa dibuka hingga 180°


-         Layar Bisa dibuka 180°

Laptop Asus Vivobook Go 14 (E1404F) layarnya bisa dibuka hingga 180°. Kok bisa? Karena ASUS menggunakan engsel atau hinge dengan kualitas yang lebih baik disbanding engsel yang biasa. Hal ini tentu saja jadinya memudahkan saat berbagi tampilan layar dengan teman. Misal nih untuk pelajar yang sedang kerja kelompok, dengan layer yang bias dibuka hingga 180° ini jadi bias sharing saat melakukan focus group discussion.

 

Cerah sekali layarnya seperti masa depan

-         Layar Full HD

Layarnya juga sudah beresolusi full HD  dan tingkat kecerahan 250 nits sehingga lebih unggul dalam hal ketajaman dan kejernihan gambar dibanding laptop lain di harga yang sama yaitu 6 jutaan yang hanya menawarkan layar dengan resolusi HD. Kalaupun memang full HD, tingkat kecerahannya tidak terlalu tinggi.

Tingkat kecerahan 250 nits yang ditawarkan oleh Vivobook Go 14 ini menjadikan tampilannya jadi lebih nyaman untuk dilihat karena penggunanya akan mendapatkan kualitas visual terbaik dalam segala keadaan. Kita sebagai penggunanya akan mendapatkan tampilan visual yang lebih detail dan imersif. Biar bisa lebih produktif dalam bekerja maupun menikmati hiburan.

 

-         Fitur low-blue light

Ada fitur yang bertujuan untuk meminimalisir radiasi sinar biru, di mana sinar biru itu bias berdampak negatif terhadap mata. Fitur itu bernama low-blue light. Nah, Vivobook Go 14 (E1404F) dilengkapi dengan fitur low-blue light yang telah disertifikasi oleh TÃœV Rheinland.

Selain itu, desain layar laptop Vivobook Go 14 juga dibuat dengan NanoEdge Bezel. Hal ini yang memungkinkan bezel layer tampil sangat tipis. Tak hanya itu, Nano Edge Bezel juga membuat tampilan keseluruhan menjadi lebih modern dan elegan. Fitur-fitur tersebut lah yang membuat para pengguna Vivobook Go 14 akan mendapatkan pengalaman visual yang superior dengan tetap menjaga kesehatan dan kenyamanan pengguna.

 

Keyboard ErgoSense

-          Keyboard ASUS ErgoSense

Pernah tidak merasa lelah saat mengetik? Rasanya ingin berhenti saja padahal pekerjaan / tugas sekolah masih banyak. Nah, laptop untuk pelajar Vivobook Go 14 (E1404F) ini menawarkan kenyamanan ekstra saat kita gunakana karena ada fitur keyboard ASUS ErgoSense. Dengan adanya fitur Kerboard ASUS ErgoSense ini dapat memaksimalkan pengalaman mengetik, mengurangi kelelahan pada jari yang tentu saja dapat meningkatkan produktivitas.

Laptop ini juga punya kelebihan lain dibandingkan laptop lain di kelas yang sama yaitu sudah menyediakan backlit keyboard.

 

-          Hardware Generasi Terbaru

Laptop VivoBook Go 14 (E1404F) ini ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen™ 7000 U-Series terbaru. Di mana prosesor ini menawarkankan kecepatan dan efisiensi energi yang sangat baik. Selain itu juga ada memori LPDDr5 dengan kapasitas hingga 16 GB. Untuk penyimpanan, laptop ini dilengkapi dengan NVMe PCIe SSD dengan kapasitas hingga 512GB. Sehingga  menawarkan kecepatan akses data sangat cepat dibandingkan dengan SSD SATA atau HDD tradisional. Penggunaan NVMe PCIe SSD membuat waktu boot lebih singkat, akses file lebih cepat, dan pengalaman penggunaan yang lebih responsif. 

 

Wah cocok sekali laptop ini buat saya yang kesabarannya setipis tisu kalua sudah menghadapi laptop yang aksesnya lambat dan tidak responsif. Cocok juga buat para pelajar supaya waktunya bisa efektif dan efisien untuk menyongsong masa depan.

 

Tertarik buat ganti laptop? Saya sih sangat tertarik sekali. 

 

Apalagi kombinasi prosesor generasi terbaru, memori berkapasitas tinggi, dan penyimpanan yang cepat menjadikan Vivobook Go 14 (E1404F) tampil sebagai laptop yang mampu memenuhi kebutuhan komputasi modern, sekaligus menawarkan keandalan dan efisiensi.

 

Main Spec.

Vivobook Go 14 (E1404F)

CPU

AMD Ryzen™ 5 7520U Mobile Processor (4-core/8-thread, 4MB cache, up to 4.3 GHz max boost)

AMD Ryzen™ 3 7320U Mobile Processor (4-core/8-thread, 4MB cache, up to 4.1 GHz max boost)

Operating System

Windows 11 Home

Memory

16GB LPDDR5

8GB LPDDR5

Storage

512GB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD

256GB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD

Display

14-inch IPS-Level, FHD (1920 x 1080) 16:9, 60Hz, 250nits, Anti-Glare

Graphics

AMD Radeon™ Graphics

Input/Output

1x USB 2.0 Type-A, 1x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 1x USB 3.2 Gen 1 Type-C, 1x HDMI 1.4, 1x 3.5mm Combo Audio Jack, backlit keyboard

Connectivity

Wi-Fi 6E(802.11ax) (Dual band) 1*1 + Bluetooth® 5.3 Wireless Card

Camera

720p HD camera 

Audio

AI noise-canceling technology, SonicMaster, Built-in speaker, Built-in array microphone

Security

Webcam privacy shield, Fingerprint sensor with Windows Hello support

Battery

42WHrs, 3S1P, 3-cell Li-ion

Dimension 

32.45 x 21.39 x 1.79 ~ 1.79 cm

Weight

1.38Kg

Colors

Green Grey, Cool Silver, Mixed Black

Price

Rp6.299.000 (Ryzen™ 3 / 8GB RAM / 256GB SSD)

Rp6.599.000 (Ryzen™ 3 / 8GB RAM / 512GB SSD)

Rp9.599.000 (Ryzen™ 5 / 16GB RAM / 512GB SSD)

Warranty

2 Tahun Garansi Global termasuk 1 Tahun ASUS Perfect Warranty

 

 

 

 

 

 

 

2 komentar:

  1. Dah cukup kah duit 20annya?😊😊

    BalasHapus
  2. Mengaminkan yang kencang... jadi mau beli yang mana yang OLED atau Vivobook :D

    BalasHapus

Terima kasih sudah memberikan komentar di blog saya. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menyaring komentar spam ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...